Contoh Descriptive Text about animal dalam bahasa inggris dan artinya

Kata Bijak Bahasa Inggris san Artinya - Contoh Descriptive Text about animal dalam bahasa inggris dan artinya - Descriptive text adalah teks yang berisi tentang cara gambaran atau penjelasan mengenai sesuatu baik fakta dan juga opini. Deskriptif teks biasanya menjelaskan tentang person (seseorang), animals (hewan), things (benda), dan juga place (tempat). Nah, kali ini saya akan berfokus pada descriptive text about animal atau hewan. 

Banyak yang bilang bahasa inggris adalah mata pelajaran yang sulit. memang kenyataannya belajar bahasa inggris tidak bisa di bilang mudah karena banyak sekali kosakata yang perlu di hafalkan. selain itu ada jenis-jenis teks di dalam bahasa inggris yang sulit di pahami. seperti deskriptif teks, tapi jangan kuatir, kali ini kita akan membahas deskriptif teks supaya kalian bisa memahami dengan jelas apa itu deskriptif teks.

Di dalam bahasa inggris teks deskriptif atau descriptive text sering muncul saat ujian semester. kadang kita dengan mudah memahaminya tetapi kadang sangat sulit.untuk dapat mengerjakannya, kita harus memahami struktur, ciri-ciri , tujuan dan juga form tenses yang di gunakan dalam deskriptif teks itu sendiri. untuk itu artikel ini di buat sebaik mungkin supaya bisa di pahami dengan mudah dan cepat.

Descriptive text adalah teks untuk mendeskripsikan atau menjabarkan sifat yang dimiliki sesuatu benda atau mahluk hidup secara detail.tujuan dari di buatnya deskriptive teks sendiri adalah menceritakan atau menggambarkan sifat objek itu sendiri berupa  hewan, manusia, benda  seperti ukurannya, warnanya, dan lain-lain.

Contoh Descriptive Text about animal dalam bahasa inggris dan artinya
Google Image -Contoh Descriptive Text about animal dalam bahasa inggris


Dalam bahasa inggris, descriptive text menggunakan struktur kalimat sendiri dalam penulisannya.
jika kalian ingin membuat teks deskriptif kalian sendiri, kalian bisa melihat struktur teks deskriptif di bawah ini :

identification 
sesuai kata di atas yaitu identifikasi yang berarti mengidentifikasi atau meneliti. di paragraf pertama kita  menuliskan terlebih dahulu identifikasi atau identitas suatu benda yang akan kita deskripsikan. tujuannya untuk memberikan gambaran tentang benda yang ingin kita jelaskan nanti di paragraf selanjutnya supaya pembaca mendapat gambaran dan dapat menerka tentang benda yang akan kita deskripsikan.

contoh : pizza adalah makan faforit saya. rasanya yang enak serta taburan topping yang bermacam-macam membuat saya tidak bisa melupakannya. (berarti yang di identifikasikan  pada paragraf yang pertama adalah pizza, bukan saya karena disini saya sebagai pencerita pizza tersebut).

description
pada bagian ini mulai dari paragraf dua kita bisa mulai menulis tentang semua sifat yang di miliki oleh benda yang ingin kita deskripsikan. seperti pizza yang sudah kita identifikasi di atas. kita bisa melanjutkan ke tahap description yaitu deskripsi.

contoh :  pizza terbuat dari roti, daging dan topping yang biasanya di isi dengan keju sebagai pelengkapnya. pizza yang paling saya suka adalah pizza dengan keju mozarella. keju mozarella yang ada di topping pizza ini begitu lezat. (bagian ini adalah bagian deskripsi, kalian bisa menjelaskan lebih detail tentang isi pizza atau bagaimana pizza itu di buat untuk mengisi bagian deskripsi dari pizza itu sendiri.)

kemudian ada ciri-ciri kusus yang di miliki teks deskriptif yaitu :
menggunakan simple present  tense. karena salah satu fungsi dari simple present tense adalah untuk menggambarkan fakta seperti contoh the earth is round.(bumi itu bulat).

Untuk dapat membuat sebuah teks deskriptif yang baik kita harus memahami terlebih dahulu simple present tense. untuk itu kita saya akan jelaskan terlebih dahulu simple present secara singkat. ada tiga bentuk utama yaitu positive, negative dan interogative. namun untuk kali ini, kita hanya akan membahas positive saja. 

SIMPLE PRESENT TENSE
NOMINAL SENTENCE FORM
subject  ¬¬+  to be  + adj
ex : pizza  is  delicious food.
the mozzarella cheese is really expensive. 

kita hanya membahas kalimat nominal atau kalimat tanpa kata kerja saja karena di dalam teks deskriptive kita akan banyak menemukan kata sifat seperti  the size is big, and the color is black dan juga seperti contoh the taste is delicious

contoh di atas memberikan kita fondasi yang untuk membentuk teks deskriptif kita sendiri, seperti yang di lihat kita bisa mulai mendeskripsikan benda dengan mengutarakan rasanya, pizza is delicious food, pizza adalah makanan yang sangat enak. pertama kita pakai subjek pizza kemudian karena kita menjelaskan tentang kata sifat jadi kita tidak perlu kata kerja. dan di dalam form simple present tense kata kerja bantu untuk subjek singular atau sendiri adalah is. dan terakhir adalah adjective  atau kata sifat yaitu delicious.

di dalam deskripsif teks, seperti yang sudah dijelaskan kita akan banyak menemui kata-kata sifat. jadi jika kalian ingin membuat deskriptif teks yang baik sebaiknya kalian banyak memiliki adjective vocabulary atau kalian bisa melihatnya di dalam kamus bahasa inggris.
contoh nya :handsome, big, small, tall, short, long,  dan lain sebagainya

Contoh Descriptive Text about animal dalam bahasa inggris dan artinya


TIGER

Tigers are a wild animal. They are the biggest cat of their species. Male tiger can have weight at least 180-320 kilos and the female is 120- 180. so the female is more thin than the male.

They live in jungle.They can run faster from a lion but they still slower than a cheetah. Tigers are carnivor. They usually hunt in daylight. Their targets are deers, hogs, antelope and also mouse deers. the different between tiger is with other cats is their signature fur. they have stripes in their body. This stripes in natural use as camouflage to hunt in the jungle. they also have same function as fingger print in human body.

if you want to see a tiger, you have to go to the zoo because they are very dangerous in wild live.


Artinya

HARIMAU

Harimau adalah hewan liar. mereka adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya. harimau jantan bisa mencapai berat 180-320 kilogram dan betinanya 120-180 kilogram. jadi harimau betina lebih kecil dari yang jantan.

Harimau hidup di hutan. mereka bisa lari lebih cepat dari seekor singa tapi masih lebih lambat dari cetah.

Harimau adalah hewan karnivora. mereka biasanya berburu di siang hari. mangsa mereka adalah rusa, babi hutan, kijang dan juga kancil. perbedaan harimau dengan kucing lainya adalah warna bulu mereka. mereka memiliki loreng di tubuhnya. loreng ini  di alam bebas di gunakan sebagai kamuflase untuk berburu di hutan. loreng mereka juga memiliki fungsi yang sama dengan sidik jari manusia.

Jika kamu mau melihat harimau, maka kamu harus pergi ke hutan karena harimau sangat-sangat berbahaya di alam liar.

Penjelasan:
Paragraf pertama: Identification, menggambarkan “Tigers are a wild animal. They are the biggest cat of their species”  yang akan kita deskripsikan sehingga pembaca tidak akan salah paham tentang binatang yang sedang dibicarakan. Bahwa hewan yang dimaksud adalah harimau yang merupakan kucing terbesar di antara spesies kucing lainnya

Paragraf kedua: Description, berisi tentang penjelasan atau deskripsi harimau dengan memaparkan sifat-sifatnya seperti:

They live in jungle. they are carnivor. they hunt deers,hog and antelope. they have stipes.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, Ciri, Descriptive Text dan Contohnya. semoga bermanfaat sebagai referensi.  Jangan lupa baca juga Contoh Descriptive Text About Elephant / Gajah Terbaru 2015 dan Artinya. Semoga bermanfaat bagi anda, kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan temukan hal menarik didalamnya.