Daftar Materi Grammar Tes TOEFL yang Sering Diujikan

Daftar Materi Grammar Tes TOEFL yang Sering Diujikan - Dalam Memahami TOEFL, kita perlu belajar Materi tes TOEFL Grammar yang selalu terdapat dalam bagian Structure dan Written Expression. Sebenarnya ada tiga bagian tes TOEFL, salah satu bagiannya ialah untuk menguji kemampuan tata kebahasaan atau grammar kita.

Daftar Materi Grammar Tes TOEFL yang Sering Diujikan
Daftar Materi Grammar Tes TOEFL yang Sering Diujikan

Banyak sekali di Internet Materi grammar TOEFL lengkap pdf untuk pemula 2022 secara gratis. Kesempatan kali ini akan berbagi konsep dan materi toefl structure and written expression dari toefl untuk pemula. Materi grammar adalah mirip belajar structure sentence dan materi grammar TOEIC.

Adapun hal yang perlu dipahami dalam materi grammar pada test toefl yaitu memahami topics, tips dan melihat rujukan dari berbagai review.


Cara Mudah Belajar Materi Tes TOEFL Grammar

Kalian bisa mulai untuk memahami materi berikut ini secara baik dan benar sebelum mencari dan menyusuri Internet terkait Tips dan Trick mengerjakan tes TOEFL.


1. Penggunaan Main Verb

Syarat utama sebuah kalimat Bahasa Inggris adalah adanya sebuah Subjek dan Main Verb (Kata Kerja). Jadi, kita perlu banget paham tentang bagaimana bentuk dari main verb atau kata kerja itu sendiri.

Contoh Penggunaan main verb:

Indonesia has an indicator of medium rate of productivity. (Indonesia memiliki indikator produktivitas medium)

Dari contoh kalimat diatas, kita bisa melihat penggunaan kata (Has) yang bermakna "memiliki". Kalau tidak ada kata tersebut, bisa dipastikan kalimat tersebut akan rumpang atau tidak tepat.


2. To Infinitive

Infinitive adalah Verb atau kata kerja, jika kalian menggunakan kata kata tersebut, kita perlu menambahkan kata "To" setelahnya. Adapun contohnya adalah seperti kata allow, propose, want.

Contoh kalimat To Infinitive TOEFL: 

I want to tell you about my future plan. (Aku ingin memberitahu kamu tentang rencana masa depanku.)

Berdasarkan contoh tersebut, kita bisa memahami bahwa struktur verbnya ialah: Verb + To + V1


3. Gerund

Gerund bermakna pengguanaa Kata kerja atau verb yang diikuti oleh verb lainnya. Jadi, kita harus merubahnya menjadi bentuk V-ing. Contoh kata katanya seperti: Finish, Resist, Avoid, Fancy, Enjoy, Prevent, dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh Kalimat Gerund dalam TOEFL: 

They have finished doing the art project from yesterday. (Mereka telah selesai mengerjakan proyek seni dari kemarin)

Berdasarkan contoh kalimat diatas, kita bisa melihat struktur dari kalimat verb di atas adalah Verb + Verb-ing.


4. Past Custom

Dalam bahasa inggris, kita sering menggunakan Past Custom. Mungkin tidak sadar ya, penggunaan past custom merupakan kebiasaan yang pernah dilakukan dimasa lalu, namu kebiasaan itu sudah tidak terjadi lagi. Nah, biasanya menggunakan kata "Used to"

Contoh Kalimat Past Custom dalam TOEFL:

They used to drink caffeine before they lived here. (Mereka dulu meminum kafein sebelum mereka tinggal disini)

Berdasarkan contoh kalimat diatas, struktur kalimatnya selalu menggunakan Subjek, yang dilanjutkan dengan kata “Used to” dan juga verb word.


5. Conditional

Kalimat conditional merupakan kalimat pengandaian. Kalimat ini berfungsi sebagai cara untuk menyatakan sesuatu yang dapat terjadi atau bahkan tidak sesuai harapan. Terdapat Conditional sentence type 1 sampai type 3.


Tips dan Strategi Khusus dalam Mengerjakan Soal Grammar TOEFL

Tetap fokus dengan mencari yang mana Subjek dan yang mana Verb atau kata kerja. Nah, kata kata ini biasanya disebut sebagai Subject Verb Agreement. Nah, ternyata penggunaan kata kata itu bisa menjadi indikator apakah kita bisa menemukan yang mana Subject dan yang Mana Verb. 

Kita juga perlu mencari tahu yang mana subject singular dan plural. Karena, jika kita menggunakan subject tunggal/singular, maka kata kerja nya juga harus tunggal/singular. Begitu juga sebaliknya, jika subjek menggunakan kata plural, maka kata kerja juga plural. Jangan lupa pelajari penggunaan part of speech dalam bahasa inggris agar lebih mendalami bahasa inggris secara mendasar.


Nah, itulah tadi Daftar Materi Grammar Tes TOEFL yang Sering Diujikan. Pelajari bahasa inggris dengan lebih mendalam agar kalian bisa mendapatkan nilai TOEFL yang kalian inginkan. Semoga bermanfaat, terimakasih telah mengunjungi katabijakbahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.