Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah)

Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah) - Discussion text is a text which present a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoint. Discussion is commonly found in philosophical, historic, and social text. Teks diskusi adalah tulisan yang didalamnya memaparkan suatu permasalahan yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda dan didalamnya mengandung unsure pro dan kontra. Tujuannya untuk menyajikan sebuah informasi pada pembaca dengan beberapa sudut pandang yang berbeda, biasanya pendapat para pakar atau isu yang mendukung atau yang menguatkan maupun yang bertentangan dengan isu (kontra). Unsure pro dan konta harus disampaikan secara berimbang supaya pembaca dapat mengambil masukan yang komprehensif sebelum mengambil kesimpulan. Reader, dalam penulisan discussion text ini memiliki pola atau yang biasa kita sebut dengan generic structure: statement of issue, list of supporting points, list of contrastive point and recommendation.


Google Image - Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah)
Google Image - Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah)


Nah untuk lebih mudahnya penulis akan memberikan contoh discussion text, tentang school uniform. Di Indonesia, semua pelajar memakai seragam pada saat sekolah formal, mari kita lihat pro dan kontra dari pemakaian seragam ini ya atau dalam bahasa inggris disebut school uniform

Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah)

Example of Discussion Text:

School Uniform

As we know, in Indonesia all of student wear a school uniform during learning process in school. The government obligated the student to wear the school uniform from kindergarten until senior high school. However, school uniform has a characteristics itself based on grade level. For example in elementary school, student should wear the red-white uniforms, whereas in junior high school the student should wear the blue-white uniforms. Every school also has a characteristic based on the school itself. School uniforms become a debate issue among parents nowadays. Some of them think that school uniforms are necessary, while others think that they are not.

Some of parents believe that wearing the school uniforms brings all lot of benefit for the students. One of them is creating the discipline of students. The student should wear the school uniforms based on the day that has been determined, it is teaching about discipline for students. Furthermore, wearing uniforms in school can improve the student’s confident. There are no differences between pupil that come from rich family or poor family and keep the students focused on their education, not their clothes style.

On the other hand, some of parents think that school uniform bring negative affects to student. The student cannot express their creativity through the clothes that they wear. Besides that, their parent must spend more money to buy the school uniforms and the clothes to their daily activities. 

In conclusion, the school uniforms are still important to students. The student will learn about discipline and focus on their education. However, to cover the disadvantages of school uniforms such as explore their creativity and spent much money, there are some tips to solve it. First, the student can use some accessories as long as they are not too much. And the last is use only two kind of uniforms. It can suppress the expenses of their parents. Especially to student that come from a poor family.

Teks Diskusi dalam Bahasa Indonesia:

Seragam Sekolah

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia, siswa memakai seragam selama proses belajar mengajar di sekolah. Pemerintah mewajibkan pemakaian seragam sekolah dari jenjang TK sampai SMA. Walaupun demikian, seragam sekolah memiliki ciri khas yang berbeda pada tiap jenjangnya. Contohnya pada tingkat sd, pelajar menggunakan seragam berwarna putih dan merah, sedangkan pada tingkat smp memakai seragam berwarna putih-biru. Setiap sekolah juga memiliki ciri khas dalam pemakaian seragam sekolah. Saat ini, isu tentang pemakaian seragam sekolah menjadi perdebatan dikalangan para orang tua. Beberapa dari mereka berfikir bahwa penggunaan seragam sekolah sangat diperlukan, dan ada beberapa juga yang menilai penggunaan seragam sekolah tidak diperlukan.

Beberapa orang tua percaya bahwa penggunaan seragam sekolah membawa banyak manfaat bagi pelajar. Salah satunya menciptakan kedisiplinan siswa. Siswa harus menggunakan seragam sesuai dengan hari yang ditentukan, hal ini mengajarkan sifat disiplin siswa. selain itu, pemakaian seragam disekolah dapat meningkatkan percaya diri siswa, tidak ada perbedaan antara siswa yang berasal dari keluarga kaya atau dari keluarga kurang mampu dan membuat siswa focus pada pendidikannya, bukan pada gaya berpakaiannya.

Disisi lain, beberapa orang tua berfikir bahwa seragam sekolah membawa efek negative bagi siswa. Siswa tidak dapat mengekpresikan kekreatifan mereka melalui gaya berpakaian. Disamping itu,  para orang tua harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli seragam sekolah mereka dan baju selain itu untuk sehari-harinya. 

Kesimpulannya, seragam sekolah masih tetap penting bagi siswa. Siswa akan belajar tentang kedisiplinan dan lebih focus pada pelajarannya. Akan tetapi, untuk menutupi kekurangan dari isu seragam sekolah seperti eksplorasi kreativitas dan pengeluaran yang besar, ada beberapa tips untuk menyelesaikannya. Pertama, siswa diperbolehkan menggunakan aksesoris selama tidak berlebihan. Dan yang terakhir adalah penggunakan seragam hanya dua jenis saja. Ini dapat menekan pengeluaran orang tua siswa. khususnya untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu.

Contoh Discussion Text about School Uniform: (Pro Kontra Seragam Sekolah) -  Nah itu tadi, demikian ulasan singkat dan contoh discussion text about school uniform dalam bahasa inggris dan artinya. Selanjutnya, penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua dan dapat diambil kesimpulan yang baik ya.. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggris.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi - materi bahasa inggris terutama tentang discussion text. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi pembuatan contoh–contoh discussion text dalam bahasa inggris. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk para readers. See you soon……