Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface

Kata bijak bahasa inggris dan artinya - Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface terbaik dan Artinya - Kata Pengantar adalah sebuah bagian penting didalam sebuah karya tulis seperti makalah, skripsi atau thesis. Tapi, kata pengantar juga sering dipakai pada sebuah buku.kata pengantar adalah kata-kata perkenalan untuk sebuah buku. “preface is an introduction to a book” begitu kalau kita baca di oxford dictionary atau kamus oxford. Sesuai dengan artinya yaitu pengenalan, di dalamnya Preface terdapat isi singkat mengenai buku  atau gambaran tentang isi makalah yang kita buat.  kata Pengantar sekadar mengulas isi buku dan sekilas mengenalkan jati diri penulis.

Meskipun hanya satu sampai dua lembar, Kata pengantar adalah bagian penting yang tak bisa melewatkan dari sebuah makalah. Karena makalah akan dirasa memiliki kualitas baik dan lengkap bila disertai dengan ucapan kata pengantar didalamnya dari penulis yang telah membuat makalah tersebut. Sesuai dengan namanya, kata pengantar adalah ucapan rasa syukur dan terima kasih serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnya. Umumnya terdapat kalimat pengharapan dan juga penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat. Dalam sebuah karya tulisan berbentuk buku, entah itu buku biografi, novel, buku pelajaran sekolah,  biasanya selalu terkandung kata pengantar di dalam buku tersebut.

Selain itu, kata pengantar digunakan untuk berbagai tujuan. untuk buku, karya ilmiah dan juga makalah atau tugas kuliah.  kata pengantar yang baik mempunyai susunan yang ringkas, mencakup poin-poin penting di dalam makalah, tujuan dibuatnya makalah,  dan ucapan terima kasih. Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian kata pengantar , namun dengan kata pengantar yang baik dan sebagai penulis yang profesional tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang di tulis dengan menyertakan kata pengantar yang baik. 

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface
Google Image - Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface


Selain itu, adanya kata pengantar juga memberikan kesan yang baik terlebih jika kata pengantar yang kita buat singkat padat dan jelas pasti pembaca akan menilai isi buku kita baik juga. sekedar saran untuk kalian yang ingin membuat kata pengantar sendiri, sebaiknya juga kita tidak bertele-tele dalam isi kata pengantar yang kita buat. semua yang ingin kita sampaikan lebih baik kita buat sesingkat mungkin namun tidak menghilangkan makna atau isi dari tujuan kita membuat makalah tersebut.

Hal yang perlu di ingat dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa yang baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca. Seseorang yang mahir merangkai kata biasaya akan menunjukan kalimat terbaiknya di kata pengantar. Untuk membuat kata pengantar yang baik, kita harus sering membaca ataupun belajar dari seseorang yang sudah sering menyusun dan membuat tulisan, supaya kata pengantar yang kita buat dapat kita rangkai dengan baik. 

Dalam menulis, kita harus sering membaca, karena biasanya inspirasi menulis di peroleh dari buku, namun kita juga dapat mencari kata-kata yang sesuai dengan isi kata buku yang kita tulis dari sumber lain seperti internet atau dari blog-blog seperti yang saya tulis ini. Ada beberapa hal penting dalam kata pengantar, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kata pengantar:

Sebaiknya kita menggunakan kata baku namun yang biasa di pakai di kata pengantar. Terdapat kata pembuka seperti pujian kepada tuhan dan penutup berupa ucapan terima kasih. Terdapat pula isi kata pengantar pada bagian terakhir yang di tutup dengan penyusun atau pembuat suatu makalah.

Berikut Ini adalah salah satu contoh preface atau kata pengantar singkat dalam bahasa inggris beserta artinya yang di gunakan sebagai kata pengantar dalam makalah yang berjudul The Use of Methaphore.


Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface Terbaik 


Preface

First of all, thanks to Allah SWT because of the help of Allah, writer finished writing the paper entitled “The Use of Methaphore” right in the calculated time.

The purpose in writing this paper is to fulfill the assignment that given by Mr. Bambang Irfani as lecturer in samantics major. 

in arranging this paper, the writer trully get lots challenges and obstructions but with help of many indiviuals, those obstructions could passed. writer also realized there are still many mistakes in process of writing this paper.

because of that, the writer says thank you to all individuals who helps in the process of writing this paper. hopefully allah replies all helps and bless you all.the writer realized tha this paper still imperfect in arrangment and the content.  then the writer hope the criticism from the readers can help the writer in perfecting the next paper.last but not the least Hopefully, this paper can helps the readers to gain more knowledge about samantics major.

                                                                        Bandar Lampung, November 29th, 2021


                                                                        author


Artinya


Kata Pengantar


Pertama-tama  penulis ucapkan rasa sukur kepada Allah SWT karena dapat menyelesaikan makalah yang berjudul  “The Use Of Methapore ”. Penulis juga berterima kasih kepada semua pihak yang membantu penulisan makalah ini.

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang  di berikan oleh Mr.Bambang Irfani selaku dosen mata kuliah samantic. 

Dan dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. penulis menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat dalam penulisan makalah ini.

Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari allah swt dan di kita semua berkahi allah.Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. maka dari itu penulis berharap kritik dari pembaca sekalian dapat membantu penulis dalam menyempurnakan makalah selanjutnya.akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah pengembangan wawasan tentang ilmu samantics.

                                                                       Bandar Lampung, 29 november 2021


                                                                       penulis



Pembahasan singkat Preface atau Kata Pengantar

1. Seperti yang saya tulis di atas sebaiknya kita menggunakan kata baku namun kata tersebut adalah kata yang familiar untuk para pembaca seperti: 

Bless (di berkahi), the writer (penulis), many indiviual (banyak pihak), process of writing (penulisan).

2. Terdapat kata pembuka seperti pujian kepada Tuhan, seperti:

“first of all, thanks to Allah SWT because of the help of Allah, writer finished writing the paper entitle ”The Use Of Methaphore “ right in the calculated time.” 

3. Terdapat isi dan tujuan pada kata pengantar atau preface. Contohnya:

“The purpose in writing this paper is to fulfill the assignment that given by Mr. Bambang Irfani as lecturer in samantics major” 

4. Penutup berupa ucapan terima kasih dan doa untuk para pembaca dari penulis. contoh:

“, the writer says thank you to all individuals who helps in the process of writing this paper. hopefully Allah replies all helps and bless you all.” 

5. Terakhir di tutup dengan penyusun atau pembuat suatu makalah, contohnya:

Bandar Lampung, November 29th, 2021
author


Nah, itu tadi Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris atau Preface terbaru 2015 Beserta Artinya. Semoga tulisan diatas dapat membantu sobat dalam menyelesaikan tugas membuat makalah, semoga anda bisa lebih paham dalam membuat kata pengantar. Jangan lupa baca juga Contoh Narrative Text Snow White and 7 Dwarfs dalam Bahasa Inggris dan Artinya. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com untuk temukan hal menarik seputar dunia bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata mutiara dan masih banyak lagi. Jika ada salah, mohon maaf, terima kasih.

Related Posts