Contoh Hortatory Exposition Text Bahasa Inggris dan Artinya

Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya - Apa itu hortatory Exposition text? dan ada berapa macam generic structure-nya? Nanti kita bahas ya. Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang hortatory exposition text beserta contohnya. Seperti yang kita ketahui hortatory exposition adalah sebuah teks yang menjelaskan sebuah teori/masalah dengan tujuan untuk mendorong orang lain melakukan/tidak melakukan sesuatu. Berikut adalah Penjelasan lengkap tentang hortatory exposition text beserta contohnya.

Google Image - Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya
Google Image - Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya

Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya

A. The Definition Of Hortatory  Exposition 

A hortatory exposition is a type of spoken or written text that is intended to explain the listeners or readers that something should or should not happen or be done. In other words, the main function of hortatory exposition text is to persuade the readers or listener that something should or should not be the case.

Jadi, pada intinya hortatory exposition adalah sebuah teks yang menjelaskan sebuah teori kepada pendengar atau pembaca dengan tujuan untuk mendorong orang lain melakukan atau tidak melakukan sesuatu. 

B. Generic Structure 

1. Thesis it present announcement of issue of concern
Dalam hal ini thesis berisi tentang pengenalan ide pokok penulis tentang suatu peristiwa atau kejadian yang akan diangkat atau dibahas.

2. Argument it present the reasons for concern, leading to recommendation
Dalam sebuah argument berisi tentang pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Semakin banyak pendapat yang dituliskan maka akan semakin menarik.

3. Recommendation it present the statement of what ought or ought not to happen
Recommendation berisi tentang pernyataan tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembaca untuk melakukan sesuatu yang ada kaitan nya pada thesis dan arguments. 

C. Lexicogrammatical Features

  1. Focus on generic human and non – human participant
  2. The use material processes
  3. Using present tense
  4. Using conjunction

Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya

First example of hortatory exposition text:

Why we have to wearing Helmet when we ride motorcycle?

Thesis : we often hear lost of stories from road regarding people taking spill on motorcycle when we are riding without helmet. Wearing helmet is for protect our head. There are many benefits from wearing helmet.

Argumentative 1 : the first the most important of using helmet is save a rider’s life, physical ability, family pain, and money. Using helmet also protect riders from getting a worse like accident, but also from flying bugs, such as rain, sleet, mud and other potential projectiles.

Argumentative 2 : the second, wearing a helmet can gives the raiders a matter of style. Helmets give the opportunity for rider to express the image they may want to project when riding on the way. By choosing the most appropriate helmet from all the various style.

Recommendation : however, what most important is wearing helmet is for save us  like eye, nose,and our head. Bikers should use the helmets which are fixed to their head. The bikers should fasten the helmet correctly to  their head in order to get safe and comfort. Wearing helmet also save us from police traffic. 


Terjemahannya:


Mengapa kita harus memakai helm ketika mengendarai motor?

Thesis : kita sering mendengar bahwa kejadian kecelakan di jalan itu dikarenakan kita tidak menggunakan helm.  Memakai helm itu untuk menjaga kepala kita. Ada beberapa manfaat menggunakan helm tersebut. 

Pendapat 1 : pertama kenapa kita harus menggunakan helm saat berkendara adalah untuk melindungi diri, fisik, keluarga dan uang. Menggunakan helm juga dapat melindungi pengendara dari kejadian buruk seperti kecelakaan, juga dari kotoran angin , melindungi kepala saat hujan, lumpur, dan benda – benda lain. 

Pendapat 2 : kedua menggunakan helm juga dapat menjukan gaya seorang pengendara. Helm memberikan kesempatan para pengendara untuk mengekspresikan gaya mereka, mereka mungkin dapat mengekspresikan di jalan. Dengan memilih helm yang paling tepat dengan merk yang bervariasi. 

Recommendation : bagaimanapun juga, yang paling penting dari menggunakan helm adalah untuk menjaga mata, hidung dan kepala kita. Pengendara motor wajib menggunakan helm dan memastikan kepalanya dengan benar, itu dikarenakan agar kepala mereka itu tetap nyaman dan mereka tetap selamat dalam berkendara. Menggunakan helm juga melindungi kita dari tilang polisi saat razia.

Second example of hortatory exposition text

Air Pollution

Thesis : Air pollution destroys the air we breathe every day. Everything that lives must need clean air in order to breathe. Starting from humans, animals, to plants around us. This need makes fighting air pollution a top priority for everyone, to help heal and protect our planet and future.

Argument 1 : First, air pollution is a common problem in big cities, anywhere in the world. High traffic volumes, large industrial areas and dense population concentrations all contribute to the amount of pollution in the area. The effects of air pollution reach across the globe, wreaking havoc on people, plants and animals. Changes in air and water quality create dangerous and even deadly situations.

Argument 2 : Second, breathing polluted air can cause damage to the heart and lungs. Similar to the effects of smoking tobacco, inhaling particles in polluted air can cause humans and animals to develop heart and lung diseases which can eventually be fatal. Those with certain medical conditions may find that high levels of air pollution exacerbate their symptoms. People with asthma, allergies, and illnesses that cause breathing problems are usually the worst affected.

Argument 3 : Third, when pollutants are present in the air, plant life will also inhale these particles. This causes serious problems within the plant cells, resulting in poor growth and possible death or the plant. Residues from chemicals and pollution in the air deposit themselves onto plants, preventing the necessary photosynthesis from taking place. Without the ability to receive proper sunlight, plants quickly become discolored and die.

Argument 4 : Finally, moisture in the atmosphere picks up harmful chemicals and pollutants in the air, creating further problems for the environment. The resulting acid rain can enter groundwater and other waterways, creating a hazardous situation for plants, animals and people. Air pollution contributes to water and soil pollution which can be disastrous for all living things.

Recommendation : In conclusion, we as citizens of the planet must take active steps to curb air pollution by being aware of our actions.

Artinya dalam bahasa indonesia:

Polusi udara

Tesis : Polusi udara menghancurkan udara yang kita hirup setiap hari. Segala sesuatu yang hidup pasti membutuhkan udara bersih untuk bernafas. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan di sekitar kita. Kebutuhan ini menjadikan memerangi polusi udara sebagai prioritas utama bagi semua orang, untuk membantu menyembuhkan dan melindungi planet dan masa depan kita.

Argumen 1 : Pertama, polusi udara merupakan masalah umum di kota-kota besar, dimanapun di dunia. Volume lalu lintas yang tinggi, kawasan industri yang besar, dan konsentrasi populasi yang padat semuanya berkontribusi terhadap jumlah polusi di kawasan tersebut. Efek polusi udara menjangkau seluruh dunia, mendatangkan malapetaka pada manusia, tanaman, dan hewan. Perubahan kualitas udara dan air menciptakan situasi yang berbahaya bahkan mematikan.

Argumen 2 : Kedua, menghirup udara yang tercemar dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan paru-paru. Mirip dengan efek merokok tembakau, menghirup partikel di udara yang tercemar dapat menyebabkan manusia dan hewan mengembangkan penyakit jantung dan paru-paru yang akhirnya bisa berakibat fatal. Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu mungkin mendapati bahwa tingkat polusi udara yang tinggi memperburuk gejala mereka. Orang dengan asma, alergi, dan penyakit yang menyebabkan masalah pernapasan biasanya yang paling parah terkena dampaknya.

Argumen 3 : Ketiga, ketika polutan ada di udara, kehidupan tumbuhan juga akan menghirup partikel-partikel ini. Hal ini menyebabkan masalah serius di dalam sel tanaman, mengakibatkan pertumbuhan yang buruk dan kemungkinan kematian tanaman. Residu dari bahan kimia dan polusi di udara menempel pada tanaman, mencegah berlangsungnya fotosintesis yang diperlukan. Tanpa kemampuan untuk menerima sinar matahari yang tepat, tanaman cepat berubah warna dan mati.

Argumen 4 : Yang terakhir, uap air di atmosfer mengambil bahan kimia berbahaya dan polutan di udara, menciptakan masalah lebih lanjut bagi lingkungan. Hujan asam yang dihasilkan dapat memasuki air tanah dan saluran air lainnya, menciptakan situasi berbahaya bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Polusi udara berkontribusi terhadap polusi air dan tanah yang dapat menjadi bencana bagi semua makhluk hidup.

Rekomendasi : Kesimpulannya, kita sebagai warga planet harus mengambil langkah aktif untuk mengekang polusi udara dengan menyadari tindakan kita.

Third example of hortatory exposition text


Reusing masker is dangerous

Thesis : The use of masks every day can make trash into a big pile. However, what we don't realize is that when we throw away the mask, the mask can often be used by other people.

There are many cases in big cities where many poor people cannot afford to buy medical masks. So, they took it from the trash and used the broken mask. Of course, this is very dangerous.

Argument 1: Many poor people pick up trash masks to reuse because they can't afford medical masks. To prevent this, it's best to collect mask waste in one place. Destroy the mask before throwing it in the trash to prevent reuse.

Argument 2 : Garbage masks that are not wrapped can also become a center for the spread of the virus. We recommend that before throwing away the mask, make sure you tear the medical mask and wrap it in plastic.

Recommendation : Mask waste is very dangerous especially if it is reused by scavengers. You can damage the mask first before throwing it away. Don't forget to wrap it in plastic.

Artinya dalam bahasa indonesia:

Menggunakan kembali masker berbahaya

Tesis : Pemakaian masker setiap hari dapat membuat sampah menjadi tumpukan yang besar. Namun, yang tidak kita sadari adalah ketika kita membuang masker tersebut, seringkali masker tersebut dapat digunakan oleh orang lain.

Banyak kasus di kota-kota besar di mana banyak orang miskin tidak mampu membeli masker medis. Jadi, mereka mengambilnya dari tempat sampah dan menggunakan topeng yang rusak. Tentu saja, ini sangat berbahaya.

Argumen 1 : Banyak orang miskin mengambil masker sampah untuk digunakan kembali karena mereka tidak mampu membeli masker medis. Untuk mencegahnya, sebaiknya kumpulkan limbah masker di satu tempat. Hancurkan topeng sebelum membuangnya ke tempat sampah untuk mencegah penggunaan kembali.

Argumen 2 : Masker sampah yang tidak dibungkus juga bisa menjadi pusat penyebaran virus. Sebaiknya sebelum membuang masker, pastikan Anda merobek masker medis dan membungkusnya dengan plastik.

Rekomendasi : Limbah masker sangat berbahaya apalagi jika digunakan kembali oleh pemulung. Anda dapat merusak topeng terlebih dahulu sebelum membuangnya. Jangan lupa dibungkus dengan plastik.

Penjelasan Lengkap tentang Hortatory Exposition Text beserta Contohnya. Jadi hortatory text itu adalah sebuah teks yang berfungsi untuk memberikan argumen terhadap suatu hal dan dengan tujuan mempengaruhi atau memberikan persepsi baru kepada pembaca ataupun pendengar. Setelah membaca hortatory text diharapkan agar pembaca yakin dengan penulis. Jangan lupa kunjungi www.katabijakbahasainggris.com untuk mendapatkan infromasi bahasa inggris menarik lainnya.