Bahasa Inggris Dasar: Istilah Grammar yang Wajib Kamu Tahu

Bahasa Inggris Dasar: Istilah Grammar yang Kamu Perlu Tahu - Dalam bahasa inggris, Kata kerja To Be terdiri dari tiga bentuk yang berbeda – am, is, are – dan sering banget buat bingung karena tidak memiliki padanan/kosakata yang mirip dengan versi bahasa Indonesia. Hal ini akan membuat konsep dalam berbahasa menjadi rumit. Namun, tidak hanya itu saja. Banyak materi bahasa inggris yang berkaitan dengan Grammar yang akan kita coba bahas di postingan kali ini. Setidaknya, setelah membaca postingan kali ini kalian akan sedikit tercerahkan mengenai tata cara dalam mempelajari bahsa inggris secara singkat namun pasti akan berguna untuk kedepannya. Yuk Disimak!

Bahasa Inggris Dasar: Istilah Grammar yang Wajib Kamu Tahu
katabijakbahasainggris.com - istilah grammar yang wajib tahu

Pada saat siswa yang pertama kali ikut kelas bahasa Inggris, pasti sering merasa kewalahan terkait dengan istilah secara “teknis” yang digunakan para guru atau mentor bahasa inggris mereka. Guru mungkin bertanya “Kata sifat mana yang paling menerangkan kata benda ini?” Bisa juga para guru memberi instruksi dengan berkata, “Buat kalimat dengan bentuk dasar setelah kata kerja modal.” 


Bahasa Inggris Dasar: Istilah Grammar yang Wajib Kamu Tahu

Kata Benda? Kata Sifat? Kata kerja dasar? Istilah dalam grammar ini mungkin awalnya merepotkan dan membutuhkan perhatian lebih. Namun sebenarnya, kosakat ini berperan penting dalam meningkatkan keterampilan dalam memproduksi bahasa seperti berbicara dan menulis karena istilah tersebut akan membentuk struktur dalam penggunaan bahasa inggris kalian. Berikut ini ialah petunjuk mengenai istilah grammar yang wajib untuk diingat.


Parts of speech

Bahasa Inggris memiliki 8 bagian di dalam part of speech, setidaknya ada tiga tipe katayang harus diingat yaitu kata benda (Noun), kata sifat (Adjective) dan kata kerja (Verb).

Kata benda (noun) adalah bentuk kata yang menggambarkan benda yang bisa disentuh. Namun ada tipenya yang dibagi menjadi dua yakni contohnya Setiap nama orang, benda, atau objek lainnya merupakan contoh dari kata benda konkrit (Concrete noun), seperti ilmuwan, keponakan, kota, universitas, sayuran, dan jaket. Sedangkan Kata benda abstrak  (abstract noun) adalah ide dan gagasan yang tidak bisa disentuh seperti kebahagiaan, demokrasi, dan kebijaksanaan. 


Kata sifat (adjective) adalah kata yang menerangkan kata benda dan memberikan informasi tambahan tentang orang, tempat, atau benda, seperti berwarna, keras, manis, membingungkan, tenang, merah, lembut, dst. 


Kata kerja (verb) adalah kata yang menyatakan tindakan, menerangkan hal yang kita lakukan termasuk berbicara, berlari, berdiskusi, berolahraga, berkonsentrasi, memahami, dan masih banyak lagi. 


Untuk materi terkait dengan part of speech yang lengkap bisa klik link berikut ini agar kalian bisa lebih memahami bagian dari bahasa inggris tersebut. =>  Penjelasan Lengkap Part of Speech

Nah, kita lanjut ke bagian yang wajib lainnya ya..


Verb forms (Bentuk kata kerja)

Selanjutnya, kita perlu belajar mengenai tipe dari kata kerja. Kata kerja bahasa Inggris dapat menggunakan tiga bentuk dasar: base form (V1), past form (V2), dan past participle (V3). Yuk simak penjelasannya berikut ini!


Base form (Kata kerja bentuk pertama), terkadang disebut kata kerja dasar, infinitif, atau bentuk kata kerja pertama, adalah kata kerja asal, seperti have, do, be, eat, write, drive, dan lain sebagainya. Bentuk asal ini biasanya mengikuti kata “to” dalam kalimat (I want to go home). Kata kerja dasar ini juga akan muncul setelah kata kerja modal (She can be difficult to understand). Biasanya bentuknya adalah dalam bentuk present tense. Untuk jelasnya simak bagian ini => Contoh kalimat present tense


Past form (Kata kerja bentuk kedua) adalah bentuk kata kerja yang digunakan saat menerangkan peristiwa yang telah terjadi di masa lampau (masa lalu). Bentuk lampau dari kata kerja dasar beraturan (regular verbs) umumnya mempunyai akhiran -ed or -d (I watched a movie yesterday). Namun, perlu juga diketahui tentang bentuk lampau dari kata kerja lampau yang tidak beraturan (irregular verbs). Biasanya agak sedikit berbeda (He ate the entire pizza) dimana ate merupakan perubahan dari kata eat (makan). Untuk jelasnya bisa cek kamus yang biasanya ada pada bagian tengah yang berwarna. Singkatnya bisa simak disini => Penjelasan lengkap terkait regular dan irragular verbs


Past participle (Kata kerja bentuk ketiga), atau bentuk kata kerja ketiga, digunakan untuk verb tense (grammar) yang lebih kompleks. Misalnya saja present perfect (I have never been to Bali) dan kalimat pasif (He was taken to the hospital). 


To Be (Kata Penghubung)

Nah bagian terakhir yang wajib di pelajari untuk seorang pemula adalah To be atau kata penghubung.Ada banyak sekali terkat dengan kata to be, namun yang paling wajib adalah memahami tiga to be dalam present. Yaitu – am, is, are – yang seringkali ini membingungkan kita karena tidak memiliki padanan langsung dalam bahasa Indonesia.

Pada dasarnya kata kerja To Be menerangkan “keadaan”. Tentu kata kata ini berguna menerangkan keadaan suatu objek atau orang (misalnya pada kalimat "the box is full" , "I am cute"). Atribut benda atau orang tersebut (misalnya "that is a smartphone", "they are players") dan hal apa yang sedang dilakukan ("we are playing", "she is dancing"). Nah, bisa dilihat dari kalimat tersebut, kita wajib untuk memahami sedikit perbedaan penggunaan to be berdasarkan subjek yang digunakan. Gambaran singkat seperti berikut ini:

  • Am untuk I
  • Is untuk She, he, it, nama orang, benda atau hal lain yang tunggal 
  • Are untuk they, we, You, nama orang, benda atau hal lain yang jamak

Adapun kata kerja to be yang diikuti oleh kata sifat atau adjective (I am cool), kata benda (he is a player) atau kata kerja berakhiran -ing (they are dancing). Namun, perlu diingat! jangan pernah menggabungkan kata kerja To Be dengan kata kerja dasar lain seperti (I am read / We are study). Ini merupakan contoh yang kurang tepat ya.


Nah, itu tadi istilah dalam grammar ketika pemula akan belajar bahasa inggris. Semoga bermnafaat untuk kalian semua. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan temukan semua hal menarik seputar dunia bahasa inggris. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Related Posts