Penggunaan Subjunctive Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Penggunaan Subjunctive Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya - Verb moods dibagi menjadi tiga tipe. Dimulai dari imperative, indicative, dan juga subjunctive. Nah, kali ini kita bahas tentang subjunctive ya. Jika kalian kenal grammar dengan baik dan benar, pasti materi / pelajaran kali ini tidak bisa kalian lewatkan begitu saja.

Penggunaan Subjunctive Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya
Penggunaan Subjunctive Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya


Apa itu subjunctive dalam bahasa inggris? Subjunctive lebih dikenal dan familiar sebagai kata pengandaian. Jadi, buat kalian yang mau berandai andai pakai bahasa inggris, yuk disimak materi kali ini. Semoga bermanfaat.


Penggunaan Subjunctive Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

Pengertian Subjunctive

Berdasarkan kamus Oxford, Subjunctive means the form (or mood) of a verb that expresses wishes, possibility, or uncertainty; a verb in this form. Maknanya adalah bentuk (atau suasana hati) dari kata kerja yang mengungkapkan keinginan, kemungkinan, atau ketidakpastian; kata kerja dalam bentuk ini. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa subjunctive merupakan kalimat pengandaian yang biasanya penggunaanya berhubungan langsung dengan orang yang kedua atau ketiga. Kalimat subjunctive berfungsi untuk menyatakan isi hati dan suasana subjek yang berada di dalamnya.

Berdasarkan fungsinya, subjunctive ini mempunyai beberapa kegunaan. Yakni untuk mengekspresikan kepentingan, kebutuhan, dan menyatakan bahwa bentuk berbeda dari pengandaian.

Adapaun kata yang biasa digunakan dalam kalimat subjunctive adalah seperti kata ‘wish, as if/as though, if only, dan would rather. Nah, kata kata itu bisa berfungsi sesuai dengan kronologis waktu kejadian. Biar enak sih berdasarkan tenses ya, yuk langsung kita belajar secara lebih detil tentang pembagiannya.


Penjelasan Subjunctive Wish

Subjunctive ‘wish’ dipakai di kalimat yang menunjukkan perasaan keinginan. Pada jenis ini, sebuah pengandaian bisa berada pada konteks sudah atau juga belum terjadi. Oleh sebab itu, dibuatlah rumus tenses untuk tiap pengandaian, seperti bentuk past tense, present tense, dan yang terakhir future tense. Berikut ini merupakan rumus singkatnya nih!


1. Subjunctive ‘Wish’ Past Tenses

Rumusnya: S + Wish + S + had + Verb 3

Contoh Kalimat: He wish he had slept at home yesterday.


2. Subjunctive ‘Wish’ Present tenses

Rumusnya: S + Wish + S2 + Verb 2

Contoh Kalimat: They wish you made me some delicious cakes.


3. Subjunctive ‘Wish’ Future Tense

Rumusnya: S + Wish + S2 + Could/Would + Verb

Contoh Kalimat: I wish she should talk to me about the accident last night.


Penjelasan Subjunctive As If

Secara umum, ‘as if’ bermakna ‘seolah-olah’. Subjunctive ini sering banget dipakai untuk menyatakan bentuk lampau atau past subjunctive. Hal ini dikarenakan kejadian yang dijelaskan oleh subjunctive ‘as if’ merupakan kejadian yang telah terjadi atau sudah terlewat. Namun, subjunctive ‘as if’ juga kadang kala dipakai dalam present tense. Berikut ini rumus dan Contoh kalimatnya:

1. Subjunctive ‘As If’ Bentuk Past Tenses

Rumusnya: S + Verb 2 + as if + S + Had + Verb 3

Contoh Kalimat: Deni cried as if he had met a grim reaper.


2. Subjunctive ‘As If’ Bentuk Present tenses

Rumusnya: S +  Verb 1 + as if + S + Verb2 / Were

Contoh Kalimat: Sherly wait as if she met a Exo korean member.


Penjelasan Subjunctive Would Rather

Penggunan Subjunctive ‘would rather’ umumnya dipakai pada saat seseorang menginginkan orang lain untuk melakukan suatu hal. Mirip dengan ‘as if’, subjunctive yang ini juga hanya digunakan dalam kalimat atau tenses past dan present.  Berikut ini contoh kalimat dan rumus subjunctivenya:

1. Subjunctive ‘Would Rather’ Past Tenses

Rumusnya: S + would rather + S + Had + Verb 3

Contoh Kalimat: I would rather she had remembered the happy moment.  


2. Subjunctive ‘Would Rather’ Present tenses

Rumusnya: S +  would rather + S + Verb

Contoh Kalimat: Chintya would rather he didn’t found his ex.


Penjelasan Singkat Subjunctive If Only

If only dalam sebuah kalimat subjunctive bermakna ‘seandainya’. Subjunctive ‘if only’ dalam bentuk past tense menerangkan bahwa sesuatu tidak terjadi pada waktu itu. Subjunctive ini umumnya berada dalam konteks past tense dan juga present tense.

1. Subjunctive ‘If Only’ Bentuk Past Tenses

Rumus: If only + S + had + Verb 3

Contoh Kalimat: If only We hadn’t written yesterday. 


2. Subjunctive ‘If Only’ Bentuk Present tenses

Rumus: If only + S + Verb 2

Contoh Kalimat:  If only Jimmy knew how much I missed him.


Nah itulah dia Penjelasan singkat dan juga pengertian lengkap tentang subjunctive beserta jenis dan contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat untuk kita yang sedang belajar, terimakasih telah mengunjungi situs katabijakbahasainggris.com

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.