Narrative Text Bahasa Inggris Legenda Sangkuriang dan Artinya

Narrative Text Bahasa Inggris tentang Sangkuriang dan Artinya - Sangkuriang adalah salah satu contoh jenis cerita petualangan yang berasal dari daerah Provinsi Bandung. Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi adalah cerita rakyat dari Bandung mengenai asal-usul Gunung Tangkuban Parahu. 

Narrative Text Bahasa Inggris Legenda Sangkuriang dan Artinya
Narrative Text Bahasa Inggris Legenda Sangkuriang dan Artinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang legenda sangkuriang dan dayang sumbi ibunya dalam bahasa inggris dan juga artinya. Karena cerita ini bersifat fiksi dan juga legend, maka teks berikut ini termasuk ke dalam teks naratif. Biasanya teks naratif juga digunakan dalam storytelling bahasa inggris. Semoga bermanfaat.


Narrative Text Bahasa Inggris Legenda Sangkuriang dan Artinya

Sangkuriang: The Legend of Tangkuban Perahu


Once upon a time, there lived happy family in the nice palace called Priangan Land. They were amazing family although the father was a black dog named ”Tumang”. A mother named Dayang Sumbi and their son was called Sangkuriang. One day, Dayang Sumbi asked Sangkuriang to hunt a deer at the deep forest. Then, he went to the dark jungle but the fortune was not at him. He did not get a deer. He felt so sad and bored so he decided to kill Tumang. At this time, Sangkuriang did not know that Tumang is his Father.

At home, Sangkuriang gave Tumang’s liver to his mother. But, he told that it was a deer’s liver. Then, Dayang Sumbing did not believe about what he told to her. Moreover, she did not see Tumang at home after Sangkuriang at home. Finally, Sangkuriang told that he killed Tumang. She was so angry so asked him to go out. She also told Sangkuriang the truth that Tumang is his Father. 

After some years, Sangkuriang became a handsome teen. He liked travelling to many beautiful places and finally he met a beautiful and smart woman in a small village. He felt in love with her. They loved each other and talked about their wedding plan. Unfortunately, Dayang Sumbi was shocked after looking at his wound on his head. She was really sure that he was her son, Sangkuriang.

She tried to make him not to get marry her. She gave a wish that Sangkuriang could make it happened. She asked him to make a huge ship and large lake only for a night. Sangkuriang was not afraid of that quest. He tried as fast and strong as he could. 

At the almost done of his work, Dayang Sumbi woke up the chicken to crow. Sangkuriang was so very angry, then he kicked the ship onto the lake, then it became tobe a mount. Now this mountain is called as Tangkuban perahu mount.


Artinya dalam Bahasa Indonesia:


Sangkuriang: Legenda Tangkuban Perahu


Dahulu kala, hiduplah keluarga bahagia di istana indah yang disebut Tanah Priangan. Mereka adalah keluarga yang luar biasa meskipun ayahnya adalah seekor anjing hitam bernama "Tumang". Seorang ibu bernama Dayang Sumbi dan anaknya bernama Sangkuriang. Suatu hari, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk berburu rusa di hutan lebat. Kemudian, dia pergi ke hutan yang gelap tetapi keberuntungan tidak ada padanya. Dia tidak mendapatkan rusa. Dia merasa sangat sedih dan bosan sehingga dia memutuskan untuk membunuh Tumang. Saat ini, Sangkuriang tidak mengetahui bahwa Tumang adalah Ayahnya.

Di rumah, Sangkuriang memberikan hati Tumang kepada ibunya. Tapi, dia mengatakan bahwa itu adalah hati rusa. Kemudian, Dayang Sumbing tidak percaya dengan apa yang dia katakan padanya. Apalagi dia tidak melihat Tumang di rumah setelah Sangkuriang di rumah. Akhirnya Sangkuriang menceritakan bahwa dialah yang membunuh Tumang. Dia sangat marah sehingga memintanya untuk pergi keluar. Dia juga memberi tahu Sangkuriang kebenaran bahwa Tumang adalah Ayahnya.

Setelah beberapa tahun, Sangkuriang menjadi remaja yang tampan. Dia suka bepergian ke banyak tempat yang indah dan akhirnya dia bertemu dengan seorang wanita cantik dan pintar di sebuah desa kecil. Dia merasa jatuh cinta padanya. Mereka saling mencintai dan membicarakan rencana pernikahan mereka. Sayangnya, Dayang Sumbi terkejut setelah melihat luka di kepalanya. Dia sangat yakin bahwa dia adalah putranya, Sangkuriang.

Dia mencoba membuatnya tidak menikahinya. Dia memberi harapan agar Sangkuriang bisa mewujudkannya. Dia memintanya untuk membuat kapal besar dan danau besar hanya untuk satu malam. Sangkuriang tidak takut dengan pencarian itu. Dia mencoba secepat dan sekuat yang dia bisa.

Hampir selesai pekerjaannya, Dayang Sumbi membangunkan ayam untuk berkokok. Sangkuriang sangat marah, lalu dia menendang kapal itu ke danau, lalu menjadi gunung. Sekarang gunung ini disebut sebagai gunung Tangkuban perahu.


Nah, itulah tadi paragraf naratif teks bahasa inggris tentang legenda sangkuriang dan artinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah selalu mengunjungi katabijakbahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.