Contoh Dialog Bahasa Inggris Descriptive Text Describing Animals

Contoh Dialog Bahasa Inggris Descriptive Text Describe Animal - Ada banyak sekali tipe teks yang kita ketahui dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Salah satu jenis teks yang ada dalam Bahasa Inggris ialah descriptive text atau teks deskriptif.

Contoh Dialog Bahasa Inggris Descriptive Text Describing Animals
Contoh Dialog Bahasa Inggris Descriptive Text Describing Animals

Descriptive text ialah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan tentang benda (things), hewan (animals), tempat (place), orang lain (someone), dan sebagainya. Untuk membuat sebuah descriptive text, maka dapat mengikuti struktur yang sangat tepat, serta unsur lain sebagai pembentuk descriptive text.

Kali ini, mari kita cari tahu tentang descriptive text dan contohnya untuk mendeskripsikan hewan atau describing animals bersama kami!


Penjelasan Singkat, Ciri-Ciri, juga Struktur Descriptive Text

Descriptive text biasa digunakan untuk menjelaskan mengenai suatu hal. Bisa berupa benda, hewan, tempat, manusia, maupun suatu peristiwa.

Pada descriptive text, kita wajib dan harus dituliskan ciri-ciri khusus dari objek yang dijelaskan ya. Ciri-ciri khusus yang dimaksud ini bisa berupa bentuk, warna, lokasi, letak, hingga tekstur dari objek itu. Adapun beberapa ciri dari descriptive text, yaitu:

  1. Menggunakan attribute verb, contohnya seperti to be yang berupa is, am, atau are.
  2. Menggunakan simple present tense.
  3. Teks berfokus pada objek yang dideskripsikan atau diceritakan dalam teks.
  4. Boleh memakai bahasa kiasan atau figurative text sebagai gambaran untuk orang yang membaca.

Adapun struktur dari Descriptive text memiliki dua bagian utama. Yakni identification atau identifikasi dan description atau deskripsi.

Identification berisi sebuah pendahuluan dari objek diceritakan. Hal ini bermaksud untuk membuat pembaca mengetahui gambaran secara umum dari hal yang akan dideskripsikan.

Sedangkan description ialah bagian yang berisi penjelasan secara detail dari objek yang dideskripsikan.


Contoh Dialog Descriptive Text Singkat

Sekarang, simak contoh descriptive text dalam bahasa inggris yang berisi cerita menjelaskan hewan atau describing animals berikut ini!

Contoh Dialog 1 Describing animals

Monalisa: Two days ago, I went to the zoo with my family. I saw so many cute animals there.

Leonardo da Vinci: What animals do you saw and called it so cute?

Monalisa: You know Tiger, but it has different color. It is albino tiger. What a cute animal!

Leonardo da Vinci: Why do you think the albino tiger is so cute, I didn't get it?

Monalisa: Because This tiger has black and white fur and it looks so cute and also strong. The albino tiger also has big paw. In that place, there are also 2 albino tiger cubs. Even thought the albino tiger looks very cute, I think it still also looks so scary.


Terjemahan dalam bahasa indonesia

Monalisa: Dua hari yang lalu, saya pergi ke kebun binatang bersama keluarga saya. Saya melihat begitu banyak hewan lucu di sana.

Leonardo da Vinci: Hewan apa yang Anda lihat dan menyebutnya sangat imut?

Monalisa: Anda tahu Tiger, tapi warnanya berbeda. Ini adalah harimau albino. Sungguh hewan yang lucu!

Leonardo da Vinci: Menurut Anda mengapa harimau albino sangat lucu, saya tidak mengerti?

Monalisa: Karena harimau ini memiliki bulu hitam putih dan terlihat sangat lucu dan juga kuat. Harimau albino juga memiliki cakar yang besar. Di tempat itu juga terdapat 2 anak harimau albino. Meskipun harimau albino terlihat sangat lucu, saya pikir dia juga terlihat sangat menakutkan.


Contoh Dialog Bahasa Inggris Descriptive Text Describe Animal - Nah, itu tadi merupakan contoh dialog descriptive text singkat bahasa inggris tentang untuk describing animals. Yuk, belajar buat dialog atau percakapan tersebut dan terus belajar bahasa inggris bersama katabijakbahasainggris.com. Semoga bermanfaat.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.