3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris

3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris

3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris - Skill apa yang membuat anda Sulit didalam berBahasa Inggris? Speaking Skill? Writing Skill? Listening Skill? Ya itu merupakan masalah-masalah didalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, terkadang ada seseorang yang memang sangat menyukai Speaking juga ada, ada yang menyukai Writing juga ada. Intinya, semua mempunyai kemampuannya Masing-masing didalam Bahasa Inggris, Sama halnya seperti Speaking, jika Anda ingin lancar Speaking, harus rajin Listening. Artinya kita perrlu receptive skills agar bisa productive skills. Begitu juga dengan Writing, Kita harus rajin Reading juga. Dari reading kita bisa belajar banyak: grammar, vocabulary, spelling, cara menulis yang baik, pengembangan ide, gaya penulisan, dan sebagainya.


3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris
Google Image - 3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris

Materi menulis bahasa inggris merupakan bahasan yang cukup sulit. Banyak yang kurang pandai untuk menulis karena bingung akan ide apa yang akan dia tuangkan. Nah, Buat kalian yang memang mempunyai problem dalam menulis kalian tidak perlu bingung lagi kalian cukup simak 3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris yang dapat kalian praktekan didalam kehidupan sehari-hari semoga bermanfaat buat kalian semuanya.

3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris


1.    Latihan setiap hari (Practice)

Sesering mungkin. Latihannya tidak harus langsung menulis esai atau cerpen lo. Bisa dari Chat atau ikut forum online. Cari teman Chat Native Speaker (penutur asli) dan kalau bergabung dalam forum online berbahasa Inggris jangan cuma menjadi Penonton. Harus ikut nimbrung dan aktif menanggapi. Salah satu bentuk latihan yang menyenangkan dan banyak dari Anda pasti sudah melakukannya: blogging. Bikin jadwal rutin untuk ngeblog dalam bahasa Inggris. Sambil rajin Reading dan latihan, kita juga harus rajin membaca tentang aturan penting Writing, seperti tanda baca, huruf besar, dsb.Masih berhubungan dengan tips. Manfaat menulis sangat beragam dan tentunya bisa membuat pengetahuan kita bertambah.

Kadang kita harus menulis untuk kebutuhan khusus/Tujuan menulis (misal tes IELTS). Pelajari apa saja yang dibutuhkan untuk itu. Contoh lain: tentu antara online Chat dan tulisan Ilmiah banyak perbedaannya. Tentukan tujuan menulis kita, pelajari, dan latih. Tidak kalah pentingnya: selalu sedia kamus untuk mendampingi waktu menulis Anda (kecuali mungkin sewaktu ujian), apapun jenis kamusnya.  Seperti Speaking, Jika Anda ingin lancar Writing, berkumpul lah juga dengan orang-orang yang tepat. Yang sama-sama belajar dan bisa saling membantu. Nah, dari berkumpul dengan orang-orang tepat itu Anda bisa meminta mereka untuk menilai atau mengoreksi tulisan Anda. Dan jangan takut dikritik!



2.    Perbanyak Reading (Menemukan Ide)

Perbanyak Reading Sama halnya seperti speaking, jika Anda ingin lancar speaking, harus rajin Listening. Hal yang sama dengan Writing, jika ingin jago dalam hal menulis maka kita harus rajin Reading juga. Dari Reading kita bisa belajar banyak: Grammar, Vocabulary, Spelling, cara menulis yang baik, pengembangan ide, gaya penulisan, dsb.

Gabung Forum Latihan sesering mungkin. Latihannya tidak harus langsung menulis esai atau cerpen. Bisa dimulai dari chat atau ikut forum online. Cari teman chat native speaker (penutur asli) dan kalau bergabung dalam forum online berbahasa Inggris jangan cuma menjadi penonton. Usahakan kita harus ikut nimbrung dan aktif menanggapi setiap kegiatan yang ada dalam forum tersebut.
Pada dasarnya Kalau kita mau menulis, banyak baca aja dulu biar kita bisa menemukan ide untuk ditulis. Hubungan antara membaca dan menulis sangatlah banyak. Pertama, dengan membaca, kita membuka wawasan, memperkaya kosakata (vocabulary), membuat jalan pikiran menjadi lebih lentur, dan juga menemukan cara yang tepat untuk membuat kalimat secara efektif.


3.    Meminta Saran (Koreksi)

Sama halnya ketika belajar speaking, Jika Anda ingin lancar writing, berkumpul lah juga dengan orang-orang yang tepat. Yang sama-sama belajar dan bisa saling membantu. Nah, dari berkumpul dengan orang-orang tepat itu Anda bisa meminta mereka untuk menilai atau mengoreksi tulisan Anda. Pada dasarnya kritik dan saran dari teman bisa dilakukan dengan Peer Correction agar bisa menganalisa kekurangan ataupun kelebihan dari tulisan teman kita. Dan tentunya kamu jangan takut dikritik!


Itulah tadi, 3 Cara Efektif Menguasai Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris - Mudah kan untuk mulai menulis? Kalu masih berat, coba dulu dengan menulis status di Twitter atau Facebook dan bikin caption bahasa inggris di Instagram dan akun media sosial lainnya. Tanya ke teman: sudah benar belum? Semoga kalian mengerti dan dapat dipahami oleh kalian semuanya dan cukup simpel bukan. Jangan lupa terus belajar ya dan temukan banyak hal yang menarik lainnya di www.katabijakbahasainggris.com Semoga bermanfaat, Terimakasih.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top