Contoh News Item dalam Bahasa Inggris dan Generic Structure

Contoh News Item dalam Bahasa Inggris dan Generic Structure - Apa itu news item text? Nah, setiap dari kalian pasti mencari tahu apasih text ini. News item text mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca mengenai sebuah peristiwa. Adapun struktur yang dimiliki news item itu ada 3 yaitu newsworthy event, background event, dan sources. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan lengkap news item berikut ini!

Contoh News Item dalam Bahasa Inggris dan Generic Structure
Contoh News Item dalam Bahasa Inggris dan Generic Structure


Generic Structure of News Item Text

Newsworthy event

Newsworthy event berfungsi untuk menerangkan peristiwa yang terjadi dan biasanya bagian ini berbentuk seperti ringkasan (summary).

Background event

Part ini menceritakan tentang bagaimana latar belakang peristiwa itu terjadi. Biasa juga disebut dengan nama elaboration. Elaboration sendiri juga bisa berupa penyebab-penyebab dari main events. Di sinilah penjelasan mengenai main events dibahasa termasuk waktu, pelaku, kejadiannya, dll.

Source

Source atau sumber informasi yang biasanya berisi tentang pendapat dari para ahli ataupun saksi mata.

Ciri-ciri teks news item adalah sebagai berikut ini:

  1. Bahasa yang digunakan singkat namun padat berfokus kepada suatu kejadian; 
  2. Informasi tertuang di dalam judul; dan 
  3. Umumnya menggunakan action verb yaitu kata kerja yang bermakna aktivitas.


News Item Bahasa Inggris Singkat tentang sekolah dan Artinya

Pandemic of COVID-19 gives bad effect and also bad news for students in every private schools. Currently, almost all of students in private schools face difficulties in studying.

The pandemic also has made parents lose their jobs and difficult to get more income. That is why parents have struggled to pay student’s tuition even during the online teaching and learning.

Terjemahan dalam bahasa indonesia:

Pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk dan juga kabar duka bagi siswa di setiap sekolah swasta. Saat ini hampir semua siswa di sekolah swasta mengalami kesulitan dalam belajar.

Pandemi juga membuat orang tua kehilangan pekerjaan dan sulit mendapatkan penghasilan tambahan. Itu sebabnya orang tua berjuang untuk membayar uang sekolah siswa bahkan selama belajar mengajar online.


News Item Bahasa Inggris tentang Olahraga Singkat

Jurgen Klopp said that he does not really want to make a revenge on Real Madrid Football Team. As we know the history in 2018 Champions League final, Liverpool Team journey was stopped by Real Madrid .

One of the most important reasons was the injury received by Mohamed Salah. It was caused by player named Sergio Ramos. At that time, Jurgen Klopp was very angry due to the action, yet he does not have any concern making the revenge.

Artinya dalam Bahasa Indonesia:

Jurgen Klopp mengatakan bahwa dia tidak benar-benar ingin membalas dendam kepada Tim Sepak Bola Real Madrid. Seperti yang kita ketahui sejarah di final Liga Champions 2018, perjalanan Tim Liverpool dihentikan oleh Real Madrid.

Salah satu alasan terpenting adalah cedera yang dialami Mohamed Salah. Hal itu disebabkan oleh pemain bernama Sergio Ramos. Saat itu, Jurgen Klopp sangat marah dengan aksinya tersebut, namun dia tidak memiliki kekhawatiran untuk membalas dendam. 


Contoh News Item dalam Bahasa Inggris dan Generic Structure - Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang News Item Bahasa Inggris dan contohnya singkat. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi katabijakbahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Related Posts