Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris - Hai, teman, setelah kemarin kita membahas meteri mengenai adverbial clause, conjunction, dan preposisi, sekarang kita akan mempelajari materi mengenai noun clause. Sebagian besar dari kalian pasti sudah sangat sering mendengar kata noun clause bukan saat dimata pelajaran bahasa Inggris disekolah? karena noun clause adalah salah satu kunci seseorang dapat membuat kalimat yang baik dan benar. Untuk mengetahui bagaiana jelasnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini ya!
Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris
Google Image - Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris 

1. Pengertian

Noun clause merupakan dependent clause yang berfungsi sebagai kata benda (noun). Sedangkan yang dimaksud dengan dependent clause adalah kelompok kata yang mengandung subject dan verb (kata benda) yang tidak dapat mengungkapkan sebuah makna yang utuh. Dalam bahasa lain noun cluase juga dapat difungsikan subject atau object di dalam suatu clausa atau frasa lain. Hal yang paling mudah untuk mengidentifikasi bahwa itu noun clause adalah biasanya ia diawali dengan kata seperti: how, why, when, which, where, that, whether, whichever, who, whoever, whom, whomever, dan what.

2. Jenis Noun Clause Beserta Contoh

Adapun jenis noun clause terbagi dalam 2 format yaitu sebagai berikut:
 
a. Kalimat Tanya

Walaupun bentuknya adalah kata tanya, namun format kalimatnya tetap dalam bentuk pernyataan karena ia berkedudukan sebagai anak kalimat. Dalam contoh kalimat I don’t care who you are, bukan who are you. I know sebagai induk kalimat, dan who you are sebagai anak kalimat.

1.) Question Words (kata tanya)
Yang termasuk dalam kata tanya seperti: what, when, where, who, why dan how.
Contoh:
  • I know what you did last summer. (Saya tahu apa yang Anda lakukan pasa musim panas lalu).
  • You should know when you have to go. (Anda harus tahu kapan harus pergi)
  • I parked my motorcycle where you waited me yesterday. (Saya memarkir motor saya di mana Anda menunggu saya kemarin).
  • Mr. Joko is the man who murders this man. (Pak Joko adalah orang yang membunuh pria ini)
  • I don’t know why you said goodbye. (Aku tidak tahu kenapa kamu mengucapkan kalimat selamat tinggal).
2.) If/whether.
Dua kata tersebut dalam hal ini berarti “apakah”. Kata ini digunakan untuk kata tanya dengan jawaban yes atau no. Misal: Have you written the report? Yes, I have atau No, I haven’t.
Contoh:
  • Has he got married? (Apakah dia sudah menikah?)
  • I don’t know if he has got married for along this time? (Saya tidak tahu apakah dia sudah menikah selama ini?)
  • Did you call me last week? (Apakah Anda menelepon saya minggu lalu?)
  • I forget whether I called you or not last month, that’s been long time, I can’t remember. (Saya lupa apakah saya menelepon Anda atau tidak bulan lalu, itu sudah lama, saya tidak ingat).
b. Statement (pernyataan)

Noun clause dalam bentuk pertanyaan/ statement selalu didahului oleh kata "That" yang berarti “bahwa”. Noun clause dalam bentuk pertanyaan ini biasanya didahului oleh induk kalimat dengan kata kerja seperti: assume, believe, discover, dream, guess, hear, hope, know, learn, notice, predict, prove, realize, suppose, suspect dan think.
Contoh:
  • I believe that I can prove that I am not guilty in this case. (Saya percaya bahwa saya dapat membuktikan bahwa saya tidak bersalah dalam kasus ini).
  • You must realize that you don’t deserve to marry him. He comes from a rich family, and you are not. (Anda harus menyadari bahwa Anda tidak pantas menikah dengannya. Dia berasal dari keluarga kaya, dan Anda tidak).
 
Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris - Demikianlah, semoga dapat membantu. Terus kunjungi www.katabijakbahasainggrisdanartinya.com. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top