Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris dan Penjelasan

Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris - Mempelajari materi yang ada di dalam bahasa Inggris merupakan sebuah keharusan yang wajib dilakukan apabila seorang tersebut ingin mengetahuinya. Apalagi jika kita ingin bercita-cita sekolah keluar negeri. Salah satu hal yang terpenting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah dengan cara mempelajari materinya. Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai adverbial clause. Adverbial caluse adalah salah satu kunci untuk membuat kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar. Dalam mempelajari adverbial clause cukuplah mudah jika kalian menjauhkan fikiran negatif tentang sulitnya mempelajari adverbial clause. Untuk itu, mari kita luruskan niat untuk belajar dan simak penjelasannya dibawah ini ya teman. 
Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris
Google Image - Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris

1. Pengertian

Adverbial clause adalah anak kalimat (dependent clause) yang memiliki fungsi merangkan adverb (kata keterangan) dan memberikan informasi mengenai verb (kata kerja), adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang terletak pada induk kalimat (independent clause) dengan menjawab pertanyaan seperti: how (bagaimana), when (kapan), where (dimana), dan why (mengapa), who (siapa), dan what degree. 

Adverbial clause diawali dengan susunan kata yang disebut dengan subordinate conjunction, seperti: after, before, that, when, because, though, etc yang dapat menghubungankan dengan independent clause. Gabungan antara adverbial clause dan independent clause disebut dengan complex sentence.  

Rumus Adverbial Clause:
Subordinate Conjunction + S + V +

Adapun jenis-jenis advebial clause beserta contoh 

1. Adverbial Clause of Time
 
Adverbial Clause of Time adalah adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah waktu. Adverbial Clause of Time menggunakan subordinate conjunction yang berhubungan dengan waktu, seperti: before, after, as soon as, as long as, since, until, when, whenever, while.

Contoh:
  • When I was typing the asignment, my grand mother came into my room. (Ketika saya sedang mengetik tugas, nenek saya masuk ke kamar saya)
  • He said that she will tell us as soon as she gets the information. (Dia bilang bahwa dia akan memberitahu kita segera setelah dia mendapatkan informasinya)
2. Adverbial Clause of Place
 
Adverb Clause of Place merupakan adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah tempat. Adverb Clause of Place menggunakan subordinate conjunction yang berhubungan dengan tempat, seperti: where, anywhere, nowhere, wherever, everywhere.

Contoh:
  • Wherever she goes, I will always find her. (Kemana saja dia pergi, saya akan selalu menemukannya)
  • He had no idea where him sister went. (Dia tidak tahu kemana adiknya pergi)
3. Adverbial Clause of Reason
 
Adverb Clause of Reason merupakan adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah alasan. Adverb Clause of Reason menggunakan subordinate conjunction seperti: since, because, as, for.

Contoh:
  • I am working because I need some money. (Saya bekerja karena saya mmebutuhkan uang)
  • Since it was a very shiny day outside, we decided to go caffe. (Karena hari sangat cerah di luar, kami memutuskan untuk pergi ke cafe) 
4. Adverbial Clause of Manner
 
Adverb Clause of Manner merupakan adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah cara.

Contoh:
  • I had no idea how he was able to do that. (Saya tidak tahu bagaimana dia mampu melakukannya)
  • My mother wants me to do as she asked me to do. (Ibu saya ingin saya melakukan apa yang dia suruh saya untuk melakukannya)
5. Adverbial Clause of Contrast/ Concession
 
Adverbial Clause of Contrast/ Concession merupakan adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah pertentangan atau perbedaan. Adverial Clause ini menggunakan subordinate conjunction seperti: even though, altough, though, while, whereas.

Contoh:
  • She got low marks even though she had studied very hard. (Dia mndapat nilai yang rendah meskipun dia telah belajar dengan giat)
  • Although her mother always gets angry with her daughter, she still very love her. (Meskipun ibunya selalu marah kepada anaknya, dia tetap sangat menyayanginya)
6. Adverbial Clause of Condition
 
Adverbial Clause of Condition merupakan adverbial clause yang digunakan untuk menyatakan sebuah syarat, dan menggunakan subordinate conjunction: only if, unless,  even if, if.

Contoh:
  • If I were you, I would forgive her. (Jika saya adalah kamu, saya akan memaafkannya)
  • You will pass the exam only if you study hard. (kamu akan lulus ujian, hanya jika kamu belajar dengan giat)
7. Adverbial Clause of Purpose
 
Adverbial Clause of Purpose merupakan adverbial clause yang menyatakan sebuah tujuan.

Contoh:
  • Eko studies hard every night so that he can pass the exam (Eko belajar giat setiap malam agar dia lulus ujian)
Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris - Demikianlah, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog kami :)