Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris

Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris - Hallo readers, kali ini penulis membahas tentang question tag, native speaker lebih sering menggunakan question tag dalam percakapan sehari hari. Question tag digunakan untuk meyakinkan suatu kebenaran atau persetujuan. Dalam bahasa Indonesia question tag bermakna “kan, bukan, bukan kan, iya kan, yuk, dong”. Question tag juga termasuk salah satu materi yang ada pada pelajaran bahasa inggis. Untuk kalian yang sedang ingin memahami tentang question tag, jangan khawatir lagi karena sekarang hanya keep reading dan ….. yay!! Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris.

Google Image - Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris
Google Image - Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris


Question tag adalah pertanyaan singkat yang sering terdapat pada akhir sebuah kalimat dalam suatu percakapan dan terkadang dalam tulisan yang tidak remis atau informal writing yang digunakan untuk mengetahui atau mengecek jika sesuatu itu benar atau untuk meminta persetujuan (agreement). Selanjutnya, kita dapat menyimpulkan bahwa question tag adalah pertanyaan pendek yang berfungsi untuk menguatkan atau membenarkan kaliamat sebelumnya. Question tag memiliki aturan dan rumusan tersendiri dalam penggunaannya, yaitu:
Positive 
Linking V “be” / auxiliary V + pronoun 
Negative 
Linking V “be” / auxiliary V + not + pronoun

Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris


 1. Jika kalimat sebelumnya positif, maka question tag-nya negative.
  • Example:
She is beautiful, isn’t she? 
You are Meghan, aren’t you?

Note: dalam penulisan negative question tag, harus dengan cara disingkat (contraction) is not she? Isn’t she?



2. Jika kalimat sebelumnya negative, maka question tag-nya positive.
  • Example:
He is not a spider-man, is he?
You are not my enemy, are you?



3. Jika kalimat sebelumnya berupa larangan atau perintah baik positif atau negatif, maka question tag-nya menggunakan kata will you.

  • Example:

Do not cry, will you?
Open the door, will you?



4. Jika kalimatnya menggunakan kata kerja action, maka gunakan do/does.

  • Example:

Andi sells his shoes, doesn’t he?
They don’t make a cake, do they?



5. Jika subjectnya I am, maka question tag-nya menggunakan “aren’t I?”. Namun, jika subjectnya I am not, maka question tag-nya menggunakan “am I?”.

  • Example:

I am a famous singer, aren’t I?
I am not a famous singer, am I?



6. Jika kalimat sebelumnya menggunakan modals, maka question tag-nya menggunakan modals pula. Khusus untuk modal “have to” gunakan kata “do” untuk question tag-nya.

  • Example:

I can do it, can’t I?
She will come to my birthday party, will she?
They have to eat a pizza just now, don’t they?



7. Jika subjectnya people, those, these, somebody, everyone, everybody, nobody, no one, someone, maka gunakan they dalam question tag-nya.

  • Example:

Everyone wants to show you, don’t they?
Nobody hears me, do they?



8. Jika kalimat sebelumnya dimulai dengan kata let’s (kalimat saran/invitation), maka question tag-nya menggunakan shall we.

  • Example:

Let’s pray together, shall we?
Let’s go to school, shall we?



9. Jika subjectnya menggunakan kata this, that, something, nothing, everything, maka question tag-nya menggunakan it.

  • Example:

Everything is okay, isn’t it?
This book should not be borrowed to you, should it?



10. Jika kalimat sebelumnya menggunakan semi negative (yang mengandung arti negative), maka question tag-nya positif. Kata yg mengandung makna negative, seperti: seldom, hardly, no/not any, dislike, none, by no mean, rarely, neither, few/little, nothing, no one, nobody.

  • Example:

Anita dislike omelet, does she?
They never give me problem, do they?



11. Jika kalimat sebelumnya terdapat kata only, maka question tag-nya bisa menggunakan positif atau negative.

  • Example:

I only know your kindness, don’t I? or do I?


Contoh Question Tag dan Pengertiannya dalam Bahasa Inggris - Nah itu tadi, ulasan lengkap tentang questin tag dalam bahasa inggris, penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi-materi bahasa inggris terutama tentang question tag. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi untuk pemahaman tentang affixes. Akhir kata penulis ucakan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para readers.