Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris: Penjelasan, Sejarah, dan Contoh soal tentang Jam

Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris: Penjelasan, Sejarah, dan Contoh soal tentang Jam - Kata AM dan PM sering muncul dalam bahasa inggris dan digunakan sebagai acuan untuk waktu internasional. Adapun beberapa negara yang menggunakan waktu itu dalam bahasa Inggris seperti negara Kanada, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (US) memakai waktu untuk menujukkan jam. Sejatinya, kita tak bisa hanya belajar menggunakan bahasanya saja. Namun, kita perlu juga untuk mempelajari budayanya. Salah satu budaya yang perlu kita pelajari ialah format jam yang berbeda dengan di Indonesia. Di benua barat seperti negara Amerika Serikat dan Eropa lainnya, mereka cenderung menggunakan format 12 jam yang disebut dengan format AM-PM. (pasti kalian sering lihat di HP)


Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris: Penjelasan, Sejarah, dan Contoh soal tentang Jam
katabijakbahasainggris.com - perbedaan AM dan PM Bahasa Inggris

Jika biasanya kita biasa menyebut jam sampai angka 24 (24 jam), ini berbeda dengan mereka (orang luar negeri) yang hanya maksimum di angka 12 dan dibedakan dengan tipe AM atau PM. Mungkin di antara kalian masih banyak yang bingung dengan penggunaan format jam yang berbeda ini. Untuk lebih mudahnya, mari kita simak postingan kali ini dan temukan ilmunya ya. Semoga bermanfaat.

Penjelasan Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris

AM artinya Ante Meridiem 

Di bahasa Inggris, AM memiliki arti "before midday" atau sebelum tengah hari. AM dimulai pukul 00.00-11.59 WIB. Namun tak hanya WIB, ini berlaku juga untuk WITA dan WIT.

PM artinya Post Meridiem 

Dalam bahasa Inggris PM mempunyai arti "after mid day" atau setelah setengah hari. PM dimulai pukul 12.00-23.59 WIB. Ini juga berlaku untuk WIB, WIT, dan WITA jadi jangan terpaku dengan WIB saja ya. Perlu diingat! Periode 12 Jam Penanda waktu Indonesia ialah menggunakan format 24 jam sehari. Sedangkan AM - PM membagi sistem tersebut menjadi 2 yakni12 jam saja. 

Periode 12 

Jam pertama ditetapkan sebagai AM mulai tengah malam hingga siang hari. Sedangkan periode PM dipakai sedari siang sampai dengan tengah malam.


Sejarah Singkat AM dan PM Bahasa Inggris

Istilah Kata PM sudah dipakai lebih dahulu sejak dari tahun 1640-an. Sedangkan AM digunakan setelah tahun 1760-an. Dahulu bangsa Mesir membagi hari menjadi 24 jam dengan menggunakan format waktu 12. Pembagian waktu ini adalah berdasar pada rotasi bumi. Itulah sebabnya mengapa bangsa mesir memakai jam matahari untuk mengukur dan menunjukkan waktu. Hal ini berdasarkan garis lintang yang telah diciptakan sejak lebih dari 6.000 tahun yang lalu.

Beberapa negara seperti negara Amerika Serikat, Australia, India, Selandia Baru, dan Filipina menggunakan waktu AM dan PM. Sementara disisi lain, beberapa negara lainnya menggunakan format waktu 24 jam. 

Arti kata M Pada AM dan PM 

ada kata M didalam AM dan PM yang memiliki arti Meridiem. Meridiem berasal dari bahasa latin yaitu meridies. Meridies artinya ialah tengah hari. Namun, kata M kurang dipakai karena mungkin akan membingungkan pembaca dan pendengar. Orang-orang umumnya menulis dan melafalkan kata waktu dengan ucapan seperti 12 p.m atau 12 a.m untuk menunjukan waktu 12 pagi atau siang. 

Penulisan AM dan PM 

Pada umumnya, Ante Meridiem ditulis dengan format: AM, am, a.m., atau bisa juga A.M

Sedangkan Post meridiem ditulis dengan format PM, pm, p.m., atau P.M

Penutur asli bahasa Inggris (Native Speaker) juga sering menggunakan kata noon/midday, untuk menunjukkan waktu jam makan siang (lunch). Disisi lain juga pemakaian kata at night/midnight untuk menunjukkan keterangan jam tengah malam. Dan juga untuk menunjukkan waktu bisa juga memakai kata morning, evening, night, atau kata o’clock.

Contoh penggunaan waktu AM dan PM 

AM digunakan sebelum tengah malam sampai pagi hari 

Contohnya: John waking up at 05.00 am 

Artinya: John bangun pada pukul 5 pagi

PM digunakan setelah siang hari sampai malam 

Contohnya: The bus is arriving at 10 p.m 

Artinya: Bus tiba pada pukul 10 malam

Contoh Pemakaian Half, A Quarter, To, dan Past dalam Waktu 

Dalam bahasa Inggris, kita memiliki istilah past, quarter, dan o'clock. Kata-kata tersebut sering digunakan dalam pengucapan jika kita mau bertanya tentang jam berapa sekarang

Kata 'Past' umumnya akan digunakan untuk menunjukkan menit tersebut telah melewati jamnya. Dalam bahasa Indonesia, menyebut jam sembilan lewat 3 menit (09.03). Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut three past nine.

Contoh pengucapan: 

08.20 : Twenty past eight 

07.25 : Twenty five past seven 

Kata o'clock digunakan untuk menerangkan waktu yang tepat. Umumnya ditambahkan kata sharp atau exactly

Contoh pengucapan: 

06.00: It is 6 o’clock sharp. kata sharp digunakan setelah kata o'clock. 

9.00: It is exactly nine o’clock. Sedangkan exactly sebelum kata jam/o'clock.


Contoh pengucapan waktu dalam kalimat panjang 

“The test will start at 8 o’clock sharp, and you must arrive 10 minutes before the test begins. Understood?” 

Artinya 

tes akan dimulai jam 8 tepat, dan kamu harus datang 10 menit sebelum tes dimulai. Mengerti? 


Ada beberapa istilah dalam bahasa Inggris lainnya seperti: 

A quarter: seperempat atau 15 menit 

Half: menunjukkan setengah atau 30 menit 

To: menuju 


Pemakaian Half 

Half menerangkan waktu pada 30 menit (minutes) atau setengah jam. Sedangkan A Quarter dipakai untuk menunjukkan waktu kurang 15 menit, seperempat jam, dan waktu yang sudah lewat. Kata 'To' digunakan untuk menunjukkan menit ke-31 sampai ke-59. 

Contohnya: 

You're late! It’s twelve past seven already!” 

The movie doesn’t start till half past eight 

She thought the course starts at a quarter to nine. 

09.45: A quarter to ten 

07.30: half past seven 


Keterangan 

Waktu Dalam bahasa Inggris, anda bisa menunjukkan waktu memakai keterangan seperti in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night. 

  • Morning digunakan untuk menjelaskan jam 12 pagi hingga 12 siang (12.00 am – 12.00 pm) 
  • Afternoon digunakan mulai pukul pukul 12 siang hingga matahari terbenam. (12.00 pm – sunset) 
  • Evening menerangkanwaktu dari pukul 5 sore sampai jam 8 malam. (5.00 pm – 8.00 pm) 
  • Night umumnya dipakai untuk menggambarkan waktu dari pukul 8 malam sampai tengah malam (8.00 pm – midnight) 

Contoh: 

08.30: A half past nine 

“The Smith family house got robbed at a quarter past two in the morning,'' said the local police. 


Penggunaan AM dan PM

Berikut ini adalah contoh penggunaan am dan pm. Untuk lebih jelasnya, mari kita gunakan contoh dalam pengaplikasian format waktu 12 jam ini dalam kehidupan sehari hari kita!

Jam 12.00 AM berarti tepat jam 12 malam, atau kalau dalam format 24 jam pukul 24.00.

Jam 01.00 AM menunjukkan jam 1 dini hari atau pukul 01.00

Jam 10.00 AM menunjukkan jam 10 pagi atau pukul 10.00

Jam 11.59 AM menunjukkan jam 11 pagi lewat 59 menit atau pukul 11.59

Jam 12.00 PM menunjukkan jam 12 siang atau pukul 12.00

Jam 01.00 PM menunjukkan jam 1 siang atau pukul 13.00

Jam 02.00 PM menunjukkan jam 2 siang atau pukul 14.00

Jam 09.00 PM menunjukkan jam 9 malam atau pukul 21.00

Jam 11.59 PM menunjukkan jam 11 malam lewat 59 menit atau pukul 23.59


Kesalahan yang Sering Terjadi terkait AM-PM

Kesalahan atau kebingungan akibat format jam 12 jam sering terjadi pada siapapun di sekitar kita dan bisa dikatakan ini adalah kelemahan terbesar dari tipe format waktu ini. Dalam format waktu 24 jam kita menggunakan 00.00 untuk tengah malam sehingga kita bisa dengan jelas membedakan yang mana jam siang dan malam.

Namun, banyak pertanyaan yang sering muncul adalah kapan kita menggunakan am atau pm saat masuk di tengah hari dan tengah malam? Saat jam 12 malam, kita akan menggunakan AM karena sudah dianggap masuk esok hari. Sedangkan saat siang, kita menggunakan kata PM karena dianggap sudah lewat dari tengah hari.

Ada satu cara unik untuk mempermudah penggunaan AM yakni AM diasosiasikan dengan “after midnight” sehingga kamu tak perlu bingung saat masuk waktu tengah malam. Satu kebingungan lainnya lagi yang mungkin sering dialami oleh para travellers adalah penggunaan format 12 jam seperti berikut ini.

"Jika kamu mendapat tiket pesawat dengan tanggal 24 Maret 2021 12.00am, tanggal berapakah kamu harus bersiap-siap?" Jangan bingung ya. Yuk disimak!

Jadi, jika kamu baru berangkat tengah malam di tanggal 24 Maret tentu saja kamu ketinggalan pesawat. Kamu harus sudah berada di bandara dan bersiap-siap sejak 23 Maret malam, karena pesawat akan berangkat tengah malam saat pergantian tanggal 23 Maret ke 24 Maret.


Negara yang Menggunakan Format 12 Jam

Perlu diingat ya! Tidak semua negara selain Indonesia menggunakan format 12 jam. Nyatanya negara yang menggunkaan format ini ada jauh lebih sedikit totalnya dibandingkan dengan negara yang menggunakan format 24 jam. Di mana saja negara yang menggunakan AM-PM? Amerika Serikat, Kanada (kecuali Québec), Australia, Philipines dan New Zealand.

Dengan penjelasan di atas, pastinya kamu sudah tidak bingung dong dengan perbedaan format jam AM-PM yang digunakan oleh beberapa negara lain? Masih banyak materi sederhana yang perlu kamu pelajari agar pengetahuan Bahasa Inggris kamu meningkat dengan baik. 

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini dengan tema jam agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu terkait materi ini!

Contoh soal bahasa inggris tentang jam dan kucinya

Berikut ini adalah contoh soal bahasa inggris terkait materi tentang jam yang akan membantu pemahaman anda terkait dengan AM dan PM serta penjelasan Jam lainnya. Pilihlah jawaban dengan tepat. Kami telah menyediakan jawabannya di bagian bawah.

1. What time … the Movie at Cinema Start?  (6.15), It’s at …

A. Is, a quarter fifteen

B. Is, six past fifteen

C. Was, a quarter fifteen

D. Was, six past fifteen


2. What time … the movie?  (8.30), It’s at …

A. Was dan a half eight

B. Was dan a quarter eight

C. Is dan a half past eight

D. Is dan past eight


3. What time does Renata have dinner? She has dinner at 07.30.

A. A half-past seven

B. A past seven

C. Seven thiryty o’clock

D. A half seven


4. Jam 8 pagi = ….

A. 08.00 p.m.

B. 08.00 a.m.

C. 8 o’clock.

D. 08.00 in the morning.


5. Jam 12 malam = …

A. 12.00 p.m.

B. 12.00 a.m.

C. 12 o’clock.

D. Midnight.


6. Jam 10.16 = … (American style)

A. Ten – sixteen

B. Ten past sixteen

C. Ten to sixteen

D. Sixteen to Ten


7. Jam 05.28 = … (British style)

A. Twenty eight past five

B. Twenty eight to five

C. Five to twenty eight

D. Five past twenty eight 


8. Jam 06.48 = … (British style)

A. Twelve to seven

B. Seven to twelve

C. Forty eight to six

D. Six to forty eight


9. Jam 07.55 = … (British style)

A. Five to seven

B. Five to eight

C. Fifty five to seven

D. Fifty five to eight


10. Jam 11.30 = …. (British style)

A. Thirty past eleven

B. Thirty to twelve

C. A half to twelve

D. A half past eleven

E. Semua jawaban salah


11. Jam 09.15 = …. (British style)

A. Fifteen past nine

B. A quarter past nine


12. Jam 08.30 = … (American style) 

A. Eight – a half

B. Eight – thirty


13. Jam 10.45 = … (British style)

A. Fifteen to eleven

B. A quarter to eleven


14. Jam menunjukkan pukul 08.00 …..

A.  a.m

B.  p.m

C. Day

D. Noon


15. Jam menunjukkan pukul 16.00 …..

A.  a.m

B.  Noon

C. p.m

D. Day


16. Dani : Excuse me, what time is the post office open?

Danu : It … open from 08:00 … to 05:00 ….

A.  was, a.m dan noon

B.  is, a.m dan p.m

C.  is, a.m dan noon

D. was, a.m dan p.m


17. Jam menunjukkan pukul 03.00, jika dibaca menjadi ?

A.  It is a three o’clock

B.  It is three clock

C.  It was a three o’clock

D. There o’clock


18. Jam menunjukkan pukul 10.10, jika dibaca menjadi ?

A.  It is ten past

B.  it is ten past ten o’clock

C.  It was a ten o’clock

D. It is a ten o’clock


19. Jam menunjukkan pukul 5.45, jika dibaca menjadi ?

A.  it is a quarter to five o’clock

B.  it is five past forty-five

C.  It was five half forty five o’clock

D. It is a a quarter five forty five o’clock


20. I went to be … midnight and got up … 07.30 … in the morning.

A.  on, on dan a.m

B.  at, at dan p.m

C.  at, at dan a.m

D. on, at dan morning


21. I just going out to do shopping in the market, I’ll be back … half an hour.

A.  On

B.  In

C.  At

D. Soon


22. Hurry up !, we’ve got to go … six minutes.

A.  On

B.  At

C.  In

D. Soon


23. My headmaster arrives school at seventeen past six. 

A.  07.30

B.  07.00

C.  06.17

D. 17.06


24. They play badminton at fourteen past five.

A.  05.14

B.  05.12

C.  05.00

D. 04.15


25. My brother goes to his office at a quarter past seven. (...)

A.  17.05

B.  15.07

C.  07.00

D. 07.15


Demikian beberapa contoh soal bahasa Inggris tentang jam yang dapat dipelajari di rumah, sangat mudah bukan ?. Selamat mencoba dan semoga berhasil . 

Kunci Jawaban 

A

C

A

B

D

A

A

A

B

D

B

B

B

A

C

B

A

B

A

C

B

C

C

A

D


Nah, itulah tadi Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris: Penjelasan, Sejarah, dan Contoh soal tentang Jam Semoga bermanfaat untuk kita semua. Kami juga telah menyiapkan contoh soal dan penjelasan lengkap terkait AM dan PM dalam bahasa inggris. Kunjungi katabijakbahasainggris.com dan temukan hal menarik seputar bahasa inggris lainnya. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.