Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak) Tutorial Lengkap

Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak) Tutorial Lengkap - Banyak orang yang saat ini telah menyadari betapa pentingnya bahasa Inggris, terlebih pada era ini. Bahasa Inggris juga bisa disebut sebagai bahasa internasional. Mempelajari bahasa Inggris kini menjadi kegiatan wajib buat menambah kemampuan berbahasa asing kita. Terutama buat siswa, mahasiswa, dan pelamar kerja yang akan bersaing pada aspek aspek kompetensi berbahasa. Penguasaan bahasa Inggris sekarang juga sering menjadi syarat utama dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Tips belajar bahasa Inggris bisa kamu gunakan sesuai preferensi yang akan kami berikan pada postingan kali ini. 


Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak) Tutorial Lengkap
Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak) Tutorial Lengkap

Belajar bahasa Inggris secara otodidak akan lebih ringan dan mudah jika kamu sesuaikan dengan gaya dan cara belajar yang kamu sukai. Seperti yang kita ketahui, pelajaran bahasa Inggris pun sudah masuk dalam kurikulum di semua jenjang pendidikan baik itu SD, SMP, maupun SMA. Tak hanya pada level sekolahan, namun dunia kerja pun mau tak mau harus bersaing secara global dan internasional pada saat sekarang ini. Jadi, bisa dikatakan kita harus bisa berbahasa Inggris. Tentunya belajar bahasa Inggris tidak semudah yang terlihat namun juga tidak serumit yang dibayangkan. Tetapi, kini belajar bahasa Inggris pun tidak harus mengikuti les, Anda bisa belajar bahasa Inggris sendiri dirumah. Simak cara cepat belajar bahasa Inggris di bawah ini secara otodidak. 

Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak)

Di internet, banyak sekali pertanyaan seperti: 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas pertanyaan tersebut dengan singkat, padat, dan jelas tentunya. Yuk disimak!

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar

Sebelum mulai belajar bahasa Inggris, sebaiknya kita mulai untuk mempelajari terlebih dahulu kata-kata dasar yang sering banget digunakan dalam percakapan sehari-hari (daily conversation). Seperti 

kata tunjuk seperti aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Setelah itu, Anda bisa mulai masuk belajar tenses seperti simple present tense, pastense dan future tense. Sebenarnya ada banyak sekali tenses dalam bahasa inggris terlebih soal grammar atau structure dari kebahasaan dalam bahasa inggris. 

 

2. Menonton film berbahasa inggris dan mendengarkan lagu bahasa Inggris

Hal menyenangkan lainnya adalah dengan cara menonton film seperti di Netflix atau platform lainnya. Bisa juga dengan menghilangkan subtitle bahasa indonesia dan menggantinya dengna bahas ainggris. Agar kamu bisa dapat mengerti apa yang dibicarakan oleh aktor dan bentuk pada tulisan bahasa inggrisnya seperti apa. Disisi lain, kamu bisa mendengarkan lagu bahasa Inggris. Dengan cara ini kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan dimana pun dan kapanpun. Tinggal download lagu atau buka player music online seperti spotify dan gunakan headset lalu play musik dan baca lirik sepertinya hal yang sangat mengasyikkan.

Dalam tahap ini Anda tidak hanya sekadar mendengarkan lagu maupun menonton film biasa saja, namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes yang tersedia dalam gadget kamu. Tentu dengan fokus pada percakapan di film tanpa melihat terjemahannya akan memudahkan kalian untuk mengerti maksud dan membiasakan percakapan tersebut dalam bahasa inggris. Lakukan cara ini dengan sesering mungkin agar telinga dengan pendengaran (listening) lebih peka dan kamu terbiasa mendengarkan maupun berbicara bahasa Inggris. 

Karena pada dasarnya berbahasa dimulai dari receptive skill dan disampaikan melalui productive skill. Receptive seperti listening berfungsi sebagai menerima input/bahasa dan productive skill seperti speaking adalah untuk mengeluarkan (output) dalam berbahasa tersebut. 


3. Pelajari arti kata (meaning) bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan

Kalian bisa mencatat kata-kata bahasa Inggris yang tidak dimengerti. Karena pasti biasanya hal ini muncul ketika kalian mendengarkan musik, menonton film, dan membaca teks apapun dalam bahasa Inggris.Hal ini merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa inggris agar membantu kalian untuk lebih fasih dalam menghafal kosakata (vocabulary) dalam bahasa inggris.

Setelah dicatat, kemudian kalian perlu untuk mengingat terus menerus apa arti dari kata tersebut. Tetapi yang perlu diingat dalam diri, jangan hanya mengingat saja, melainkan praktekkan seperti menggunakan dalam percakapan padah kehidupan nyata kalian di sehari hari.

 

4. Jadikan kebiasaan dan mulai praktek (Practice)

Practice makes perfect adalah kata bijak yang sangat berguna untuk belajar apapun. Karena tanpa latihan secara mendalam dan rutin, semua hal tersebut akan terasa sia sia. Layaknya pisau yang tidak pernah diasah, tentu akan menjadi tumpul dan merepotkan ketika akan digunakan pada waktu khusus.

Dari semua tiga cara diatas, pakailah sebagai kebiasaan. Lakukan dengan rutin dan terapkan dalam kehidupan sehari hari. Lalu, mulailah sedikit demi sedikit berbicara bahasa Inggris agar lebih terbiasa dalam meningkatkan kemampuan atau skill kalian dengan cepat dan singkat. Kalian bisa mempraktekan dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Jika masih malu, kalian bisa berbicara dengan cermin (mirror) agar lebih fasih dan tidak terlihat canggung.

 

5. Mengikuti kursus online

Di era modern yang penuh dengan digitalisasi seperti ini, banyak hal yang bisa kita dapatkan dari media sosial maupun website online. Salah satunya adalah mengikuti kursus bahasa Inggris secara online. Tidak hanya kursus berbahasa, kamu juga bisa kursus untuk belajar TOEFL dan IELTS yang akan membantu kalian mendapatkan tips dan trik untuk menjawab soal tersebut.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan banyak benefit (keuntungan) seperti biaya yang lebih murah dibandingkan dengan kursus konvensional atau offline secara langsung. Benefit lainnya adalah lebih fleksibel tentang tempat dan waktu untuk belajar. Jadi, kalian gak perlu ribet memikirkan hal hal tersebut. Tentu kalian bisa menjadikan tempat dan waktu kalian sendiri secara rutin.

Disisi lain, berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus online juga akan membantu kalian untukbelajar bagaimana cara untuk mengatur waktu dengan baik (time management).


Nah, itulah tadi Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak) Tutorial Lengkap. Semoga bermanfaat kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan temukan hal atau materi menarik seputar dunia bahasa inggris. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Related Posts