Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris

Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris - Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menyalurkan isi fikiran kita. Menurut beberapa pengalaman, menulis bisa banyak sekali menjadikan kita orang yang lebih baik karena menyalurkan apa yang telah kita pelajari secara mendalam. Kita bisa menulis surat pribadi seperti surat untuk teman, menulis surat untuk sahabat, menulis surat untuk kerabat dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris
Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris

Disisi lain, tentu akan sangat merepotkan ketika kita harus bisa menulis di dalam bahasa inggris. Nah, kalau tulisan yang bersifat membangun tentu perlu belajar lebih dalam bahasa inggrisnya ya. Tapi, kalau urusan surat dan email didalam bahasa inggris, mungkin kalian tinggal contoh atau dapatkan referensi dari tulisan ini. 


Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini kami telah menyediakan cara mudah menulis surat bahasa inggris dan juga email bahasa inggris secara formal dan imformal. Nah, kami menyampaikan isi tulisan yang seharusnya ada dalam surat tersebut.

Awali surat Anda dengan menggunakan kata Dear. Lalau dilanjutkan dengan menuliskan nama orang yang mau kalian kirimi suratnya. Misalnya seperti:

  • Dear Dimas,
  • Dear Sherly,
  • Dear Anjani,


Lalu, kalian bisa menambahkan awalan kalimat atau kalimat pembuka sebuah surat yang non formal atau informal ya. Seperti berikut ini: 

  • Thanks for your … letter/postcard/present/invitation - (Terimakasih untuk surat/kartu pos/hadiah/undangan)
  • Sorry it’s taken me so long to write. - (Maaf saya butuh waktu lama untuk menulis.)
  • I hope you’re well. - (Saya harap kamu baik baik saja)
  • Good to see you again last week. - (Senang melihat kamu lagi minggu lalu)
  • Look forward to seeing you soon! - (Berharap untuk segera melihat kamu!)

Selanjutnya, kalian bisa menuliskan isi surat kalian. Mungkin kalian bisa menanyakan akabar atau bahkan mau memberikan informasi dan rencana kalian di masa mendatang. Intinya rencana atau planning atau bahkan berita mau menikah atau tunanangan. Nah, ini bisa kalian sampaikan kepada teman, kerabat atau bahkan sahabat kalian.

Di bagian akhir surat, kalian bisa memberikan penutup seperti berikut ini: 

Best wishes,

Kind regards,

Jika kamu mau nulis surat buat anggota keluarga kalian seperti partner, sahabat, kalian bisa  menggunakan kata berikut ini:

Love,

Dan jangan lupa dikasih nama kalian ya.


Menulis Formal Letter Bahasa Inggris (Surat Resmi)

Jika kalian tahu nama orang yang mau kalian surati, awalilah surat resmi kalian dengan menggunakan kata berikut ini:

Dear Mr (untuk seorang laki-laki)

Dear Mrs (untuk seorang perempuan sudah menikah)

Dear Miss (untuk seorang perempuan belum menikah)

Dear Ms (untuk perempuan belum tahu status pernikahannya)


Kata kata diatas bermaka seperti Yth/Yang terhormat ya. Lalu bisa dikuti dengan nama panggilannya. Misalnya seperti:

Dear Mr. Henry Ford,

Dear Mrs. Najwa Shihab,

Dear Miss Claudia,

Dear Ms. Sherly Diva,


Jika Kamu tidak mengetahui nama orang yang mau disurati, gunakanlah kata kata berikut ini:

Dear Sir,

Dear Madam,

Dear Sir or Madam,


Dan berikut ini contoh kalimat yang mungkin bisa kalian katakan di dalam surat resmi dalam bahasa inggris beserta artinya:

I am writing in reply to your letter of 20 February regarding your outstanding invoice. - (Saya menulis sebagai balasan atas surat Anda tertanggal 20 february tentang faktur terutang Anda.)

Further to our conversation, I’m pleased to confirm our appointment for 07.00 a.m on Tuesday, 17 March. - (Selanjutnya untuk percakapan kami, saya senang untuk mengkonfirmasi janji kami untuk 07.00 pada hari Selasa, 17 Maret.)

I would be grateful if you could attend to this matter as soon as possible. - (Saya akan berterima kasih jika Anda dapat menangani masalah ini sesegera mungkin.)

If you would like any further information, please don’t hesitate to contact me. - (Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi saya.)


Jika Kalian mengharapkan balasan dari surat Anda, Anda dapat menambahkan penggunaan kalimat ini di akhir surat Anda.

I look forward to hearing from you. - (Saya berharap mendengar kabar dari kamu.)

Jika Kalian menulis sebuah surat untuk Dear Mr, Dear Mrs, Miss, or Ms, gunakanlah kalimat berikut ini untuk mengakhiri tulisan surat resmi Anda.

Yours sincerely, - (Dengan hormat,)

Atau, Jika kalian mengirimkan surat untuk Dear Sir, Dear Madam, or Dear Sir or Madam, kalian bisa menggunakan kalimat berikut ini di akhir surat resmi Anda:

Yours faithfully, - (Salam sejahtera,)

Dan yang terakhir, berikan nama lengkap dan tanda tangan kalian setelahnya.


TIPS Menulis Email dalam Bahasa Inggris 

Dalam tulisan email baik itu bisnis atau yang lainnya, umumnya menggunakan penulisan yang lebih informal. Nah, kalian bisa menuliskan/mengisi subjek pada email ya. Dan biasanya di ringkas dengan beberapa kata saja. 

Aturan menulis email bisnis juga sangat bervariasi. Meskipun cukup umum untuk menggunakan nama awal penerima untuk email pribadi atau email bisnis itu sendiri. Hal ini tidak perlu menggunakan kata DEAR. Meskipun beberapa orang lebih sering menggunakannya.

Umumnya, isi dari email haruslah singkat, padat dan jelas ya (to the point). Jika kaliam mau memberi lampiran, pastikanlah kalian menyebutkannya dalam kolom teks di email. Maksudnya agar mengeri apa gambaran isi dari lampiran tersebut.

Dan yang terakhir untuk menutup email bisnis, kata yang digunakan seperti berikut:

Regards, - (Salam)
Kind regards, - (Salam Hormat)
Best regards, - (Salam Hormat)
With kind regards, - (Dengan hormat)

Pada email bisnis, di bagian akhirnya kalian juga harus menyertakan nama lengkap, organisasi, dan juga rincian kontak.


Demikian Cara Mudah Menulis Surat dan Email dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda dalam belajar bahasa Inggris. Terimakasih telah mengunjungi katabijakabahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.