Pengertian, Jenis, Contoh Affixes dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Jenis, Contoh Affixes dalam Bahasa Inggris -  Affixes adalah salah satu materi bahasa inggris yang harus dipahami oleh pelajar bahasa inggris, affix digunakan juga untuk membentuk kata baru dalam bahasa inggris, contohnya seperti kata “build” yang artinya “membangun” dan menempati kelas kata “verb”, saat ditambah dengan affix “ing”, maka menjadi building dan maknanya berubah menjadi “bangunan” yang artinya merubah pula kelas kata-nya menjadi “noun”. Dari contoh itu kita tahu bahwa affix menghasilkan kata baru. 

Pengertian, Jenis, Contoh Affixes dalam Bahasa Inggris
Google Image - Pengertian, Jenis, Contoh Affixes dalam Bahasa Inggris


Walaupun demikian, tidak semua affix bisa menghasilkan kata baru, karena kelas kata nya tidak berubah. Contohnya seperti pada kalimat “ she buys a pen” pada kalimat itu, kata buys berasal dari kata buy dan ditambah affix “s” dan setelah ditambah maknanya pun tidak berubah, affix tersebut hanya untuk melengkapi aturan grammar pada aturan membuat kalimat present dengan subject orang ketiga tunggal. Affix merupakan suatu elemen kata (huruf atau sekelompok huruf) yang ditambahkan didepan, dibelakang atau didalam sebuah root (stem) untuk menghasilkan kata baru dengan makna yang berbeda dari kata asalnya. Sama hal nya dengan bahasa Indonesia, bahasa inggris juga memiliki kata imbuhan yang dikenal dengan sebutan affix.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas topic tentang affix untuk membantu kalian yang belum paham tentang affixes. Melalui artikel ini, penulis akan mengulas materi lengkap tentang affixes meliputi pengertian, jenis, dan contoh affixes. Penulis akan mengulas selengkap mungkin dan semudah mungkin untuk dipahami oleh readers yang setia berkunjung di blog ini. Semoga artikel ini dapat dipahami dengan mudah oleh para readers. Keep reading ya… Pengertian, jenis, contoh affixes dalam bahasa inggris. 

Pengertian, Jenis, Contoh Affixes dalam Bahasa Inggris

1.Prefix

Prefix merupakan imbuhan (affix) yang diletakkan sebelum bentuk kata dasar atau bisa disebut root. Setelah root diimbuhi dengan prefix, maka tidak dapat diuraikan lagi untuk di modifikasi maknanya karena merupakan kata dari bentuk yang paling sederhana. Contoh: a-, anti-, be-, dis-, un-, im-, non-, il-, ex- (dislike, along, unbelievable, illegal, anti-lock, disable, important, exchange, impolite)

2.Suffix 

Suffix merupakan tambahan kata yang diletakkan setelah bentuk kata dasar, dan sama dengan prefix, kata yang sudah memakai suffix tidak bisa diuraikan lagi. Suffix dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
a. Derivational suffix : tidak hanya merubah makna kata tetapi juga kelas katanya (parts of speech).
  • Noun suffix : penambahan kata yang menyebabkan kata dasar menjadi noun. -acy, -age, -al, -an, -ian, -ance, -ancy, -ant, -ary, -ate, -ation, -dom, -er, -ess, -ful, -hood, -ive, -ment, - ness, -ship. Contoh dalam kalimat : “thankyou for your kindness”.
  • Verb suffix: penambahan kata yang menyebabkan kata dasar menjadi verb. -ate, -en, -er, -ify, -ize. Contoh dalam kalimat: “ the doctor socialize the danger of HIV AID”.
  • Adjective suffix: penambahan kata yang menyebabkan kata dasar menjadi adjective. -able, -less, -istic, -ish, -ful. Contoh dalam kalimat: “ he is jobless right now”.
  • Adverbial suffix: membentuk kata keterangan. -ly, -wise, -ever, -ward. Contoh dalam kalimat: “ she runs quickly”.


b. Inflectional suffix: imbuhan diakhir kata yang membentuk variasi secara grammar. Maka tidak merubah kelas kata dari root.
  • Plural noun and simple present tense: -s, -es. Contoh dalam kalimat: “ andi washes his car”.
  • Progressive verb: -ing, talk menjadi talking. Contoh dalam kalimat: “ I am talking about politic”.
  • Comparative and superlative: -er, -est. Contoh dalam kalimat: “ amy is taller than me”.
  • Simple past tense regular verb and past participle: -d, -ed. Contoh dalam kalimat: “ her named is widia”.

3.Infix

Infix merupakan imbuhan (affix) yang diletakkan didalam bentuk kata dasar atau root. Contoh: passers-by, sons-in-law.

Pengertian, jenis, contoh affixes dalam bahasa inggris - Nah itu tadi, ulasan lengkap tentang affixes dalam bahasa inggris, penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi - materi bahasa inggris terutama tentang affixes. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi untuk pemahaman tentang affixes. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih untuk para readers.