Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya - Hai guys, apakah kalian tahu materi apa yang akan kita bahas pada kesempatan pagi ini? yak, benar sekali, materi yang akan kita bahasa kali ini yaitu materi inversion sentence, tapi apakah kalian tahu apa itu inversion sentence? mungkin ditelinga sebalian kalian sudah tidak asing lagi ya, karena inversion sentence dalam pelajaran Bahasa Indonesia tidak jauh berbeda sebutannya yaitu inversi. 

Inversion sentence dalam bahasa Inggris lebih menekankan pada penguasaan grammar seseorang, karena apa? karena pada inversion sentence disini kita akan belajar bagaimana cara membolak-balik suatu kata dalam sebuah kalimat tanpa harus mengubah artinya dan tentunya juga harus menggunakan aturan yang sudah dibentuk. 
Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Google Image - Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Nah, kalian pasti penasaran bukan apa sih pengertian inversion sentence dalam bahasa Inggris dan artinya. Oke, kita langsung saja yuk simak penjelasannya dibawah ini sama-sama ya! 😊

Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya

A. Pengertian Inversion Sentence

Inversion sentence is a name for reversing the pattern of a sentence in English, where the subject and predicate are in different positions from the original position without changing the meaning.

Kalimat inversion adalah sebuah nama untuk pembalikan pola suatu kalimat dalam Bahasa Inggris, dimana subjek dan predikat berada dalam posisi yang berbeda dari posisi semula tanpa mengubah maknanya.

Ada beberapa hal yang harus diketahui dan dikuasai dalam membuat inversion sentence dalam bahasa inggris. Berikut terdapat 8 aturan inversion sentence dalam bentuk kalimat:

1. Kalimat pertanyaan (question)

Dalam inversion sentence ini digunakan dalam bentuk kalimat pertanyaan (question) atau interrogative sentence) yang merupakan sebuah pertanyaan dalam bahasa Inggris yang membutuhkan sebuah jawaban. 

Contoh:
  • She can speak Spanish? (Dia bisa berbicara bahasa Spanyol?).
Menjadi
  •  Can she speak Spanish? (Bisakah dia berbahasa Spanyol?).
2. Kalimat negative expression 

Dalam inversion sentence ini digunakan dalam bentuk kalimat negative expression atau kalimat penegas atau penekan.  

Contoh:
  • She had seldom made such mistakes (Dia jarang melakukan kesalahan seperti itu).
Menjadi
  • Seldom had he made such mistakes (Jarang dia membuat kesalahan seperti itu).
3. Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali dengan sebuah kata tertentu. Kata tertentu yang dimaksud seperti: few (Sedikit), such (Seperti), so (sehingga), little (Sedikit/kecil), great (luar biasa) dan lain sebagainya.
  • She little realizes that the danger she is in now (Dia sedikit menyadari bahwa dia sekarang berada dalam bahaya).
Menjadi
  • Little does she realize the danger she is in now (Sedikit dia menyadari bahwa dia sekarang berada dalam bahaya).
4. Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali dengan sebuah kata tertentu Kata tertentu yang dimaksud seperti: only (hanya), not only (tidak hanya), adverb of time sperti (after/sesudah, now/sekarang, then/lalu, once/sekali dan lain sebagainya)

Contoh:
  • She has only now admitted her guilt (Dia baru saja mengakui kesalahannya)
Menjadi
  • Only now has he admitted her guilt (Baru sekarang dia mengakui kesalahannya)
5. Kalimat prepositional phrase expressing place

Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali dengan sebuah ungkapan suatu tempat atau frase kata depan yang digunakan untuk menyatakan suatu keterangan suatu tempat (Prepositional phrase expressing place).

Contoh:
  • Around the corner is Lala’s office (Di sudut adalah kantor Lala).
Menjadi
  • Lala’s office is around the corner (Kantor Lala ada di ujung jalan).
6. Kalimat keterangan tambahan (adverb)

Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali oleh beberapa kata keterangan tambahan (adverb) tertentu yang disususn serangkaian dengan kata tertentu.
  • The sailors went a way (Para pelaut pergi jalan).
Menjadi
  • Away went the sailors (Pergi para pelaut)
7. Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali dengan bentuk inversion dan dapat juga digunakan dalam bentuk ellipsis.
  • Riski decided to leave soon, and so I did (Riski memutuskan untuk segera pergi, dan aku pun melakukannya)
8. Kalimat pengadaian (conditional sentences)

Dalam inversion sentence ini digunakan apabila didalamnya diawali dengan bentuk inversion dan dapat juga digunakan untuk kalimat pengandaian (conditional sentences) dimana kalimat tersebut dibentuk dengan penggunaan kata “if”.
  • Were I not busy, I could come (Kalau saya tidak sibuk, saya bisa datang).

Pengertian Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris dan Artinya - Demikianlah, semga dapat membantu temen-temen semua ya. Terus kunjungi www.katabijakbahasainggris.com yang selain didalamnya terdapat pembahasa suatu materi mengenai bahasa Inggris tetapi juga terdapat suatu kata bijak, kata motivasi, kata cinta dan masih banyak lagi. Oke guys, mungkin cukup sekian dari penulis, terima kasih dan see you soon 😊


 



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top