Idiom Bahasa Inggris 'Sand' terpopuler seperti Rope of Sand

Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Sand seperti Rope of Sand - Kata sand dalam bahasa inggris mempunyai makna pasir. Ternyata kata sang tidak hanya menuju kata pasir lho, misalnya ketika kita kombinasikan dengan kata lain. Kata sand bisa menjadi idiom. Kalau bahasa indonesianya disebut peribahasa. 

Idiom Bahasa Inggris 'Sand' terpopuler seperti Rope of Sand
Idiom Bahasa Inggris 'Sand' terpopuler seperti Rope of Sand

Nah, kali ini kita fokus mempelajari idiom. Tenang, tidaklah sesulit yang dibayangkan kok! Agar lebih mudah, kalian yang masih pemula dalam belajar Inggris harus bisa menyesuaikan penggunaan kata sesuai dengan konteks idiom. Atau bisa juga dengan mengelompokkan frasa idiom sesuai kata yang digunakan. Berikut merupakan idiom bahasa inggris sand sebagai peribahasa beserta artinya.


Idiom Bahasa Inggris 'Sand' terpopuler seperti Rope of Sand

1. Plow the sands

Idiom plow the sands secara harfiah bermakna membajak pasir. Tapi, makna yang dimaksud dari idiom ini ialah melakukan kegiatan yang sia-sia. Jadi, sering dianalogikan dengan membajak pasir, karena sebenarnya kan membajak pasi rtak ada gunanya. 

Dalam beberapa kejadian dicontohkan seperti ketika dalam situasi orang tua menasihati anak-anaknya yang acuh dan tidak mau dengar. Mungkin kaalu di Indonesia, istilah yang sering menggambarkan adalah masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Intinya sama, yaitu sesuatu hal yang sia-sia. 

Contoh kalimat menggunakan kata plow the sands:

I feel that I am plowing the sands by telling you to get out from here. But, You still never hear me. I don't want to see your face in this office.


2. Build (something) on sand

Idiom bahasa inggris tentang build (something) on sand bermakna membangun sesuatu di pasir. Namun, idiom ini bermaksud untuk menerangkan suatu hal yang tidak kuat atau tidak kokoh

Sebagai contoh ketika seseorang sedang membangun bisnis dengan cara curang atau tidak halal. Biasanya sih akan tidak awet karena relasi tersebut dibangun atas dasar kebohongan. Hal seperti itu tentu membuat relationship jadi cepat roboh, tidak berakhir dengan kebaikan atau tidak kokoh. Apalagi kalau kamu bohong sama pacar kamu. Gak baik sih itu. Hehe

Contoh dalam kalimat bahasa inggris: 

I feel that our relationship was kind of built on sand. Since we make different decision in every progress of this bussiness.


3. Draw a line in the sand

Kata atau istilah "garis keras" pas banget buat menggambarkan idiom ini. Secara harfiah idiom ini memang berarti menggambar sebuah garis di pasir. Dan Idiom ini bisa banget digunakan pada saat teman yang kelewat batas. Kalian masih menerima jika dihina secara verbal oleh teman. Namun, ketika sudah lebih dari itu, kalian tidak boleh mentolerir lagi. 

Contoh Kata Idiom Bahasa Inggris dalam Kalimat:

I don't mind you heart me like I never know that. But leaving me alone in the rain is draw a line in the sand!


4. (One's) head is in the sand

Ada banyak orang yang tetep sans, santuy atau santai bahkan dalam menghadapi masalah yang genting? Idiom  (one's) head is in the sand cocok untuk orang seperti itu lho. Kalau makna harfiahnya sih, idiom ini berarti kepala di dalam pasir

Akan tetapi, konteks ini bisa digunakan saat seseorang refuse/menolak untuk mencarikan sebuah solusi terkait sebuah masalah. Orang tersebut juga mempunyai pikiran bahwa semua akan menjadi baik-baik saja dan persoalan akan selesai dengan sendirinya. 

Contoh Kata Idiom Bahasa Inggris dalam Kalimat:

He still says that the problem is done. Unfortunately, I think his head is in the sand.


5. Rope of sand

Terakhir adalah kata idiom rope of sand. Jangan langsung secara harfiah mengartikan idiom ini dengan tali pasir ya. Makna yang sebenarnya adalah ketika sesuatu yang tidak sekuat atau sebaik yang terlihat. Contohnya ketika kita dalam kondisi sebuah hubungan, kita mengira bahwa pasangan kita ini adalah setia, namun ternyata tidak. 

Yuk perhatikan contoh kalimat berikut ini agar lebih paham, ya. 

I thought that you are the best person that I have, but you are a rope of sand. You still me alone right here.


Nah, itulah tadi contoh Idiom Bahasa Inggris 'Sand' terpopuler seperti Rope of Sand yang bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari hari. Semoga bermanfaat sebagai informasi belajar bahasa inggris kalian. Terimakasih telah mengunjungi katabijakbahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.