Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris

Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris - Penggunaan kata noun atau biasa disebut kata benda (kb) adalah kegiatan yang paling seirng digunakan dalam menuliskan atau mempelajari bahasa inggris. Ternyata, kata benda atau noun itu terbagi menjadi dua yaitu common noun dan proper nouns. Nah, pada kesempatan kali ini, kita bakal bahas terkait perbedaan dan juga kegunaan dari kata benda tersebut.

Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris
Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris

Dengan mempelajari proper nouns kalian juga bisa meningkatkan kemampuan kalian dalam pemahaman PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) kalau dulu namanya EYD ya atau Ejaan Yang Disempurnakan. Penggunaan proper noun tersebut bisa berguna untuk kalian yang ingin membiasan kapan harus gunakan kapital dan tidak. Baik, disimak yuk, semoga bermanfaat!


Pengertian Proper Nouns

Proper nouns adalah kata kata benda spesifik yang menyebutkan nama orang, nama benda, nama tempat, atau sebuah gagasan secara umum. Karena dia spesifik atau khusus, maka penulisannya diawali dengan penggunaan huruf Besar atau Kapital. Jika proper noun mempunyai kata lebih dari satu pun, harus tetap menggunakan huruf kapital di awalnya. Contoh proper noun misalnya seperti Lionel Messi (Nama Orang), David Beckham (Nama orang), Universal Studios (Nama Tempat), dan masih banyak lagi.

Nah, untuk memudahkan dalam mengingat, telah kami sediakan contoh untuk mengetahui perbedaan dari common noun (kata benda secara umum) dan proper noun (kata benda secara khusus). 

Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris
Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris


Penggunaan article 'THE' pada Proper Nouns

Definite article 'the' mempunyai pernanan yang cukup penting dalam proper nouns. Nah, ternyata ada proper noun yang wajib menggunakan 'the' sebelum penulisannya. Kira kira proper nouns yang model gimana sih? Yuk simak berikut ini aturan main dari penggunaan the dan juga proper nouns

1. Gunakan sebelum Nomina Geografis

Penggunaan kata benda yang dikategorikan sebagai nama geografis atau letak suatu daerah. Contohnya seperti nama sungai, nama gunung, sebuah gurun, nama laut dan sebagainya. Untuk lebih jelas, berikut ini merupakan contoh penggunaan 'the' before geografis name.

  1. The Kelud is a volcano mountain that is located in East Java. (Kelud adalah gunung berapi yang terletak di Jawa Timur.)
  2. The Musi is a long lake that is located in South Sumatra. (Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatra Selatan.)

2. Gunakan Sebelum Pluralize Names (Nama Jamak)

Penggunaan kata 'the' juga bisa diletakkan sebelum proper nouns yang mereka merupakan nama jamak dari keluarga, nama pegunungan, nama kelompok kepulauan, atau bisa juga nama danau. Contohnya Bukit Barisan mountains. 
  1. The Hinako Islands has amazing forest. (Kepulauan Hinako mempunyai hutan yang menakjubkan)
  2. The Bukit Barisan is the longest mountain in Indonesia with 1.650 km (Bukit Barisan adalah pegunungan terpanjang di Indonesia dengan 1.650 km)

3. Gunakan Sebelum Nomina yang diikuti dengan Preposisi (Preposition)

Penggunaan 'the' selanjutnya ialah berada didepan proper nouns yang selanjutnya diikuti oleh preposisi "of". Untuk lebih jelasnya kita simak contoh berikut ini ya.

  1. The National Forest of India has many types of trees. (Hutan Nasional di India mempunyai banyak tipe pohon)
  2. The City of Venice is a city in northeastern Italy and the capital of the Veneto region. (Kota Venice adalah kota yang berada di timur laut Italia dan ibukota Veneto.)

4. Gunakan sebelum Nomina Khusus (Nama Tempat atau Kejadian)

Penggunaan nomina khusus yang dimaksud adalah sebuah proper noun yang menunjuk nama fasilitas, peristwa, sebuah jabatan, lembaga dan juga surat kabar yang bersifat spesifik. Contoh didalam kalimatnya adalh sebagai berikut ini!

  1. One of the Largest Mosques in Indonesia is the Istiqlal Mosque in Jakarta. (Salah satu masjid terbesar di Indonesia adalah masjid Istiqlal di Jakarta.)
  2. The Linggarjati Agreement was in the form of negotiations between Indonesia and the Netherlands regarding the status of Indonesia's independence. (Perjanjian Linggarjati adalah bentuk negosiasi antara Indonesia dan belanda dalam status kemerdekaan Indonesia)

Penggunaan Article 'THE' pada Proper Nouns Bahasa Inggris  - Nah, itulah tadi bentuk penggunaan kata 'the' yang biasa mengawali propern noun beserta tipenya. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus situs ini katabijakbahasainggris.com dan temukan hal menarik seputar bahasa inggris lainnya ya. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.