Contoh Percakapan Menanyakan Arah Direction Bahasa Inggris

Contoh Percakapan Menanyakan Arah Jalan Direction Bahasa Inggris - tulisan kali ini, kita akan membahas cara memberitahu dan bertanya tentang arah jalan. Dalam pelajaran bahasa inggris disebut dengan asking and giving direction. Dengan begini, kalian bisa mulai untuk bertanya dan menjawab terkait mau ke arah mana dan memberi tahu arah mana yang harus orang tersebut tempuh.

Contoh Percakapan Menanyakan Arah Direction Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Menanyakan Arah Direction Bahasa Inggris

Untuk lebih mudah memahami cara menanyakan arah dengan mudah, telah kami siapkan beberapa dialog atau conversation bahasa inggris lengkap dengan artinya untuk kalian. Yuk, disimak semoga bermanfaat! 

Contoh Percakapan Menanyakan Arah Direction Bahasa Inggris

Dialog Bahasa Inggris 1

Jenny: Rose, is there any cafetaria or foodcourt near here? (Rose, apakah ada kantin atau pusat makanan di dekat sini?)

Rose: Yes, there are three places, actually. (Ya, tersedia tiga tempat lho.)

Jenny: Could you tell me the best place for eating noodle? I am really hungy. (Bisakah kamu menunjukkan padaku letak tempat terbaik untuk makan mie? Aku benar benar lapar nih.)

Rose: Are you  really hungry? (Apakah kamu laper banget?)

Jenny: Yes, of course. I didn’t take a breakfast this morning. (Ya, tentu saja. Aku tidak sarapan tadi pagi.)

Rose: Okay, the place is in the third floor. You can take that elevator first to go to there. Then, you can get out of the elevator, turn right, it’s at the end of the hall. It’s a small cafetaria. You can find a noodle shop there. (Oke, tempatnya di lantai tiga. Anda bisa naik lift itu dulu untuk pergi ke sana. Kemudian, Anda bisa keluar dari lift, belok kanan, itu di ujung lorong. Ini kafetaria kecil. Anda dapat menemukan toko mie di sana. )

Jenny: Thank you so much, Rose. Do you want something? (Terima kasih banyak ya, Rose. Kamu mau sesuatu?)

Rose: No, I’m not hungry, Jenny. Thanks. (Nggak usah, Aku tidak lapar Jenny. Makasih.)


Conversation 2 orang singkat 2

Umay: Aaron, have you ever been to Jl. Semangka? (Aaron, kamu pernah ke Jl. Semangka?)

Aaron: Of course. I go there almost everyday to hunt traditional foods. (Tentu saja. Aku pergi ke sana hampir setiap hari lho untuk berburu makanan tradisional.)

Umay: That’s my plan! I will hunt some popular food next weekend! But, I don’t know how to get there. (Rencanaku juga begitu! Aku akan berburu makanan yang terkenal akhir pekan ini! Tapi, aku nggak paham arah ke sananya.)

Aaron: How do you go there? (Kamu mau ke sana naik apa?)

Umay: By using my motorcycle with my girl friend. (Naik sepeda motorku bersama pacarku.)

Aaron: Wow, amazing! Do you know the Pakuwon mall? (Wow, menakjubkan!. Kamu tahu mal Pakuwon nggak?)

Umay: Yes, I think I know how to get there. (Tahu, aku pikir aku ingat arah jalan ke sana.)

Aaron: This place is actually very near Pakuwon Mall. You can get there first then there are two streets heading to the same direction after the Pakuwon mall, right? Do you remember? (Nah, Jl. Semangka sebenarnya dekat banget sama Mall Pakuwon lho. Kamu ke sana dulu ya, lalu jalan di dekat sana kan terbagi jadi dua ke arah yang sama, kan? Kamu masih ingat nggak?)

Umay: Ah, yes really remember it! It leads up to near Tugu Pancoran, right? (Oh, iya sangat inget aku! Jalannya menuju ke Tugu Pancoran, kan?)

Aaron: Yes, that's too far from Jl. Semangka. Near the Pakuwon mall take the left line. Then, just keep going until you find a police station, then turn right. Then just keep going and at the end of that street, you will arrive at Jl. Semangka. (Ya, itu terlalu jauh dari Jl. Semangka. Dekat mal Pakuwon ambil jalur kiri. Kemudian, terus saja sampai menemukan kantor polisi, lalu belok kanan. Kemudian teruskan saja dan di ujung jalan itu, Anda akan sampai di Jl. Semangka.)

Umay: That’s it? Is it the best way to go to Jl. Semangka? (Begitu saja? Itukah jalan terbaik menuju Jl semangka?)

Aaron: Yes, then you can ask teh citizen or try to find the food court that you like. You also won’t miss it. It’s spread along Jl. Semangka. (Ya, kalau begitu kamu bisa bertanya ke warga atau coba cari food court yang kamu suka. Kamu pasti tidak ketinggalan. Soalnya tersebar di sepanjang Jl. Semangka..)

Umay: Wow, thanks, Umay! I’m glad get the direction from you. (Wah, terima kasih, Umay! Saya senang mendapatkan arahan dari kamu.)

Aaron: You’re welcome. (Sama-sama ya.)


Vocabulary untuk membuat percakapan sendiri

Sebenarnya terdapat sekali bentuk pertanyaan untuk menanyakan arah, biasanya gunakan pertanyaan seperti berikut ini:

  1. Can/Could you tell me how to get to…
  2. Can/Could I ask you how to get to…
  3. Do you know how to get to…
  4. I was wondering if you can show me how to get to…
  5. I was wondering if I could ask you how to get to…


Sedangkan untuk menjawabnya pertanyaan terkait direction/arah jalan, kalian bisa menggunakan kosakata berikut ini ya. Misalnya seperti:

  1. It’s on your left/right (Ada di sebelah kiri/kananmu)
  2. Keep going (Jalan terus, terus saja)
  3. Take a U-turn (Putar balik)
  4. Turn left/right (Belok kiri/kanan)
  5. Take a left/right turn (Belok kiri/kanan)
  6. You won’t miss it (Pasti terlihat, mudah ditemukan, kamu pasti menemukannya)


Contoh Percakapan Menanyakan Arah Jalan Direction Bahasa Inggris - Nah, itulah sedikir penjelasan singkat namun lengkap terkait contoh percakapan menanyakan arah atau direction bahasa inggris yang berfungsi menanyakan tempat. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi katabijakbahasainggris.com.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.