Contoh Dialog Bahasa Inggris dengan Tema: Names of Stationery

Contoh Dialog Bahasa Inggris dengan Menyebutkan Names of Stationery - Peralatan tulis menulis menjadi barang-barang yang harus dibawa saat kita pergi ke sekolah yang tentunya akan dipakai saat belajar apapun. Di dalam Bahasa Inggris (English), alat tulis dinamakan stationery. Alat tulis apa saja yang kalian miliki dan biasa digunakan pada saat belajar baik belajar dari rumah maupun belajar di sekolah?. Apa perbedaan antara Stationary dan Stationery?Hmm Kita bahas sedikit, Stationary adalah kata sifat yang dideskripsikan untuk menggunakan orang, objek atau situasi yang tidak bergerak atau berubah. Sedangkan stationery adalah kata benda yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan barang-barang kantor seperti amplop, kertas dan kartu. 


Contoh Dialog Bahasa Inggris dengan Tema: Names of Stationery
katabijakbahasainggris.com - Contoh dialog bahasa inggris



Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk mengenal nama-nama alat tulis atau stationery tersebut tapi dalam Bahasa Inggris ya. Lalu, kami juga telah menyiapkan dua contoh dialog yang tentunya berhubungan dengan stationary dan menyebutkan nama alat tulis tersebut. Temanya adalah names of stationery menggunakan Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.


Contoh Dialog Bahasa Inggris dengan Tema: Names of Stationery

Sebelum kita buat kalimat dan dialog atau percakapan, alangkah baiknya jika kita memahami apa saja vocabulary (kosakata) yang akan digunakan. Dengan begitu, kita akan mengerti apa yang akan kita buat (tulis) sehingga menjadi sebuah cerita yang bermakna seperti pada umumnya. Nah, karena kita akan bahas tentang Names of stationary, maka kita akan membahas kosakata tersebut terlebih dulu ya. Yuk disimak!

1. Names of Stationery

- Pen: Pulpen

- Pencil: Pensil

- Book: Buku

- Ruler: Penggaris

- Eraser: Penghapus

- Sharpener: Rautan

- Pencil case: Kotak pensil

- Highlighter: Penandawarna

- Marker: Spidol

- Colored pencil: Pensil Warna

- Crayon: Krayon

- Watercolor: Cat air

- Drawing book: Buku gambar


Nah, kurang lebih seperti itu kosakata yang rutin dan sering banget keluar untuk belajar buat pemula. Namun, dirasa cukup untuk membuat kalimat/dialog percakapan terkait daily conversation dalam bahasa inggris. Sekarang waktunya contoh kalimat dan percakapan bahasa inggris tentang stationery ya. Yuk disimak!


2. Contoh Dialog singkat dengan menyebutkan Names of Stationery

A. Contoh Dialog Pendek bahasa inggris tentang Stationery

Rian: Dad, I think i need to buy some stationaries.

Dad: What do you want to buy, Rian?

Rian: I need new pen, colored pencil, pencil, and new drawing book.

Dad: Did you have drawing a assignment?

Rian: Yes, Dad. The assignment needs to be collected this Friday.

Dad: Okay, then. We can go to the store tomorrow after school.

Rian: Thank you so much, Dad.


Arti dalam bahasa Indonesia

Rian: Pah, sepertinya aku butuh beberapa alat tulis baru.

Papa: Apa saja yang mau kamu beli, Rian?

Rian: Aku butuh pulpen, pensil warna, pensil, dan buku gambar baru.

Papa: Apakah kamu ada tugas menggambar?

Rian: Iya, pah. Tugasnya harus dikumpulkan hari Jumat.

Papa: Baiklah. Kalau begitu kita akan ke toko besok setelah kamu pulang sekolah.

Rian: Terima kasih banyak, pah.


B. Contoh Dialog Singkat about stationary

Shelly: Miya, may I borrow your eraser?

Miya: Of course, Shelly. The eraser is in my pencil case.

Shelly: Okay, Miya. I'll turn it back when I'm done using it. Thank you, Miya.

Miya: Okay, Shelly. You're welcome.


Arti dalam bahasa indonesia

Shelly: Miya, bolehkah aku meminjam penghapusmu?

Miya: Tentu saja, Shelly. Penghapusnya ada di tempat pensilku.

Shelly: Oke, Miya. Aku pinjam dulu, ya. Nanti akan kukembalikan kalau sudah selesai. Terima kasih, Miya.

Miya: Oke, Sinta. Sama-sama.


Sekarang kita sudah tahu contoh percakapan terkait tema tersebut. Nah, sekarang waktunya untuk membuat percakapan sehari hari (daily conversation) versi kalian sendiri ya. Kalau bingung, kami telah menyediakan beberapa tips membuat dialog bahasa inggris singkat untuk kalian. Simak lagi ya!


3. Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris Sehari-Hari (Daily Conversation)

Untuk membuat contoh dialog bahasa inggris yang bagus, ada beberapa tahapan yang harus kalian buat terlebih dahulu:


1. Mencari Ide Pokok (Find Main Ideas)

Cari terlebih dahulu topik percakapan (conversation) yang ingin Anda buat. Pertama pilih latar (lokasi) apakah tentang keseharian sepertidirumah, disekolah, tempat kerja yang tentunya berhubungan dengan aktivitas yang akan kalian sampaikan dalam dialog. Lalu, cari ide pokok atau biar mudahnya (Mau ngomong apa sih) yang akan di tuangkan didalam Percakapan itu. Dialog tersebut baiknya yang sering kalian lakukan supaya kalian makin terbiasa dengan bahasa Inggris tentunya.


2. Tulis Percakapan (Write down Conversation)

Next, Tulis percakapan yang main idea nya sudah kalian buat tadi. Apakah dialog hanya untuk dua orang atau lebih. Namun untuk pemula, sebaiknya buat dialog untuk dua orang. Tulis nama dan juga hal apa yang dibicarakan sebaiknya dalam bahasa Indonesia terlebih dulu agar lebih terarah.


3. Ubah ke bahasa Inggris (Translating into English)

Lalu pada tahap ini saatnya kalian siapkan kamus. Karena kita kan mengubah bahasanya ke English. Bisa gunakan buku kamus atau juga kamus online. Mulai dengan terjemahkan setiap kata yang tidak Anda pahami, dan tulis terjemahannya kata per kata. Tentu saja ini memiliki maksud untuk menambah kosakata (vocabulary) anda lebih banyak. Dengan begitu, dikemudian hari jika kalian lupa, tingal membuka catatan dan pasti akan lebih hafal kosakata baru dengan cara menulisnya kembali.


4. Sesuaikan secara Kebahasaan (Tenses/Grammar) 

Pada tahap terakhir, pilih jenis tenses mana yang akan digunakan. Tenses pada Dialog tersebut bisa dilihat dari jenis waktu yang dgunakan pada isi percakapan. Lalu carilah rumus tenses/grammar yang digunakan untuk jenis waktu yang ada pada isi percakapan tersebut. Anda juga bisa mentranslate ulang dalam bentuk kalimat sesuai tenses agar hasilnya lebih maksimal.


Nah itulah tadi contoh dialog singkat bahasa inggris dengan menyebutkan names of Stationary. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Kami juga telah memberikan sedikit tips singkat membuat percakapan bahasa inggris singkat untuk kalian. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan temukan semua hal menarik seputar dunia bahasa inggris. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.