Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris dan Pengertian

Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris - Guys, maybe kalian sudah sangat familiar dengan kata “adverb” yaitu kata keterangan. Adverb berfungsi untuk menerangkan kata kerja (verb), kata sifat (adjective) adverb itu sendiri dan sentence.

Readers, kali ini penulis share informasi tentang adverb, khususnya pada bentuk clause. Banyak orang yang mengalami sedikit kesulitan dalam memahami adverbial clause, karena memang materi ini sedikit susah untuk difahami. Akan tetapi jika kita focus untuk memahaminya, kita pasti bisa menguasai materi ini. Penulis akan mencoba menjabarkan materi adverbial clause dengan sangat simple sehingga mudah untuk dipahami. Keep reading guys!!! Pengertian dan contoh adverbial clause dalam bahasa inggris.

Google Image - Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris
Google Image - Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris


Definition

Adverb adalah salah satu kelas kata yang difungsikan sebagai penjelas verb, adjective, adverb itu sendiri dan sentence. Adverb dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: adverb of manner (politely, well, hard, etc), adverb of place (above, upstairs, here, there, etc), adverb of time (now, next week, tomorrow, etc), adverb of degree (very, too, really, etc) and adverb of frequency (always, seldom, never, etc).

Beberapa adverb diakhiri dengan  (ly) seperti: quickly, softly, strongly, honestly, etc. akan tetapi tidak semua adverb diakhiri (ly) memiliki bentuk khusus seperti kata well, fast, never, often, still, etc. Beberapa adverb juga memiliki kesamaan bentuk dengan adjective seperti: late, fast, and hard. Adverb memiliki tiga posisi pada kalimat:

1. Front (before the subject)

Contoh: 
Soon, I will make my dream comes true.

2. Middle (between the subject and the main verb)

Contoh: 
I always pray to begin an activity.
She is always cheerful.

3. End (after the verb or the object)

Contoh: 
He walks fast.
He speaks English fluently.


Selain itu, adverb dibagi menjadi dua macam yaitu: one word adverb (here, there, often, etc) dan adverb phrase (in the house, behind the scene, once a week, etc). adverb memiliki peranan penting dalam kalimat. Dibawah ini adalah beberapa contoh kalimat berdasarkan fungsinya:


  • He had a party recently. (modify a verb)
  • She dances gratefully. (modify a verb)
  • That was a very beautiful moment. (modify adjective)
  • He is a highly motivated student. (modify adjective)
  • She speaks Germany very well. (modify adverb)
  • He walks very slowly. (modify adverb)
  • Finally, she decided to be an artist. (modify sentence)
  • Obviously, he is a big fan of Manchester United. (modify sentence)

Balik lagi ke pembahasan utama yaitu adverb clause. Adverb clause adalah anak kalimat (dependent clause) yang memiliki fungsi sebagai kata keterangan (adverb) dan memberikan informasi mengenai verb, adjective, atau adverb yang berada pada induk kalimat atau independent clause.

Baca Juga: Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris

Untuk membuat adverb clause ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Pertama, harus ada dua clause yang memiliki suatu hubungan seperti time, cause and effect, contrast, conditional dan manner)


  • He was sick.
  • He went to see the doctor. Cause and Effect

2. Kedua, gabungkan kalimat dengan pilihan subordinating conjunction yang sesuai dengan hubungan antara dua clause tersebut.


  • He was sick
  • and he went to see the doctor.

Ada beberapa jenis adverb clause berdasarkan fungsinya:

Adverbial clause of time
digunakan untuk menyatakan waktu.


  • My husband said that he will tell me as soon as he gets the result.
  • When I was scary, he came to accompany me.
  • When I was doing my homework, my sister came into my room.

Adverbial clause of place
 digunakan untuk menunjukkan tempat.


  • Whenever he goes, I will follow him.
  • She had no comment when I took the dress on the table.

Adverbial of manner
digunakan untuk menyatakan cara.


  • I don’t know what she did last night.
  • She asked me to learn how to make a cup of tea.

Pengertian dan Contoh Adverbial Clause dalam Bahasa Inggris - demikianlah ulasan lengkap tentang adverbial clause dalam bahasa inggris beserta contohnya . Penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi - materi bahasa inggris terutama tentang adverbial clause. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi untuk memahami materi adverbial clause dalam bahasa inggris. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para readers. See you soon……