Contoh Explanation Text bahasa inggris : How Roman Roads Were Built

Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built - Explanation text is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text adalah sebuah text yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena–fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Tujuannya untuk menerangkan proses–proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu  yang terkait dengan fenomena–fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi. Seperti menjelaskan tentang bagaimana terbentuknya pelangi atau bagaimana proses terjadinya gempa bumi dan lain sebagainya. Biasanya explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan dari kata why dan how terhadap suatu fenomena yang ada. Sehingga pembahasannya berfokus pada fenomena yang terjadi bukan pada benda atau orang tersebut. Ciri dari explanation text adalah menggunakan simple present tense pada kalimat–kalimatnya.

Google Image - Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built
Google Image - Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built


Readers, kali ini penulis akan membahas tentang contoh dari explanation text beserta generic structurenya. Penulis menyajikan explanation text dari fenomena yang menarik untuk diperbincangkan, yaitu “Bagaimana Jalan Romawi Dibangun”. Romawi memiliki kontruksi jalan paling bagus di dunia. Pada masa kejayaannya, bangsa romawi membangun jalan sepanjang 85.000 km. Keep reading guys, Check it out!!  Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built.


Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built


Generic structure:

1. General Statement

Memberikan penjelasan umum tentang fenomena atau kejadian yang diangkat didalam text. Bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. Sequenced of explanation

Berisi tentang penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa atau benda secara berurutan. Bagian ini merupakan elemen utama dari explanation text, karena pada bagian ini menjelaskan point–point dari proses terjadinya suatu peristiwa yang dibahas pada teks tersebut.

Note: banyak orang mengira closing adalah salah satu generic structure dari explanation tersebut. Padahal itu merupakan bagian dari sequenced of explanation yang menjelaskan tentang satu cara terakhir atau proses terakhir dari sebuah peristiwa tersebut.
Berikut ini contoh explanation text:
 

How Roman Roads Were Built

General statement:

The road has an important role in life. By the roads, the mobility of a place becomes easier. Road construction has begun from antiquity, although it is not known which country or nation first applied road construction as a mobility tool. However, the Romans were known for their best road construction. The Roman road is carefully designed, solid and attractive. But how exactly did the Romans build their roads? There are several variations of opinion on this issue, but basically this is what is revealed from the results of archaeologist excavations.

Sequenced of explanation:

First, the Romans builders will determine the direction of the road to be built. Then, the direction of the road cleared of trees, rocks and soil. Furthermore, will be unearthed two parallel trenches with the distance of about 2.4 meters. The soil between the trenches will unearthed and hoarded back with three or four layers of different materials such as, large rocks, gravel, cement, sand, debris and concrete. Then, on the top of road will be placed the gravels or the stone that had been destroyed. The width of the road already finished and usually reached 10 meters, include the path to walkers in two sides.

Baca Juga: Kata Bijak Sabar dalam Bahasa Inggris Terbaru dan Artinya

Artinya:

Bagaimana Jalan Romawi Dibangun

 Pernyataan umum:

  Jalan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Melalui jalan mobilitas disuatu tempat menjadi lebih mudah. Pembangunan jalan sudah dimulai dari jaman dahulu, walaupun tidak diketahui Negara atau bangsa mana yang pertama kali menerapkan pembangunan jalan sebagai alat mobilitas. Akan tetapi, bangsa Romawi dikenal dengan kontruksi jalan terbaik selama ini. Jalan Romawi dirancang dengan seksama, kokoh dan indah. Namun bagaimana persisnya orang Romawi membangun jalan mereka? Terdapat beberapa variasi pendapat tentang hal ini, akan tetapi pada dasarnya ini lah yang tersingkap dari hasil penggalian arkeolog.


 Penjelasan berurutan:

  Pertama, orang romawi akan menentukan arah jalan yang akan dibangun. Selanjutnya akan dibersihkan dari pohon, batu dan tanah. Kemudian akan digali dua parit yang sejajar dengan jarak diantaranya sekitar 2,4 meter. Tanah diantara kedua parit tersebut digali kemudian ditimbun dengan tiga atau empat lapis material yang berbeda seperti, batu–batu besar, kerikil, semen, pasir, puing- puing dan beton. Selanjutnya dibagian atas ditaruh kerikil atau batu–batu yang dihancurkan lalu dipadatkan. Lebar jalan yang sudah selesai biasanya mencapai 10 meter, termasuk jalur untuk pejalan kaki didua sisi.


Kupas Tuntas Explanation Text: How Roman Roads Were Built - Nah itu tadi, ulasan singkat explanation text dan contonya tentang How Roman Roads Were Built. Selanjutnya, penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi-materi bahasa inggris terutama tentang explanation text. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi cara membuat explanation text dalam bahasa inggris. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para readers. See you soon……

Related Posts