Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure

Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure

Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure - Explanation Text is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation Text adalah sebuah text yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Tujuannya untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu  yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi. Seperti menjelaskan tentang bagaimana terbentuknya pelangi atau bagaimana proses terjadinya gempa bumi dan lain sebagainya. Biasanya explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan dari kata why dan how terhadap suatu fenomena yang ada. Sehingga pembahasannya berfokus pada fenomena yang terjadi bukan pada benda atau orang tersebut. Ciri dari explanation text adalah menggunakan simple present tense pada kalimat-kalimatnya.
 Google Image - Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure
Google Image - Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure

Readers, kali ini penulis akan membahas tentang contoh dari explanation text beserta generic structure–nya. Penulis menyajikan text tentang fenomena layang-layang terbang, atau dalam bahasa inggris disebut flying kites. Pada zaman dahulu, layang-layang digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan dilaut. Seiring berjalannya waktu, layang-layang dijadikan suatu permainan, bahkan menjadi suatu perlombaan yang seru. Keep reading guys, Check it out!!

Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites” dengan Generic Structure

Generic structure:

1. General Statement

Memberikan penjelasan umum tentang fenomena atau kejadian yang diangkat didalam text. Bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. Sequenced of explanation

Berisi tentang penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa atau benda secara berurutan. Bagian ini merupakan elemen utama dari explanation text, karena pada bagian ini menjelaskan point-point dari proses terjadinya suatu peristiwa yang dibahas pada teks tersebut.

Note: banyak orang mengira closing adalah salah satu generic structure dari explanation tersebut. Padahal itu merupakan bagian dari sequenced of explanation yang menjelaskan tentang satu cara terakhir atau proses terakhir dari sebuah peristiwa tersebut.

How is a Kite Flying?

  Kite is a game made of bamboo wrapped in paper or plastic and is played by flying in the wind. Usually kites are played in the afternoon and flown in the field. Kites have many shapes ranging from simple (triangle) to very complicated, dragon-shaped. Each region has a distinctive characteristic of its shape, such as in Bali, there is a kite called "Babean" that looks like a dragon-shaped. In the dry season is usually called kite season, because during the drought the wind was blowing harder on the usual and the kite requires the wind to fly. The faster the wind blows, the easier it will be to fly.

  Kites are flown in the wind. When the kite is flown into the air, the wind around the kite will split into two air streams. One of the air streams moves to the upper of kite that make the pressure of kite being low, and another moves to under the kite, that make a high pressure. The high pressure areas have pushing effect and low pressure areas have pulling effect. From the pushing and pulling, the kites can be lifted and flown in the air.


Terjemahan:

Bagaimana Cara Terbang Layang–Layang

  Layang–layang adalah permainan yang terbuat dari bambu yang dibungkus dengan kertas atau plastic dan dimainkan dengan cara diterbangkan dengan angin. Biasanya layang–layang dimainkan pada sore hari dan diterbangkan di tanah lapang. Layang–layang mempunyai banyak bentuk mulai dari yang sederhana (segitiga) sampai yang sangat rumit berbentuk naga. Disetiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda bentuknya, contohnya seperti di bali, ada sebuah layang–layang yang disebut "Babean" yang berbentuk seperti naga. Pada musim kemarau biasanya disebut juga musing layangan, karena pada saat kemarau angin bertiup lebih kencang pada biasanya dan layang–layang membutuhkan angin untuk terbang. Semakin kencang angin bertiup, maka semakin mudah untuk diterbangkan.

  Layang–layang diterbangkan menggunakan tiupan angin. Pada saat layang–layang diterbangkan ke udara, angin disekitar layang–layang akan terbagi ke dua aliran udara. Yaitu satu aliran udara bergerak diatas layang-layang membuat tekanan layang-layang menjadi rendah, dan satu lagi ke bawah layang-layang menghasilkan tekanan tinggi. Daerah tekanan tinggi memiliki sifat mendorong dan daerah tekanan rendah memiliki sifat menarik. Dari sifat mendorong dan menarik lah, layang–layang dapat terangkat dan diterbangkan di udara. 


Pembahasan lengkap explanation text “Flying Kites” dengan generic structure - Nah itu tadi, ulasan contoh text explanation singkat dan contonya about "Flying Kites" dalam Bahasa Inggris. Selanjutnya, penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua dan dapat diambil kesimpulan yang baik ya.. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi-materi bahasa inggris terutama tentang explanation text. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi cara membuat explanation text dalam bahasa inggris. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para readers. See you soon……



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top