Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping

Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping - Hi.. semuanya kembali lagi dengan saya, yang kali akan share tentang tips dan cara dalam mengajar Writing Bahasa Inggris menggunakan tekhnik Mind Mapping. Mind Mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berfikir seseorang dalam menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping adalah sebuah cara untuk mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak itu dapat bekerja dengan menonjolkan sisi kreativitas sehingga efektif dan mudah diPahami. 

Google Image - Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping
Google Image - Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping


Fungsi dari mind mapping itu sendiri adalah memudahkan penulis dalam mencatat sebuah materi, pemecahan masalah, perencanaan, menyajikan informasi dan juga pastinya meningkatkan kreativitas. Fungsi mind maping juga dapat membantu kita untuk belajar lebih cepat, konsentrasi, membuat rencana, mengingat dengan baik atau cepat menghafal, serta melihat gambaran keseluruhan. Konsep mind mapping itu sendiri berasal dari sebuah ide. Ide yang dihasilkan mampu menghasilkan pemecahan yang berarti sub-sub ide. Selanjutnya sub ide-ide tersebut yang akan terbentuk suatu pemahaman umum yang bisa dituangkan kita tuangkan dalam sebuah tulisan. nah.. disini saya akan memberi contoh mind mapping Bahasa Inggris.

Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping

Langkah – langkah membuat mind mapping :

  1. Mulailah dengan kertas kosong
  2. Gunakan gambar sebagai ide utama
  3. Gunakan berbagai pena berwarna untuk membedakan satu dengan yang lainnya
  4. Buatlah sebuah satu konsep yang mendukung ide lainnya
  5. Buatlah garis hubung atau cabang–cabang ke pusat ide tersebut
Writing is the language use to express and to communicate with others by the text. Students are expected to covey their ideas, feeling, and knowledge in written language. When someone learns a second language, he learns to communicate with each other. It can be done by understanding them, talk to them and read what they have written and write to them. In relation to the point above, the purpose of writing is more than only to teach someone to convey ideas the readers. There are some additional, and very important reasons why writing is needed in teaching learning process.

Mind mapping was invented by a leading author and lecturer on learning and thinking techniques. The concept of Mind Mapping is a way getting your ideas together. If you have to construct a spoken or written piece of text, you can use mind mapping to help you organize the structure of your piece. 

Here is a tips to make mind mapping in writing:

  1. Find the important point in sub bab
  2. Make sure if the tools is complete
  3. Write the first topic
  4. Make line for every topic
  5. Use the different color for every topic
  6. Using one word or phrase

Here is the way to make mind mapping:

  1. On a piece of paper, write down all your ideas about your topic as they come to you
  2. In the center of a page, write your topic
  3. Using what you write on your first piece of paper, work out the main ideas
  4. Draw lines for your topic for each of your main ideas
  5. Under each main ideas list the other ideas the relate to it, these become the sub points
  6. Finally on your relevant main ideas for use in your text (what will come, first, second, third and soon).


A mind map can help someone to construct a written text. Your main ideas can become your paragraph. Begin each paragraph with a topic sentence. That will preview the ideas to your audience. Your sub-points can be use in paragraph more details. 
Tips dan Cara Mengajar Writing Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Mind Mapping - Nah.. Itu tadi pembahasan tentang mind mapping dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, dengan pembahasan tersebut semoga mudah dipahami dan dapat bermanfaat buat kalian semua. Cukup mudah kan membuat mind mapping, pada intinya mind mapping itu adalah cara kita untuk menuangkan ide dalam bentuk sub-sub ide yang dikembangkan dalam sebuah tulisan ataupun gambar. Beberapa langkah, cara dan tips-tips nya juga sudah di jelaskan. Cukup mudah kan? Pembahasan menarik tentang Bahasa Inggris lainnya kalian bisa kunjungi www.katabijakbahasainggris.com karena di situ ada hal–hal yang gak kalah keren dan pastinya tentang hal–hal terupdate. Terimakasih...

Related Posts