Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar Bicara Bahasa Inggris

Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar dan Berbicara Bahasa Inggris - Belajar Bahasa Inggris memanglah tidak mudah. Namun, yakinlah selalu bahwa kita bisa mempelajarinya dengna baik. Belajar bahasa inggris memang banyak tantangan dan godaannya masing masing. Nah, pada kesempatan ini kit aakan bahas pantangan apa saja yang wajib dihindari saat belajar berbicara bahasa inggris. 

Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar Bicara Bahasa Inggris
Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar Bicara Bahasa Inggris

Obstacle, hambatan dan tantangan merupakan sesuatu yang pelengkap yang pasti ada dalam setiap proses belajar ataupun mencapai sesuatu. Banyak dibutuhkan ketekunan dalam menjalankan apapun yang kita inginkan seperti menjadi orang lebih maju dari sebelumnya. Nah, Adapun hal hal yang wajib kita hindari dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut ini:


Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar Bicara Bahasa Inggris

1. Shy to Talk (Malu untuk berbicara)

Pada saat belajar bahasa inggris, kita semua memiliki tujuan sendiri sendiri. Tapi pada dasarnya pasti setiap bahasawan pemula seperti kita pasti menginginkan untuk berkomunikasi melalui bahasa asing. Bisa melalui suara atau berbicara bahasa inggris atau bisa juga melalui tulisan seperti skill writing dalam bahasa inggris. 

Jangan kehilangan rasa percaya disi, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dengan kebaikan hidupmu. - Mario Teguh

Jika kamu ingin bisa berbicara dan menggunakan bahasa inggris, maka mulailah dengan menghilangkan rasa malu dalam memakai bahasa inggris. Jangan khawatir dengan pronounciation atau pelafalan yang kamu miliki saat ini. Jangan malu dengan diksi, logat, aksen atau bahkan vocabulary kalian yang masih sedikit. Ingat, semua bisa karena terbiasa. Semua orang yang ahli berawal dari pemula yang tanpa henti belajar dan berlatih. Kalau kalian malu, kapan practicenya?


2. Frustrated (Frustasi terhadap Diri Sendiri)

Setiap kita belajar dengan serius, apapun itu pasti mengalami stress dan juga frustasi. Namun, jangan terlalu larut dan memaksamu untuk tidak kembali semangat belajar. Buatlah setiap kemalasan dan frustasimu sebagai obat dan bahan bakar untuk ters maju. Ubah midnset dan pola pikir dengan problem solving atau mencari solusi seperti timbulkan pertanyaan di otak "kenapa saya tidak bisa ya" misalnya.

Jangan fokus pada "kenapa bahasa inggris susah ya". Lebih baik fokus mencari cara untuk belajar bahasa inggris dengan nyaman dan tenang agar kamu senang. Pada saat kamu merasa tidak bisa mengeluarkan kata kata dari mulut, atau tidak bisa memproduksi tulisan ketika tes writing, cobalah untuk  tarik nafas pelan pelan. 

Dibawa santai saja. Misalnya ketika berbicara bahasa inggris atau speaking dan stuck tidak mampu berbicara lagi. Cobalah gunakan bahasa isyarat agar lawan bicaramu mengerti, atau gunakan arti dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah. Jika tertulis, gunakan kosakata lain yang mendekati makna dari kata yang diinginkan.


3. Terlalu Baper 

Jangan terlalu ambil hati akan ketidaktahuan dirimu akan bahasa inggris. Dan jangan kecewa juga ketika kalian berbicara bahasa inggris dan orang lain seperti native speaker tidak mengerti apa yang kamu katakan. Wajar, banyak sekali diksi, kosakata, pronunciation dan logat yang berbeda. Faktanya, tidak semua orang amerika mengerti apa yang diucapkan oleh orang australia. Padahal sama sama menggunakan bahasa inggris.

Jangan mengharapkan apapun adalah kunci. Jangan kesal ketika kalian berbicara dalam bahasa inggris dan temanmu tidak mengerti. Biasanya kalau orang luar negeri atau native bakal bilang "pardon me, sir?" atau "I'm sorry I didn't get it". Cobalah untuk mengerti, bicara pelan saja, santuy. Intinya jangan kecewa dengan skill mu yang masih belum mumpuni. Ingat belajarlah terus, dan dekat dengan orang yang pandai bahasa inggris, maka akan terbiasa. Ini bahasa inggris merupakan sebuah kebiasaan. 


4. Jangan Membanding Diri dengan Native Speaker

Ingatlah! Tidak semua orang mampu belajar dengan cepat dan mudah. Namun, kamu tidak perlu minder. Biasakanlah untuk bangga dengan pencapaian yang telah kamu miliki. Ingatlah betapa besar usahamu untuk mencapat level ini. Tak perlu risau dengan cara membandingkan dirimu sendiri dengan native speaker yang notabene memang mereka sudah terbiasa. Kalian pelan pelan bisa mempunyai skill mirip mereka juga kok. Sabar!


5. Jangan sombong ketika mahir

Hal ini kerap terjadi. Jika seseorang sudah lancar berbahasa Inggris, ia cenderung jadi arogan dan memandang rendah orang yang belum lancar. Padahal, sebelumnya kamu juga pernah ada di posisi dia. Jangan berlaku tidak adil kepada orang lain dengan mengejek atau meremehkannya. Kamu mungkin juga butuh waktu lama dalam belajar bahasa Inggris. Oleh sebab itu, ketika kamu sudah jago jangan khianati proses belajar yang sudah kamu lewati dengan bersikap sombong. Tetaplah rendah hati.

Sombong merupakan sifat yang tidak terpuji. Sebenarnya kita kamu bisa, ingatlah masih ada yang lebih bisa dan handal dari kalian di bidang bahasa inggris atau bidang yang lainnya. Agar kamu tidak sombong lagi, ingatlah pepatah "diatas langit masih ada langit" yang akan membuat kita sadar diri. Jangan pernah mengejek orang yang kemampuannya berada dibawahmu. Ingat, setiap semua orang yang jago berasal dari pemula yang tidak mahir sama sekali.Tetaplah rendah hati dan selalu ingat tentang susahnya proses belajar yang pernah kalian  lewati.


6. Jangan Khawatir Membuat Kesalahan

Terlalu mengkhawatirkan akan berbuat kesalahan malah akan membuat kamu takut mencoba. Yang namanya manusia pasti tempatnya salah. Intinya kita ini manusia yang tak sempurna dan pasti akan berbuat kesalahan. Sebenarnya ada itu cara agar kalian tidak berbuat kesalahan. Yaitu dengan tidak mencoba sama sekali. Jika kalian ingin berhasil, maka lakukanlah kegagalan sebanyak mungkin. Seperti pepatah berikut ini:

Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka, kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. - Bob Sadino

hal ini memang terdengar kontra-intuitif. Dengan kita berbuat salah sebanyak mungkin dalam bebrahasa inggris, ini berbarti kita telah belajar dan terus mencoba. Terus berusaha menjadi lebih baik akan membuat kita mengerti cara untuk menemukan cara cepat dan kita inginkan. Setiap tujuan pasti punya jalan yang terjal namun cepat dan jalan lambat namun halus. 

Biasanya hal yang paling ditakutkan ketika berbicara bahas ainggris adalah tata bahasa atau grammar. Ingat tak perlu ragu untuk berbicara dan membuat kesalahan. Tak perlu tata bahasa, kosakata bahkan pronunciation dengan sempurna dalam bahasa inggris. Ingatlah bahasa adalah media untuk berkomunikasi dan transfer informasi. Percaya dirilah maka semuanya akan lancar.


7. Jangan Minta Maaf atas ketidaksempurnaanmu

Banyak orang yang minta maaf akan ketidakmampuannya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Janganlah kalian melakukan hal tersebut ya. Gunakanlah waktu luang untuk belajar dan gunakan bahasa yang anda kuasai dengan seadanya. Kalau ada orang lain yang tidak suka dengan caramu berbicara bahasa inggris, biarkan saja. Janganlah kalian sakit hati dengan mereka yang tidak menghargai usaha dan prosesmu. Ingat, usaha kalian yang besar itu perlu utnuk dimotivasi dan diberi arahan semangat. bukan cacian. Jadi, tak perlu untuk minta maaf kepada siapapun atas kekurangan kalian dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Merekalah yang patuh disalahkan dan meminta maaf karena telah tidak menghargai dirimu.


8. Ketika Orang Tidak Mengerti, Biarkan!

Pasti kalian akan menemukan waktu dimana ketika kamu berbicara dengan orang lain atau native speaker dan mereka bilang "i couldn't understand what you said". Hal ini wajar, karena didunia ini terdapat banyak sekali manusia yang menggunakan bahasa inggris dengan menggunakan aksen yang berbeda beda. Jadi, dibawah santai saja. Bisa juga hal ini terjadi kepada mereka yang mempunyai level bahasa inggris dibawah kalian. Entah level kalian yang lebih tinggi atau memang level kalian lebih rendah dari apa yang mereka miliki.

Hal ini wajar terjadi. Komikasi itu terjadi jika ada 2 oran gatau lebih yang saling bertukar informasi dengan baik. Dengan begitu akan menemukan beberapa aspek yang bisa kalian temukan seperti background knowledge, diksi yang berbeda, penguasaan kosakata dan yang terpenting adalah experience dalam berbahasa inggris. Ingatlah, kalian merupakan orang yang bisa menjadi apapun yang kalian inginkan. Bantu orang yang tidak mengerti tentang apa yang kalian ucapkan dan tuliskan dalam bahasa inggris. Bisa menggunakan pendekatan bahasa pertama atau bahasa daerah juga.


Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar dan Berbicara Bahasa Inggris - Nah, itu tadi beberapa point penting dalam berbahasa inggris yang perlu dihindari. Hal tersebut pasti akan membantu meningkatkan skill berbahasa inggris. Kunjungi terus situs katabijakbahasainggris.com dan temukan hal menarik seputar dunia bahasa inggris. Selamat mencoba!

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.