2 Contoh Procedure Text how to make juice beserta artinya

Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya2 Contoh Procedure Text how to make juice beserta artinya - Juice atau Jus adalah sebuah minuman yang dapat menyegarkan kita serta penghilang rasa dahaga tentunya. Bila anda merupakan seorang penggemar jus maka anda pasti tertarik untuk membaca artikel berikut. Dalam kesempatan kali ini, saya telah menyiapkan setidaknya dua contoh cara membuat jus yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari hari.

2 Contoh Procedure Text how to make juice beserta artinya
Google Image - 2 Contoh Procedure Text how to make juice beserta artinya


Mengapa kita perlu mempelajari cara membuat jus? Setidaknya kita dapat melihat manfaat yang telah ditemukan dalam minuman jus yang tentunya merupakan buah buahan segar ya hehe. Buah segar yang kita minum, dan bila terlalu asam bisa kita tambahkan gula pasir atau pemanis yang kurang lebih bisa membuat lidah tetap sedap namun khasiatnya tetap terjaga. Semoga dengan membaca artikel berikut anda bisa menemukan sisi terbaik dari minuman jus dan bagi anda yang sedang belajar tentang procedure text, mungkin artikel berikut bisa membantu semoga bermanfaat.


Contoh Procedure Text how to Make Juice beserta Artinya

MANGO-HONEY JUICE

Ingredients


70 gram mango

2 teaspoon sugar
100 ml water
3 teaspoon honey

steps
mix all ingredients  together, 
after that, blend the mixture. 
the juice is ready.

Artinya


JUS MANGGA MADU



Bahan



70 gram mangga

2 sendok teh gula
100 ml air matang
3 sendok madu

cara membuat jus


Campur semua bahan, 

lalu blender,
dan sajikan.

BANANA PLUS PINEAPPLE JUICE

Ingredients:
70 gram fresh pineapple
70 gram banana
100 ml fresh water 
ice

steps:
Put the ingredients into the blender, then blend it.
After that, we can search a glass or cup.
After done, put the juice into the glass, 
the juice is ready to be served.




JUS NANAS PISANG


Bahan Bahan:
70 gr nanas segar
70 gr pisang
100 ml air matang
es batu


Langkah langkah:

Masukkan semua bahan bahan ke dalam blender,lalu campur kan.
Setelah itu, kita dapan menyiapkan gelas atau cangkir.
Setelah selesai, masukkan jus kedalam gelas.
Jus siap untuk di sajikan.




Pembahasan Tentang Contoh diatas
 

kita akan membahas struktur yang ada di salah satu teks prosedur di atas ada tiga struktur yang suda di jelaskan di atas yaitu, tujuan, bahan dan langkah.
yang pertama adalah tujua :

MANGO-HONEY JUICE adalah tujuan di buatnya dari teks prosedur yang pertama.tujuan dari teks manggo honey juice di buat adalah untuk membuat jus tersebut. sangat sederhana. kita bisa mengidentifikasi tujuan atau goal dari teks prosedur pada judul teks tersebut.selanjutnya material atau ingredients. di dalam mango honey juice terdapat beberapa material seperti : 
70 gram mango
2 teaspoon sugar
100 ml water
3 teaspoon honey

Ini adalah bagian ingredients atau material dalam teks prosedur .
dan yang terakhir adalah steps atau langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur. untuk langkah kita bisa lihat pada kalimat berikut :

“mix all ingredients  together, after  that blend the mixture. the juice is ready.”

campur semua bahan, lalu blender. sajikan. kalimat ini berisi perintah untuk mencampur semua bahan menjadi satu kemudian menyajikannya.


Penjelasan tentang Procedure Text


Setidaknya saya telah menemukan beberapa referensi mengenai pengertian tentang procedure text. Mari kita simak:
Procedure text  is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps. It explains how people perform different processes in a sequence of steps.” 
“Procedure text is kind of text which teaches on how to make something completely”, 
A procedure is a specified series of actions or operations which have to be executed in the same manner in order to always obtain the same result under the same circumstances (for example, emergency procedures). 
ketiganya tidaklah terlalu berbeda, karena jika kita ambil kesimpulan dari tiga definisi tadi yaitu
sebuah teks yang di buat untuk menjelaskan suatu  proses bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan langkah-langkah berurutan dengan benar.

Tujuan dari prosedur teks seperti yang sudah kita singgung di atas adalah untuk memberitahu pembaca bagaimana membuat atau melakukan sesuatu, sehingga pembaca dapat melakukan langkah langkah yang ada di teks prosedur dengan tepat.ada dua jenis prosedur teks yaitu prosedur teks biasa dan Teks Prosedur Kompleks. tapi kali ini kita hanya akan membahas prosedur teks biasa.

Ciri-ciri procedure text adalah terdapat adalah sebagai berikut :

1. Informasi yang ada di teks prosedur bersifat logic atau fact atau nyata.
menggunakan tenses:

SIMPLE PRESENT TENSE.
nominal and verbal sentence in positive form
subject + verb + s/es + object
subject + to be (is,am are) + adj

2. Kemudian di dalam teks prosedur juga terdapat penggunakan of imperatives atau kata kerja bentuk perintah (e.g.: cut, don’t mix: potong jangan di campur), 

3. Penggunaan of action verbs. Kata kerja aksi ini adalah kata kerja yang mengacu pada perilaku yang tampak, (e.g.: turn, put, mix : putar, letakan, dan campur ) 

4. Penggunaan of connectives. penggunaan connectives atau kata sambung sangat penting dalam teks prosedur  (e.g.: first, then, finally, …: pertama, kemudian, dan terakhir.) 

5. Penggunaan of adverbial phrases. adverbial phrase atau prasa atau kalimat keterangan juga sering di gunakan supaya langkah yang di ada lebih jelas dan menghindari pembaca salah langkah (e.g.: leave for five minutes, 2 centimeters from the top: biarkan sampai 5 menit, 2 centimeter dari atas).


 Nah itu tadi penjelasan tentang Procedure text dan 2 Contoh Procedure Text how to make juice beserta artinya . Jangan lupa baca juga Contoh Procedure Text How to Make Pizza beserta Artinya semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.