TOEIC Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Penilaian, Jenis Soal, dan Biaya

Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya - Secara Sadar, kita telah memahami bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa yang cukup rutin dipergunakan setelah bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Tak terasa, ternyata kita telah terbiasa belajar bahasa inggris sejak taman kanak kanak hingga jenjang universitas. Seperti yang kalian inga, kita juga telah diberikan ujian bahasa inggris untuk mengetahui kompetensi kita. Nah, ternyata diantara tes Bahasa Inggris tersebut, tenyata tes TOIEC adalah tes yang cukup banyak diambil oleh masyarakat Indonesia.

TOEIC Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Penilaian, Jenis Soal, dan Biaya
TOEIC Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Penilaian, Jenis Soal, dan Biaya

Tidak jauh beda dengan dengan TOEFL dan IETLS, tes TOEIC merupakan tes yang wajib dilewati guna mendapatkan sertifikat yang berguna untuk keperluan para peserta. Adapun fungsi utamanya secara umum adalah untuk bisa bergabung dan masuk di sebuah perusahaan yang bertaraf internasional atau ingin bekerja di luar negeri. Nah, bagaimana mekanisme TOEIC, yuk Simak Penjelasannya!

TOEIC Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Penilaian, Jenis Soal, dan Biaya

Seperti Apa tes TOEIC?

TOEIC merupakan sebuah tes bahasa inggris yang memiliki kepanjangan The Test Of English International Communication. Sejarah awal penggunaan TOEIC adalah untuk North American Business yang dikembangkan di sekitar tahun 1970an di Jepang yang pastinya telah dilaksanakan oleh ETS (Educational Testing Service).

Tes TOEIC memang didesain untuk menguji kemampuan berbahasa inggris seseorang sebagai bahasa kedua. Artinya khusus buat orang orang yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Point yang diuji adalah kemampuan bahasa inggris pada bentuk komunikasi setiap hari. Dengan fokus pada ranah dunia pekerjaan yang tentunya telah bertaraf internasional.


Kenapa TOEIC Penting?

Salah satu alasan utama adalah jika kalian yang ingin bekerja di perusahaan multinasional yang ditempatkan di Indonesia atau mau kerja di luar negeri maka butuh tes TOEIC. Sertifikat dari TOEIC ini sangat berguna sebagai poin penunjang dalam melamar. Oleh karena itu, TOEIC berguna dalam dunia perusahaan berbasis bisnis.

Faktanya, hingga saat ini TOEIC menjadi acuan lebih dari 10.000 bidang pemerintahan, perusahaan dan Program Belajar Bahasa Inggris di lebih dari 120 negara di Dunia. Tentunya berguna untuk mengukur kompetensi English seseorang ya. Survey menunjukkan ebih dari 7juta orang telah melakukan tes TOIEC pada tahun 2013.


Perbedaan antara TOEIC, TOEFL dan IELTS

Dari namanya sudah berbeda ya. Namun, sebenarnya tujuannya sama yaitu adalah untuk mengukur atau uji kompetensi bahasa inggris. Namun, TOEIC berfokus pada keperluan bisnis. TOEFL (Test English as a Foreign Language) difokuskan untuk kalian yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti negara USA. Sedangkan IELTS (International English Language Testing System) berfokus pada seseorang yang ingin belajar, syarat visa jika ingin kerja di luar negeri, atau perpindahan kewarganegaraan dari suatu negara ke negara lainnya.


Jenis atau Tipe tes dalam TOEIC

Ada dua tipe yakni yang pertama adalah TOEIC tes Berbicara dan Menulis (Speaking dan Writing) dan yang kedua adalah Tes mendengar dan membaca bahasa inggris (Listening dan Reading). Isi dari soalnya adalah berdasar pada dunia kerja seperti sales marketing, meeting (pertemuan), bersosialisasi, pembuatan jandi dan keperluan bisnis.

1. TOEIC Writing and Speaking Test

Tes ini merupakan bentuk dari Productive Skill atau Output kita dalam berbahasa inggris. Pada zaman sekarang ini tes TOEIC pada Writing dan Speaking umumnya berformat online (via internet) dan bisa dilakukan di tempat tes resmi.

Writing (Menulis) 

Tes berlangsung selama 60 menit yang memiliki 8 soal (pertanyaan). 5 Soal pertama ialah tentang cara menulis kaliat dan menerangkan gambar yang telah terdapat pada petunjuk soal. Soal ke 6 dan 7 biasanya cara bagaimana kalian merespon sebuah email. Sedangkan pertanyaan terakhir ialah menuliskan sebuah essay (esai bahasa inggris) kurang lebih 300 kata mengenai sebuah topik melalui opini kalian sendiri.

Penilaian untuk ujian ini akan dikirimkan ke pihak ETS.

  • Soal nomor 1 sampai 5 memiliki nilai 0-3,
  • Soal nomor 6 dan 7 memiliki nilai 0-4,
  • Soal nomor 8 memiliki nilai 0-5.

Total nilai yang bisa kalian dapatkan pada ujian menulis ini berada diantara 0 hingga 200 poin.

Speaking (Berbicara)

Tes berbicara ini berjalan selama 20 menit yang mempunyai 11 soal (pertanyaan) seperti reading a loud (membaca dengan lantang), describe a picture (mendeskripsikan gambar), dan response the question (memberi respons pertanyaan).

  • Soal nomor 1 sampai 4 mempunyai nilai 0-3
  • Soal nomor 5 dan 6 mempunyai nilai 0-4
  • Soal nomor 7 sampai 11 mempunyai nilai 0-5


2. TOEIC Reading and Listening Test

Tipe tes ini merupakan sebuah ujian yang umum ialah menggunakan kertas yang berdurasi selama kurang lebih 2 jam 30 menit. 2jam akan dipergunakan untuk menjawab soal soal. Sisanya adalah unuk menjawab soal yang ditanyakan terkait dirimu sendiri.

Reading (Membaca)

Tes membaca ini berlangsung selama 75 menit. Memiliki 100 pertanyaan atau soal pilihan ganda. Jenis pertanyaannya sangat bervariasi, seperti fill the blanks (isi bagian kosong kalimat), complete paragraph (melengkapi paragraf) hingga ke bagian reading comprehension (pemahamman dalam membaca) sungguh sangat kompleks ya.

Listening (Mendengar)

Tes mendengar kali ini berlangsung kurang lebih 45 menti. Kalian akan disuguhkan dengan 100 soal pilihan ganda yang dibagi menjad 4 part (bagian). Tes dimulai dari yang sederhana hingga cukup kompeks. Isinya ialah pertanyaan mengenai suatu penjelasan yang membutuhkan suatu imajinasi, hingga pertanyaan yang berkaitan dengan suatu dialog yang diputarkan dalam tape recorder.

Kalian akan mendapat nilai masising di tiap ujiannya. Penilaian dari ujian ini memiliki rentang antara 5 - 495 dan nantinya akan digabungkan dengan nilai ujian yang selanjutnya.


Kategori Hasil Nilai TOEIC

Setelah tes, nantinya kalian akan memperoleh dan dikategorikan kedalam beberapa kelas terkait kemampuan bahasa inggris kalian. Adapun kelasnya sebagai berikut:

Untuk hasil dari test TOEIC dari penggabungan Writing & Speaking, adalah sebagai berikut

A2 = 225 = Cambridge English Key (CEK)

B1 = 240 = Cambridge English Preliminary (PET)

B2 = 310 = Cambridge English First (CEF)

C1 = 360 = Cambridge English Advanced (CEA)

C2 = 400 = Cambridge English Proficiency (CPE)


Sedangkan untuk test TOEIC untuk jenis Reading and Listening, adalah sebagai berikut:

Reading

A1 = 60 - 100 = Beginner 

A2 = 115 - 270 = Elementary 

B1 = 275 - 380 = Intermediate

B2 = 385 - 450 = Upper Intermediate

C1 = 455 - 495 = Advance 


Listening

A1 = 60 - 105 = Beginner

A2 = 110 - 270 = Elementary

B1 = 275 - 395 = Intermediate

B2 = 400 - 485 = Upper Intermediate

C1 = 490 - 495 = Advance 


Kalau digabung, poin dari reading dan listening di test TOEIC tersebut juga bisa memiliki kelas tersendiri lagi lho. 

  • International Proficiency: 905 - 990
  • Working Proficiency: 785 - 900
  • Limited Working Proficiency: 605 - 780
  • Elementary Proficiency Plus: 405 - 600
  • Elementary Proficiency: 255 - 400
  • Memorised Proficiency: 185 - 250
  • No Useful Proficiency: 10 - 180


Masa Berlaku Sertifikat

Setelah test dan penilaian, kalian akan mendapatkan sertifikat TOEIC. Masa berlakunya ialah 2 tahun. Setelahnya, kalian harus melakukan uji tes kompetensi ulang lagi. Apabilai ujian tidak membuahkan hasil yang diinginkan (tidak lulus), maka kalian baru boleh ujian ulang satu bulan kemudian.


Harga untuk Tes TOEIC

Indonesia mempunyai banyak sekali lembaga yang melayani terkait tes TOEIC. Harga yang ditawarkan sangat beragam. Namun, umumnya biayanya kurang lebih $85 atau sekitar Rp1,2 juta.


Itulah tadi, TOEIC Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Penilaian, Jenis Soal, dan Biaya. Semoga bisa menjawab pertanyaan kalian seperti Tes TOEIC itu seperti apa? TOEIC minimal berapa? Apa gunanya sertifikat TOEIC? dan Berapa lama waktu tes TOEIC?. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com temukan hal menarik seputar bahasa inggris lainnya.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.