Contoh Artikel Bahasa Inggris dan Artinya dengan Beragam Topik dan Penjelasan

Contoh Artikel Bahasa Inggris dan Artinya dengan Beragam Topik dan Penjelasan - Jika kamu sedang mempelajari bahasa inggris, pasti ada waktunya muncul pembahasan mengenai contoh artikel bahasa inggris. Artikel akan mulai menjadi pembahasan ketika seseorang sudah bisa membuat kalimat yang rapi dan bagus dalam mempelajari bahasa apapun itu. Untuk mempermudah proses belajar, menemukan contoh artikel berbahasa inggris adalah tips berlajar yang paling berguna karena contoh tersebut bisa menjadi acuan untuk Study.

Contoh Artikel Bahasa Inggris dan Artinya dengan Beragam Topik dan Penjelasan
katabijakbahasainggris.com - contoh artikel bahasa inggris dan penjelasan

Artikel bisa meliputi berbagai bidang, mulai dari artikel tentang teknologi, psikologi, kesehatan hingga topik atau tema pendidikan. Artikel dalam berbagai bidang ini tentu memiliki karakteristik dan aturan penulisannya, dan ini menjadi hal yang harus dan wajib untuk dipahami. Sebelum membahas lebih jauh, Lebih baik bila kita memahami pengertian dari teks artikel terlebih dahulu biar lebih nyambung tentunya.


Pengertian Artikel Bahasa Inggris dan penjelasan

Secara umum, artikel bisa disebut juga sebagai suatu karya tulis yang dibuat untuk menyampaikan gagasa, opini atau ide. Karena ini tentang gagasan penulis, artikel harus didasarkan pada suatu kondisi yang mengacu pada suatu fakta atau kenyataan. Namun, isi dari artikel ini bisa beragam topik tergantung keinginan si penulis.

Ada artikel tentang kesehatan, artikel tentang olahraga, dan topik lainnya. Panjang artikel pun beragam, dan tulisan singkat pun bisa saja masuk dalam kategori artikel.


Ciri-Ciri Artikel

Memang benar bahwa tulisan singkat pun bisa menjadi bagian dari artikel. Hal ini selama tulisan tersebut menyampaikan gagasan dan mencakup suatu konteks tertentu. 

Dalam hal ini, beragam contoh artikel dalam bahasa inggris dan bahasa lainnya memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.

Isi dari artikel harus berdasarkan pada suatu fakta. Umumnya, suatu artikel memang dibuat berdasarkan keresahan atau tanggapan atas suatu kondisi tertentu, misalkan tentang masyarakat, dan lain sebagainya.

Artikel memiliki sifat informatif. Dengan demikian, ini tak sekedar menyampaikan pendapat saja, tapi juga kondisi yang ada atau data tertentu.

Artikel dibuat dengan bahasa resmi. Walau di dalamnya bisa saja terdapat sinonim bahasa inggris dan penerapan aspek bahasa lainnya, konteks bahasa yang digunakan tetap haruslah bahasa resmi.


Jenis-Jenis Teks Artikel

Dari banyak artikel berbahasa inggris yang bisa anda jumpai di Internet, ada jenis-jenis teks artikel tersebut. Ini bukanlah tentang topik, tapi lebih pada bentuk penulisan dan penyampaian dari isi yang ingin dibahas.

Artikel eksposisi adalah tipe artikel yang menyampaikan pengetahuan dan informasi secara runtut. Biasanya, jenis artikel ini bisa dilengkapi dengan gambar dan grafik yang bersifat data. Misalkan itu adalah artikel tentang makanan, tentu perlu ada ilustrasi yang mendukung sebagai bahan untuk menjelaskan lebih detil.

Artikel argumentatif adalah artikel yang bisa dibilang cukup umum. Jenis ini memang secara khusus dibuat untuk menyampaikan suatu pendapat atas kondisi atau fakta tertentu secara baik dan simpel.

Artikel persuasi adalah teks yang sering dijumpai karena mirip teks persuasi. Artikel ini dibuat untuk mempengaruhi pembaca artikel. Pembuatan artikel seperti ini sekaligus bisa menjadi prospek kerja sastra inggris yang mana sudah terbiasa dengan gaya penulisan artikel yang sangat bagus.


Struktur Suatu Artikel

Secara umum, teks artikel memang berupa alat untuk mengemukakan pendapat. Namun, tak jarang tulisan berupa berita atau laporan wawancara pun bisa masuk dalam kategori artikel, misalkan saja wawancara atau berita tentang musik yang biasanya mengisi kehidupan kita sehari hari.

Secara khusus untuk argumentative text atau Artikel Argumentatif, ada struktur umum yang patut diketahui agar nantinya pembahasan pun tetap mengalir, baik itu dalam suatu artikel yang panjang atau singkat.

Tesis menjadi bagian pertama dari struktur artikel. Ini merupakan bagian yang berisi penjelasan atau deskripsi masalah yang terjadi, serta pandangan umum dari penulis.

Argumentasi adalah bagian inti. Ini didasarkan pada tesis yang dibawa dalam suatu artikel. Ini merupakan alasan-alasan atau penjelasan yang mendalam dari masing-masing ide serta argumen yang dimiliki. Penegasan ulang menjadi bagian akhir. Selain berupa kesimpulan, ini menekankan kembali ide utama dari penulisan artikel tersebut.


Tips Membuat Artikel Sederhana

Adanya banyak artikel berbahasa inggris bisa menjadi bahan acuan atau referensi. Selain itu, ada juga beberapa tips yang bisa digunakan untuk memulai membuat artikel sederhana agar mulai terbiasa. adapun tipsnya sebagai berikut:

1. Membaca banyak artikel di media massa dan sumber referensi lainnya. Ini berguna agar seseorang terbiasa dengan alur dan cara penulisan suatu artikel.

2. Pada tahap pembuatan artikel, sebaiknya itu dimulai dengan menyebutkan hal apa saja yang akan ditulis, dan kemudian dimasukkan dalam struktur tulisannya. Ini seperti membuat suatu kerangka tulisan dan ini akan sangat berguna.

3. Karena menggunakan bahasa inggris resmi, ada baiknya bila nantinya ada orang lain yang bisa membantu mengecek artikel yang sudah dibuat agar lebih maksimal.

4. Gunakan adjective order dan hal pendukung lainnya akan sangat diperlukan untuk membuat teks menjadi lebih maksimal. Suatu adjective order adalah aturan penyusunan beberapa kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan kata benda tertentu.


Contoh Artikel Bahasa Inggris dan Artinya dengan Beragam Topik 

Contoh Artikel Bahasa Inggris Mengenai Pendidikan

Untuk pembahasan tentang contoh artikel bahasa inggris, memang ada banyak topik yang bisa dibicarakan. Salah satunya adalah artikel tentang pendidikan. 


Education during Pandemic

During pandemic of COVID-19, class activity and learning process are conducted by using online method. Unfortunately, students and parents, especially those who are in elementary schools, are not satisfied with the learning process. There are some reasons that make it happen.

First, students and parents are not ready with the sudden changes in its learning process. Secondly, some families have problems in providing devices and supporting environment for online learning.

Then, most teachers cannot teach the students effectively by using online method. Based on these reasons, it is better to reopen the school. Moreover, most teachers are already vaccinated. Thus, learning process can return to its normal condition gradually.

Artinya:

Pendidikan dimasa pandemi

Selama pandemi COVID-19, kegiatan kelas dan proses belajar dilakukan secara online. Sayangnya, siswa dan orang, khususnya mereka yang ada di sekolah dasar, tidak merasa puas dengan sistem pembelajaran ini. Ada beberapa alasan yang membuat hal ini terjadi.

Pertama, siswa dan orang tidak siap dengan perubahan mendadak dalam proses pembelajaran ini. Kedua, sebagian keluarga memiliki kesulitan dalam menyediakan perangkat dan lingkungan yang mendukung untuk pembelajaran online tersebut.

Lalu, sebagian besar guru tidak bisa mengajar secara efektif dengan metode online ini. Berdasarkan alasan ini, lebih baik bila sekolah kembali dibuka. Lebih lagi, sebagian besar guru telah divaksinasi. Dengan demikian, proses belajar bisa secara bertahap kembali normal.


Contoh Artikel Bahasa Inggris Mengenai Lingkungan

Flood Disaster

Indonesia becomes country that always has floods as its natural disaster. During rainy or wet season, some big cities will have flood and it is like regular disaster. Even, lately there were big floods in eastern area of Indonesia.

One of main problem is the lack of green area. Land and trees that become important factors in absorbing waters are replaced by buildings. In this case, government should make better actions to prevent worse flood disasters.  At least, there must be massive moratorium in new building construction. In addition, regulation about AMDAL should be made clear so there will be no chance for any parties to find the excuses.

Then, there should be revision in city planning in which green area must be prepared with proper calculation. Then, forest must be rejuvenated. By doing this way, cities and other areas will have better management of land for absorbing the water, and disaster can be prevented.


Artinya:

Banjir

Indonesia menjadi negara yang selalu dilanda banjir. Selama musim hujan, sebagian kota besar akan mengalami musibah banjir dan ini sudah seperti suatu bencana rutin. Bahkan, baru-baru ini ada banjir besar yang dialami oleh wilayah timur Indonesia.

Salah satu masalah utamanya adalah kurangnya area hijau. Tanah dan pohon yang menjadi faktor penting dalam peresapan air digantikan oleh bangunan. Dalam hal ini, pemerintah perlu membuat tindakan yang lebih baik untuk mencegah banjir yang lebih buruk lagi. Setidaknya, perlu ada moratorium untuk pembangunan gedung-gedung baru. Lalu, peraturan mengenai AMDAL perlu diperjelas lagi agar tidak ada celah yang bisa digunakan sebagai alasan.

Kemudian, perlu ada pembaharuan pada tata kota di mana area hijau harus dialokasikan dengan perhitungan yang matang. Ditambah lagi, hutan perlu dihijaukan kembali. Dengan melakukan ini, kota-kota dan area lainnya akan memiliki pengelolaan tanah yang lebih baik lagi untuk menyerap air, dan bencana bisa dicegah.


Contoh Artikel Bahasa Inggris Mengenai Global Warming

Global Warming

Global warming becomes serious issues on earth. Since early 2000, people and experts have been aware of the situation, and many actions were proposed to stop the global warming.

However, it still did not fully change the situation. In this case, every person is responsible to prevent the problem get worse. it can be started from personal actions. First, everyone must start planting two or three trees or plantation in their house. At least, they can stop the pollution in their living area. Next, use of electricity should be made more efficient. For example, keeping the lamps off during daylight becomes simple yet useful action. Then, choosing to use public transportation instead of private vehicle is good way to reduce the pollution.

When everyone can do these and others follow the action, the effects will be massive.


Artinya:

Pemanasan Global

Global warming menjadi isu serius di bumi. Sejak awal tahun 2000an, orang-orang dan para ahli telah sadar akan situasi ini, dan ada banyak aksi nyata yang sudah diusulkan untuk menghentikan pemanasan global.

Namun, hal ini masih belum sepenuhnya menghentikan pemanasan global tersebut. Dalam hal ini, setiap orang bertanggung jawab untuk mencegah situasi semakin memburuk. Ini bisa dimulai dari aksi personal. Pertama, setiap orang harus mulai menanam setidaknya dua atau tiga pohon atau tanaman  di rumahnya. Setidaknya, mereka bisa menghentikan polusi yang terjadi di lingkungan mereka. Lalu, penggunaan listrik harus dibuat lebih efisien. Misalkan saja, mematikan lampu di siang hari menjadi aksi nyata tapi berguna. Lalu, memilih untuk menggunakan transportasi publik daripada kendaraan pribadi menjadi cara bagus untuk mengurangi polusi.

Ketika setiap orang melakukan hal tersebut dan orang lain mengikutinya, tentu efeknya akan menjadi sangat besar.


Contoh Artikel Bahasa Inggris Mengenai Pendidikan Anak Di Usia Dini

Golden Age of Kids

Early age of kid becomes golden age. However, some parents are not aware of it, and they miss the best opportunity to educate their kids. In this case, there are some good points to improve the education during the golden age. Firstly, parents and kids should spend time together.

Instead of giving smartphone or tablet to the kids, it is better for parents to accompany them playing with toys and make interaction with them. This is a good way to help the kid improving their confidence and communication skills.

Then, parents should introduce some toys that stimulate their muscles and thinking. Playing with legos, colorful toys, and other stuff becomes good way to improve their basic skills that will be useful in the future. By doing this way, kids can get best moment and parents can also have more quality time to accompany their kids grow.


Artinya:

Masa Emas Anak Anak

Usia dini pada anak-anak menjadi masa keemasan mereka. Namun, sebagian orang tua tidak menyadari hal ini, dan mereka justru melewatkan kesempatan terbaik untuk mendidik anak mereka. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendidikan anak di usia dini. Pertama, orang tua dan anak harus lebih banyak menghabiskan waktu bersama.

Daripada sekedar memberikan gawai pada anak, lebih baik orang tua mendampingi anak mereka bermain dengan mainan dan menjalin interaksi. Ini merupakan cara tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan sekaligus melatih kemampuan komunikasi mereka.

Lalu, orang tua perlu memperkenalkan mainan yang bisa memberikan stimulus pada otot dan pemikiran mereka. Bermain dengan lego, mainan warna-warni, dan hal lainnya menjadi cara bagus untuk meningkatkan kemampuan dasar mereka yang akan berguna di masa depan. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan momen terbaik mereka dan orang tua bisa memiliki waktu berkualitas dalam mendampingi anak mereka bertumbuh.



Contoh Artikel Bahasa Inggris dan Artinya dengan Beragam Topik dan Penjelasan - Nah, itu tadi kumpulan penjelasan singkat terkait artikel bahasa inggris dan contoh dari berbagai topik tentunya. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus katabijakbahsainggris.com dan temukan hal menarik seputar dunia bahasa inggris. Terimakasih.

Sherly Tiara Diva
Sherly Tiara Diva Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.