Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan)

Kata Bijak Bahasa Inggris dan ArtinyaCara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan) - Speaking merupakan salah satu skill didalam bahasa inggris yang wajib untuk dipelajari. Hal tersebut wajib karena pada dasarnya bahasa adalah untuk berkomunikasi secara tulisan maupun lisan. Untuk tulisan, biasanya kegiatan komunikasi tersebut bersifat tidak langsung. sedangkan lisan bersifat langsung. Didalam kehidupan sehari hari kita lebih sering bertemu dengan orang lain jadi kita perlu berkomunikasi secara lisan. Kemampuan berkomunikasi secara lisan disebut juga sebagai speaking skill.  Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, tentu saja penggunaan bahasa tidak hanya dalam bahasa indonesia juga, tapi dalam bahasa inggris juga.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan)
Google Image - Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan)


Tentu saja bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris lebih lanjut harus menguasai speaking dengan baik dan benar. Namun, pasti anda bingung. Bagaimana cara mudah untuk belajar speaking  yang baik dan benar? tips dan triknya bagaimana?. Oke, pada kesempatan kali ini saya akan membertikan beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan) yang bisa anda gunakan sebagai langkah mudah belajar bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan)

1. Mencari Native Speaker

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa inggris dengan biak dan benar, bisa mencari native speaker atau orang orang asing yang sedang berkeliaran disekitar anda. Tentu saja hal tersebut bisa memberikan efek yang besar bagi anda karena memang pada dasarnya bahasa inggris membutuhkan penutur kata yang asli agar lebih mudah sesuai dengan kebenarannya. 


Anda bisa mencari native speaker di dekat anda, lalu anda bisa mulai bercakap cakap dari kata kata paling awal seperti 'how do you do' dan mulai bertanya tanya tentang identitas dan sebagainya. Dengan begitu anda akan mendapatkan feedback. Lambat laun, anda pun terbiasa mendengarkan kata kata yang biasa diucapkan oleh mereka sehingga anda bisa mengikuti kata kata yang biasa diucapkan oleh mereka.

2. Dengar Irama dalam Berbicara

Ketika anda sedang bersama native speaker, atau sedang mendengarkan percakapan melalui sebuah video atau suara,  anda perlu memperhatikan irama yang sedang mereka mainkan. Irama maksudnya? irama disini berarti penekanan (Stress), pelafalan (pronunciation), dan kelancaran (fluency). Hal ini tentu saja sangat penting bagi anda yang ingin melakukan eksperimen yang akan menunjang cara belajar anda.

Kita mulai dari stress atau penekanan. Disini anda perlu melihat sisi dimana anda perlu melihat bentuk stress dalam suatu kalimat yang mereka gunakan. Misalnya, ketika mereka sedang berbicara untuk menanyakan sesuatu, tentunya mereka pasti akan berakhir dengan penekanan yang tinggi. Hal ini tentu saja akan memberika efek bertanya dan rasa ingin tahu yang lebih serius.

Lalu pelafalan yang mereka gunakan bagaimana. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa inggris memiliki tulisan yang dibaca berbeda. Ya, memang, hal ini memang berbeda dengan bahasa indonesia yang sesuai dengan tulisannya. Jadi anda perlu mendengarkan kata tersebut dengan baik, lalu mempraktikkannya.

Kelancaran sangat penting, jadi dengan  mendengarkan irama dari native speaker, anda harus bisa menggunakan kelancaran seperti mereka. Dengan kata lain ketika anda ingin lancar, maka anda harus mengulang ulang kata kata dari native speaker.

3. Gunakan Bahasa Inggris setiap hari setiap waktu

Nah yang ini tidak kalah penting, anda perlu mempertimbangkan bahwa ketika anda ingin bisa berbahasa inggris baik speaking monolog atu dalam percakapan, anda perlu menggunakan bahasa tersebut sesering mungkin. Karena memang, bahasa merupakan kebiasaan. Jadi, ketika anda terbiasa anda akan lebih baik dan lebih baik lagi. Oleh sebab itu anda perlu menghadirkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari hari.

ketika anda sedang sendiri anda bisa menggunakan cermin untuk berlatih speaking dan yang lainnya. atau mungkin anda bisa berencana membuat sebuah runtutan cerita hari itu dan berusaha untuk menceritakan kepada orang lain. Dengan begitu anda akan mampu untuk memberikan sessuatu yang baik untuk kemampuan berbahasa inggris anda khususnya speaking.

Anda bisa bernyanyi dengan bahasa inggris. Belajar bernyanyi menggunakan bahasa inggris tentu akan memberikan efek yang besar bagi anda agar terbiasa untuk mengucapkan kata kata dalam bahasa inggris dengan baik dan terus menjadi lebih baik lagi.


Nah itu tadi Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Speaking Skill (Berbicara dan Percakapan) yang bisa saya sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Baca juga Tips Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Writing Skill (menulis bahasa inggris) dengan Baik yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda dalam menulis dalam bahasa inggris. Kunjungi terus katabijakbahasainggris.com karena kami akan menghadirkan kata kata bijak, kata mutiara, kata motivasi, dan kata lucu yang terbaru dalam bahasa inggris serta cara mudah belajar bahasa inggris yang dapat membantu anda dalam belajar bahasa inggris dengan lebih mudah dan cepat. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.