5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula dan Remaja

5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula dan Remaja - Banyak pertanyaan di Internet seperti Langkah langkah Belajar Bahasa Inggris otodidak? Mungkin kita bisa memulainya dengan cara yang kita sukai seperti membaca cerita atau sebuah novel. Cara membiasakan diri dengna tulisan berbahasa inggris, tentu akan memudahkan kita untuk mendapatkan vocabulary atau kosakata terbaru. Nah, Melalui novel pula kalain bisa menambahkan catatan pribari terkait kosakata yang tidak dimengerti dan juga grammar atau struktur dalam kebahasaan bahasa inggris.

5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula dan Remaja
5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula dan Remaja

Banyak literatur yang telah mengungkapkan bahwa media novel bisa menjadi cara ringan dan juga mengasyikkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita. Banyak artikel bahasa inggris yang telah mengungkapkan keuntungannya dalam mempelajari bahasa inggris melalui novel bahasa inggris.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Novel umumnya memilik berbagai seri dan juga chapter yang akan membantu kita, menarik hati kita untuk terus amu membaca demi mendapatkan konlusi dari cerita yang ada dalam novel tersebut. Terlebih lagi, kosakata yang digunakan pun akan memperkaya library kita dalam berbahasa inggris. Alur cerita yang menawan akan membuat kita ketagihan untuk terus membaca novel bahasa inggris tersebut tentunya. Nah, kali ini, kami akan merekomendasikan novel bahasa inggris untuk pemula belajar bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula


The Old Man and the Sea – Ciptaan Ernest Hemingway

Bisa dikatakan tulisan ini merupakan yang terbaik, karena semua native speaker pasti pernah membaca ceritanya. Setidaknya ketika dalam bangku sekolah. Adapun kelebihan dari novel ini ialah jalan ceritanya yang sangat jelas, tidak beretele tele (to the point), dan disajikan begitu ringkas. Namun, kosakata sedikit lebih sulit. Bisa dikatakan ada yang berkelas kosakata intermediate. Intinya ceritanya pendek dan pasti bisa dimengerti oleh banyak orang. Buku karangan Ernest Hemingway ini menceritakan seorang Nelayan asal Cuba dan perjuangannya dalam menangkap ikan marlin yang super besar (raksasa).


Lord of the Flies – Karya William Golding

Novel ini juga berisi kisah klasik yang digunakan oleh negara berbahasa inggris sebagai bahasa sehari hari. Tentu saja digunakan sebagai acuan dalam pelajaran di sekolah tersebut. Ceritanya berisi tentang sekelompok remaja yang tersesat dan terdampar di sebuah pulau terpencil jauh dari keramaian. Lalu mereka membangun peradaban baru dengan pengalaman yang kemampuan yang mereka miliki sebagai seorang remaja. Karya sastarawan bernama William Golding ini selalu menggunakan gaya bahasa yang puitis dan juga dramatis. Tak heran jika para pembacanya seolah tertarik kedalam bagian dari cerita di novel tersebut.


Thirteen Reasons Why – Ciptaan Jay Asher

Cerita ini memiliki latar belakang masa kini. Grammar menggunakan yang standar dan pasti mudah dimengerti oleh para pemula. Sebagian besar dari tulisannya adalah menggunakan kalimat pendek dan kosakata yang sangat umum jadi mudah untuk dipahami. Dengan tulisan yang cukup pendek, paragrafnya terlihat begitu menarik untuk dibaca. Tentu kelebihan ini menjadi sebuah keunggulan bagi novel ini untuk dijadikan sebagai novel termudah untuk belajar bahasa inggris. Berdasarkan New York Times, novel ini memenangkan beberapa penghargaan yang tentunya membuat novel ini layak sekali untuk dibaca.

The Giver – Karya Lois Lowry

Sinopsis The Giver ialah menceritakan adanya seorang anak bernama Jonas dan lingkungan hidup dia yang tidak memiliki kebebasan dan terdapatnya sedikitnya hak individu. Lois Lowry sebagai penulis menceritakan karyanya menggunakan kalimat pendek dan juga gramma yang mudah untuk dipahami. Namun tentu saja masih enak untuk dibaca dan juga tidak membingungkan para pelajar bahasa inggris. Dari awal cerita, sudah banyak yang pasti akan tergila gila dengan karya sastra ini sehingga akan selalu membaca ceritanya dari awal hingga akhir. Kelemahannya ialah terletak di bagian halaman yang cukup banyak namun novel ini tidak sulit untuk dimengerti dan diselesaikan oleh seorang pemula berbahasa inggris sekalipun.


A Wrinkle In Time – Ciptaan Madeline L’engle

Novel Bahasa Inggris yang terakhir ialah karya Madeline L'engle yang pernah diadaptasi oleh Disney dengan judul film yang sama pula. Sinopsisnya menceritakan tentang seorang anak kecil yang mencari ayahnya dengan bantuan tiga orang yang merupakan penjelajah astral. Sangat menarik bukan! Novel ini mempunyai kosakata yang berbuna dalam belajar bahasa inggris. Jadi, sangat wajib untuk dibaca ya. Dengan berbagai kombinasi tulisan pendek, tentu saja para pembaca bisa menemukan pengalaman tersendiri dalam mempelajarinya. Sehingga banyak poin poin penting dari cerita tersebut yang sulit untuk dilupakan.


5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula dan Remaja  - Nah, itu tadi karya sastra berbentuk novel yang bisa kalian jadikan sebagai referensi menambah kosakata bahasa inggris dalam belajar bahasa inggris di kehidupan secara otodidak. Kunjungi terus katabijakabahasainggris.com dan temukan hal menarik seputar dunia bahasa inggris lainnya. Terimakasih.
Sherly Tiara Diva
Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Related Posts