Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris

Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris - Hai guys, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan contoh menulis motivation letter dalam bahasa Inggris untuk kalian semua. Mungkin dari sebagian kalian masih belum tahu apa sih motivation letter itu? motivation letter biasa digunakan bagi yang menginginkan berkuliah diluar negeri yang masuk melalui jaur beasiswa, karena biasanya sebelum mengirimkan lamaran beasiswa kita diminta untuk membuat motivation letter untuk universitas luar negeri yang kita tuju.
Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris
Google Image - Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris
Motivation letter berasal dari kata motivation yang berarti motivasi dan letter berarti surat, jadi motivation letter dapat kita artikan surat motivasi. Motivation letter adalah surat yang berisi tulisan motivasi pendaftar beasiswa untuk bersekolah di universitas tersebut. Dalam motivation letter ini berisi tulisan yang panjang sampai satu halaman, karena didalamnya menjabarkan motivasi apa yang kita miliki untuk memilih universitas atau kampus tersebut. 

Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris

A. Tips Menulis Motivation Letter

Adapun tips dalam menulis motivation letter, yaitu sebagai berikut:
1. Satu form motivation letter berlaku hanya untuk satu universitas.

Gunakanlah satu form motivation letter hanya untuk satu tujuan universitas, karena dengan ini tim penyeleksi dapat menilai kesungguhan Anda dalam mendaftar beasiswa tersebut.

2. Gunakan struktur tulisan yang jelas.
Dalam penulisan motivation letter harus menggunakan struktur yang jelas alurnya, karena jika tidak maka akan membuat tim penyeleksi meragukanmu. 

3. Memapakan motivasi yang jelas.

Dalam penulisan motivation letter harus memaparkan motivasi Anda secara jelas kenapa kamu memilih universitas dan jurusan tersebut. Penting juga untuk Anda mengetahui sosok penerima beasiswa seperti apa yang dicari oleh tim penyeleksi, sehingga kamu dapat mencocokan dengan kelebihan yang Anda punya.
 
4. Cantumkan informasi yang benar adanya (jujur).

Tulislah informasi mengenai diri Anda dengan jujur dan jangan mengada-ngada. Jadi pastikan motivation letter Anda menuliskan karakter Anda yang sebenarnya.

5. Pemilihan kata yang baik dan benar (No grammar error)

Dalam penulisan motivation letter harus menggunakan kata yang baik dan benar (no grammar error). Karena dalam penulisan, tim penyeleksi dapat menilai kepribadianmu, profesionalkah dan konsisten atau tidak.

6. Kesimpulan

Tips yang terakhir ini adalah kesempatan Anda meyakinkan tim penyeleksi bahwa Anda adalah seorang yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Tuliskan ucapan terimakasih atas waktu dan pertimbangan mereka.

B. Contoh Menulis Motivation Letter

Dear Sir or Madam:

I am writing this letter to express my interest in the Applegate Scholarship for Student Athletes from the Harvard University. It is my hope to use this scholarship to aid in the pursuit of my bachelor's degree in Psychology.

Despite coming from a disadvantaged background, my family has always stressed the importance of success in life. I graduated from high school with a 3,98 GPA, the second highest in the class. I am very dedicated towards my schoolwork and I plan to continue succeeding throughout my university studies. My interest in psychology was sparked from a young age when my father was diagnosed with schizophrenia and had to be hospitalized. My aim is to further the academic knowledge and treatment options for mental diseases, so that families like mine can learn to support each other.

Along with my academic devotion, I am also extremely passionate about soccer. Throughout high school, I played front center fpr my schools junior Varsity an then Varsity Women's Soccer team. We were undefeated in the country for all four years that I played. In college, I also hope to be able to continue playing the sport that I love. I understand that being a students athlete requires rigorous self-discipline and hard work, but I believe that my academic record shows that I am ready for such a commitment.

College has been a dream for many generations of my family. My mother was planning to return to school when my father fell sick and it became her responsibility to become the breadwinner of the family. Similarly, my older brother decided not to go to college because he needed to work to help my mother financially. Their sacrifices have enabled me to focus on becoming the first person in my family to pursue higher education.  I plan to succeed, regardless of what obstacles come my way.

Thank you for considering my application. I look forward to your positive response.

Yours faithfully,
Brenda Dunez

Artinya

Untuk Bapak atau Ibu:

Saya menulis surat ini untuk menyatakan minat saya pada Beasiswa Applegate untuk Atlet Pelajar dari Universitas Harvard. Ini adalah harapan saya untuk menggunakan beasiswa ini untuk membantu dalam mengejar gelar sarjana saya di Psikologi.

Meskipun berasal dari latar belakang yang kurang beruntung, keluarga saya selalu menekankan pentingnya kesuksesan dalam hidup. Saya lulus dari sekolah menengah dengan IPK 3,98, tertinggi kedua di kelasnya. Saya sangat berdedikasi terhadap tugas sekolah saya dan saya berencana untuk terus berhasil di seluruh studi universitas saya. Ketertarikan saya pada psikologi dipicu sejak usia muda ketika ayah saya didiagnosis menderita skizofrenia dan harus dirawat di rumah sakit. Tujuan saya adalah untuk memajukan pengetahuan akademik dan pilihan pengobatan untuk penyakit mental, sehingga keluarga seperti keluarga saya dapat belajar untuk saling mendukung.

Seiring dengan pengabdian akademik saya, saya juga sangat bersemangat tentang sepak bola. Di seluruh sekolah menengah, saya bermain sebagai pemain tengah di sekolah Varsity junior saya dan tim Varsity Women's Soccer. Kami tak terkalahkan di negara selama empat tahun yang saya mainkan. Di perguruan tinggi, saya juga berharap untuk dapat terus memainkan olahraga yang saya sukai. Saya mengerti bahwa menjadi atlet siswa membutuhkan disiplin diri dan kerja keras yang keras, tetapi saya percaya bahwa catatan akademis saya menunjukkan bahwa saya siap untuk komitmen seperti itu.

Perguruan tinggi telah menjadi impian bagi banyak generasi keluarga saya. Ibu saya berencana untuk kembali ke sekolah ketika ayah saya sakit dan menjadi tanggung jawabnya untuk menjadi pencari nafkah keluarga. Demikian pula, kakak laki-laki saya memutuskan untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi karena dia perlu bekerja untuk membantu ibu saya secara finansial. Pengorbanan mereka telah memungkinkan saya untuk fokus menjadi orang pertama di keluarga saya yang mengejar pendidikan tinggi. Saya berencana untuk berhasil, terlepas dari hambatan apa yang menghadang saya.

Terima kasih atas perhatiannya. Saya menantikan tanggapan positif Anda.

Salam sejahtera,
Jhonathan Saputra

Baca Juga: Sejarah Asal Mula ‘Bahasa Slang’ Dalam Bahasa Inggris
 
Tips Dan Contoh Menulis “Motivation Letter” Dalam Bahasa Inggris - Demikianlah, semoga bermanfaat ya. Terima kasih dan sampai jumpa diartikel menarik selanjutnya :)