Pengertian, Jenis, dan Contoh Penggunaan Preposisi dalam Bahasa Inggris

Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris - Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh semua orang dari berbagai pendidikan, pekerjaan, bisnis dan lain lain. Mempelajari preposisi sangatlah penting untuk mengarahkan dimana tempat kita yang akan kita tuju, dan juga penggunaan waktu. Preposisi atau preposition dalam bahasa inggris adalah kata yang mengawali rangkaian preposional phrase.



Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris
Google Image - Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris

Untuk itu kita akan mempelajari penggunaan preposition didalam bahasa inggris yaitu Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris. Preposisi merupakan susunan kalimat dalam bahasa inggris atau kata yang mengawali rangkaian prepositional phrase. Mari kita bahas penjelasan lebih lengkapnya tentang preposition.

Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris

Definition of preposition 

Preposition is a word that comes in front of a noun or a pronoun and shows a connection between that noun or pronoun and some other words in the sentence.

Preposisi adalah kata yang datang sebelum kata benda atau kata ganti dan biasanya menghubungkan antara kata benda dan kata ganti dan juga beberapa kata didalam kalimat.Saat kalian membaca contoh dan mempelajari daftar kata-katanya, harus diingat kalau preposisi biasanya menyampaikan konsep seperti perbandingan, arah, tempat, kegunaan, sumber kepemilikan dan waktu.

Tipe of prepositions 

Terdapat tiga jenis preposisi dalam penggunaan in on at, yaitu place position, place dan preposition time. Masing masing akan dijelaskan dibawah ini:


1.  Preposition time 
preposition time ini digunakan untuk menjelaskan waktu. Preposition time is prepositon that used to explain time, such as date, year, months,  days, and o’clock. Preposition time adalah preposisi yang digunakan untuk menjelaskan period waktu seperti tanggal, abad, tahun, bulan, hari, jam. Untuk itu akan kami berikan masing masing dari kegunaan in, on, at.

  • In: preposition time ini digunakan untuk menejelaskan, tahun, dan abad. 
After gradution in 2019, i will marry.
Setelah lulus di tahun 2019, saya akan menikah.

  • On: preposition time ini digunakan untuk membahas, tanggal, bulan, hari.
we come in pare on july 03, 2017.
kami datang dipare pada tanggal 03 july 2017.

  • At: preposition time ini digunakan untuk menjelaskan, jam. 
i will meeting my friends at 9: 30 am.
saya akan bertemu teman saya pukul 9’30 pagi.


2. Preposition place 
Preposition place is preposition that used to explain place show where or someone was. There are kind of prepositions that used to explain preposition place. Preposition place yaitu preposisi yang digunakan untuk menunjukkan tempat dimana sesuatu atau seseorang itu berada. Terdapat tiga preposisi yang digunakan untuk membahas berbagai jumlah tempat.

  • In: yaitu untuk menjelaskan wilayah dimana anda berada.
We study in Kediri.
Kami belajar di Kediri.

  • On: yaitu digunakan untuk menjelaskan nama jalan. 
Our boarding house is on Flamboyan street.
Tempat kos kami ada di jalan flamboyan.

  • At: yaitu digunakan untuk menjelaskan alamat lengkap.
Reza’s address is at anugrah street no 38 Lampung.
Alamat Reza itu dijalan anugrah no 38 Lampung.

3. Preposition place position

Preposition place position is that used to explain the existance of an object or the existance of us who actually such as in “ didalam” on “ diatas” at “ disekitar”. Preposition place position yaitu digunakan untuk menunjukkan keberadaan suatu benda atau keberadaan kita yang sebenarnya seperti didalam, diatas, disekitar.
  • In: yaitu digunakan untuk menunjukan “didalam” yang mana  posisi suatu benda atau keberadaan kita berada. 
They are in the class.
Mereka berada didalam kelas.

  • On: yaitu digunakan untuk menunjukan “ diatas” suatu posisi keberadaan benda.

The cat sits on the chair.
Kucing duduk diatas kursi.

  • At: yaitu digunakan untuk menjelaskan “ disekitar” suatu posisi keberadaan benda.

The cat at the corner cupboard there are cat and dog at the TV.
Kucing disekitar pojok lemari ada kucing dan anjing disekitar TV.

Bagaimana setelah membacanya cukup jelas bukan tentang Pengertian, jenis, dan contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris? Setelah paham bisa kita aplikasikan dengan mudah dalam berbicara atau menulis dalam bahasa inggris bukan? Tentunya iya doongg..kurang lebih seperti itu pembahasan tentang pengertian contoh penggunaan preposisi dalam bahasa inggris. . karena preposisi sangat penting kita pelajari merupakan unsur dasar dalam pembuatan kalimat, kadang kita sering terbalik dalam penggunaan in, on, at nah untuk itu memudahkan kita dalam membuat kalimat sederhana dalam berbahasa inggris. Kunjungi terus www.katakatabijakbahasainggris.com dan temukan hal yang menarik tentang bahasa inggris semoga bermanfaat.