Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris - Membuat Surat Lamaran Kerja adalah kegiatan yang paling merepotkan ketika akan mendaftarkan diri ke perusahaan. Karena hampir tiap tahunnya terdapat berbagai macam surat lamaran kerja yang selalu update. Ada banyak tipe surat lamaran kerja seperti surat lamaran kerja tulis tangan, berdasarkan iklan, surat lamaran kerja yang familiar yang tentu saja sering kita jumpai sewaktu kita kelas 12 SMA. Nah, ternyata kita bisa mensiasati cara mudah untuk menemukan titik temu atau poin pentingnya. Tentu dengan cara menemukan langkah dan cara membuat surat lamaran kerja yang simple.

Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dengan langkah dan cara yang tepat, tentu kita bisa menemukan cara terbaik untuk membuat surat lamaran dengan model yang bagaimanapun kita inginkan. Nah, berikut ini akan kami sampaikan setidaknya tujuh langkah mudah dalam membuat surat lamaran kerja yang dapat kalian ikuti. Tujuh langkah membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut.

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


1. Beri Nama Perekrut yang Jelas 

Ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan, sangatlah penting untuk kita tahu siapa sih yang sebenarnya merekrut kita. Dengan menyebutkan nama perekrut, bisa jadi itu poin tambahan karena kita telah berusaha mencari informasi lebih lanjut terkait perusahaan.

Didalam surat lamaran kerja bahasa inggris atau cover letter, biasanya penulisan nama perekrut adalah nama marga atau nama keluarga (lebih  mudahnya nama belakang seseorang). Misalnya, nama lengkapnya Sherly Diva, maka bisa dituli dengan "Dear Ms. Diva"

Namun, bila nama perekrut yang merupakan perwakilan dari perusahaan tidak dapat ditemukan, maka kalian bisa memberinya dengan alternatif lain seperti "Dear $$$ Recruitmen Team" atau "Dear Hiring Manager".

Dengan pemberian nama perekrut secara jelas, tentu memberikan kesan yang spesial. Dengan begitu, kalian akan lebih baik jika dibandingan dengan surat lamaran kerja baahsa inggris lainnya yang sudah template.


2. Tulis tujuan utama penulisan surat lamaran kerja.

Sebenarnya, ketika menuliskan surat lamaran pekerjaan, kita tidak diwajibkan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Karena para perekrut sudah melihat identitas kita melalui resume ataupun subjek dari email yang dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan.

Kalian bisa mulai mengutarakan tujuan utama di paragraf pertama surat lamaran kerja bahasa inggris. Dengan menuliskan posisi dan juga minat yang akan ditawarkan, lalu jelaskan mengapa anda cocok dan mau pada posisi tersebut.

Lalu, kalian bisa memberikan keterangan mengapa mereka harus menerima kalian. Tunjukkan kenapa kalian patut lolos dan apa juga yang membedakan antara kalian dengan peserta atau pelamar kerja lainnya. Kalian juga bisa menjelaskan kemampuan apa yang kalian punya sehingga bisa menjadikan perusahaan menjadi lebih baik atau maju.


3. Tulis Skill dan Riwayat Karir yang Relevan.

Biasanya, ketika kita menulis sebuah lamaran kerja, selalu memasukkan kemampuan, kelebihan, skill dan juga keahlian yang mumpuni dibidang yang kamu geluti. Cuma terkadang over show off sehingga menuliskan sesuatu yang tidak perlu atau skill yang tidak relevan pun di tulis.

Lebih baik kalian menjelaskan pengalaman atapun experience yang relevan. Sehingga bisa membuat HRD ataupun pimpinan perusahaan mengerti sejauh mana keahlian kalian bisa lebih terlihat dengan jelas. Jangan lupa tuliskan juga organisasi apa yang pernah kalian ikuti jadi bisa menunjukkan keaktifan kalian dan bekerja dalam team.

Jangan berlebihan ketika menulis pengalaman kerja karena nanti bakal pance (panjang cerita). Kira kira dua atau tiga jenis pekerjaan saja yang bisa kamu pamerkan. Sedikit namun rinci lebih berarti daripada banyak namun hanya pelengkap.

Buktikan hasil kinerjamu selama di perusahaan sebelumnya dengan menggunakan poin statistik atau persentase. Dengan begitu, kalian akan terlihat lebih jelas dengan bukti spesifik bahwa cara kerjamu membantu perusahaan lebih maju. Misalnya, kalian mendapatkan kenaikan konsumen sebesar 75% tahun lalu dengan penggunaan media social, dsb.

Untuk kalian yang fresh graduate, kalian bisa menuliskan pengalaman selama dikampus, pengalaman organisasi dikampus dan juga lembaga kursus mana yang sudah pernah kalian ikuti. Tapi ingat, yang relevan atau berhubungan dengan posisi yang akan kalian lamar ya.


4. Gunakan Bahasa Inggris yang Formal.

Cover letter atau surat lamaran kerja sebaiknya menggunakan bahasa inggris yang formal. Tentu dengan maksud agar kita terlihat lebih profesional di mata perusahaan. Sebagai tambahan, jangan terlalu kaku dengan bahasa yang baku dan berkesan seolah kalian adalah robot. Hal tersebut akan membuat kalian terkesan tidak ramah dan sulit untuk dimengerti oleh perusahaan atau orang lain.

Gunakanlah bahsasa yang lebih ekspresif dan juga menarik agar dibaca lebih menyenangkan. Tentu saja dengan menggunakan aturan main dari grammar seperti tenses dan juga diksi yang tepat. Dengan begitu, bisa jadi kalian adalah pelamar yang paling baik diantara yang lainnya dalam hal kebahasaan yang formal. 


5. Gunakan Grammar yang Tepat

Tata Bahasa atau Grammar adalah poin penting selanjutnya dalam Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris. Jangan biarkan penggunaan ejaan kata yang tidak tepat dalam pengetikan cover letter kalian. Jika kalian merasa keberatan atau memiliki kemampuan yang lebih sedikit dibidang ini, gunakanlah jasa seperti translator dari lulusan bahasa inggris.

Kalian juga bisa menggunakan pengecekan ejaan dalam grammar, tenses, structures hingga kosakata yang tepat menggunakan tools atau website favorit. Adapun situs dan aplikasi yang terkenal akhir akhir ini seperti Becorrect, Slick Write, dan Grammarly. Manfaatkanlah, dan pergunakan dengan semestinya.


6. Tulis dengan Singkat, Padat, dan Jelas.

Surat Lamaran Kerja yang baik adalah yang tidak bertele-tele. Tulislah dengan kosakata yang jelas, tidak berputar putar dan to the point. Dengan begitu, tidak membutuhkan berlembar lembar kertas untuk print cover letter kalian. Perusahaan akan senang jika mereka mendapatkan pesan dan maksud dari tujuan kalian mengapa melamar di perusahaan mereka.

Umumnya, surat lamaran kerja berisi sekitar 250 kata atau setengah halaman. Untuk memudahkan perusahaan, alangkah baiknya kita sebagai pelamar menggunakan surat lamaran yang singkat dan sepadat mungkin. 


7. Gunakan Kalimat Penutup yang baik.

Layaknya sebuah surat, alangkah baiknya jika kita menggunakan ucapan penutup yang baik. Kita juga bisa membubuhkan misi maupun visi kita yang bisa menarik simpati dari perusahaan. Jangan lupa untuk menambahkan keterangan bahwa kalian siap bila diberi posisi di perusahaan sesuai dengan tanggung jawab. Ucapkan salam sebagai akhir penutup agar lebih berkesan sopan dan profesional.


Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris - Nah, itulah tadi langkah membuat surat lamaran kerja bahasa inggris terbaik untuk kalian. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan dapatkan hal menarik seputar bahasa inggris di situs ini. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.