Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya

Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya -  Sebelum berbicara mengenai structure, ciri-ciri discussion text dan contohnya, mau tanya terlebih dahulu nih pernahkan anda berdiskusi? Dan pastinya tentu iya sangat pernah. Seperti hal yang pernah dialami dan kita temui di kehidupan diskusi adalah pembahasan terhadap suatu pokok permasalahan dengan tujuan menemukan solusi atau jalan terbaik betul yakan? Dan biasanya diskusi tentunya dibarengi dengan adanya setuju dan tidak setujunya serta mengemukakan alasan alasan yang logis. Begitupun dengan pembahasan yang satu ini yaitu structure, ciri discussion text dan contohnya, yaitu mengenai pro dan kontra atau setuju dan tidak setujunya dan dari situlah dicari sudut pandangnya dan mencari solusi atau kesimpulan yang terbaik.



Google Image - Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya
Google Image - Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya


Oleh karena itu, langsung aja ke Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya semoga dapat membantu anda semuanya dan mempermudah belajar anda semuanyaa yaaaaaaa

A.   Pengertian Discussion Text

Sebelum berbicara mengenai structure, ciri-ciri discussion text dan contohnya, mari kita pelajari terlebih dahulu definisi dari discussion text dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Di antara para ahli bahasa Inggris, mendefinisikan discussion text sebagai: “is a text which present a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. Discussion is commonly found in philosophical, historic, and social text.” Jadi yang dimaksud dengan discussion text adalah sebuah tulisan yang memaparkan diskursus atau perdebatan sebuah masalah yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda. Tulisan atau teks discussion ini biasanya kita dapati di dalam tulisan filsafat, sejarah dan sosial.

B. Tujuan Discussion Text

Tujuan komunikatif Discussion Text adalah untuk menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar yang dibidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra).


C. Generic Structure Discussion Text

Bagian pertama dari Generic Structure Discussion Text adalah pemaparan tentang isu yang akan dibahas atau didiskusikan dalam tulisan tersebut.

Argument For or Against

Setelah itu, penulis menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli atau juga tanpa menyebutkan siapa yang berpendapat tetapi pendapat itu memang sudah umum diketahui. Penulis biasanya akan memaparkan pendapat yang pro (argument for) baru disusul dengan pendapat yang kontra (argument against) pada paragraf berikutnya.

Elaboration

Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, atau bahkan memiliki pendapat sendiri, penulis harus terlebih dahulu memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat yang telah dipaparkan.

Conclusion atau Recomendation

Generic structure discussion text yang terakhir adalah kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis.

D. Ciri-ciri Redaksi Discussion Text

- Fokus pada peserta manusia dan non-manusia generik.

- Menggunakan kata-kata yang membandingkan: kata sambung yang berlawanan misalnya, but,     however, in other side dan konsekuensinya (sebab akibat) misalnya: so, then.

- Menggunakan bahasa diskusi: According, opinion.

- Menggunakan kata-kata berfikir seperti: feel, hope, believe.

- Menggunakan Simple Present.

E. Contoh Discussion Text dan Penjelasannya


The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power

Nuclear power is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. The first large scale of nuclear power station was opened at Calder Hall in Cumbria, England in 1956.
Some military ships and submarines have nuclear power plant for engine. Nuclear power produces around 11% of the world’s energy needed, and produces huge amounts of energy. It cause no pollution as we would get when burning fossil fuels.

The advantages of nuclear plant are as follow: It costs about the same coal, so it is not expansive to make. It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect. It produces huge amounts of energy from small amount of uranium. It produces small amount of waste. It is reliable.

On the other hand, nuclear power is very dangerous. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident ca be a major accident.

People are increasingly concerned about this matter. In the 1990’s nuclear power was the fastest growing source of power in many parts of the world.

Paragraf pertama: Issue, yang berisi pemaparan singkat penulis tentang penggunaan nuclear power (tenaga nuklir).

Paragraf kedua: Argument For, memaparkan tentang manfaat penggunaan tenaga nuklir, yang diantaranya adalah: Biayanya sama dengan batu bara, sehingga tidak mahal; Tidak banyak memproduksi asap yang menimbulkan karbon dioksida; Dapat memproduksi tenaga yang besar dengan sedikit uranium; Memproduksi sedikit limbah dan Mudah untuk digunakan.

Paragraf ketiga: Argument Against, yang menerangkan bahayanya tenaga nuklir yaitu: Jika bocor, maka tenaga nuklir harus dikubur selama beberapa tahun agar radioaktifknya bisa hilang; Di samping itu, biaya yang dikeluarkan untuk pengamanan juga besar, karena jika terjadi kecelakaan, maka bisa menimbulkan bencana besar.

Paragraf ke Empat: Elaboration, tentang pendalaman lebih jauh mengenai materi yang sedang diperdebatkan (nuclear power) bahwa pada tahun 1990 an, tenaga nuklir merupakan sumber energi yang berkembang cukup pesat di dunia.

Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya - Lalu dimana kesimpulan dan pendapat penulis? Pada teks ini, penulis memilih untuk tidak memberikan pendapatnya atau pun rekomendasinya terkait dengan penggunaan tenaga nuklir. Demikian Pengertian Structure, Ciri Discussion Text dan Contohnya, semoga dapat mebantu anda semuanya dan terus rajin belajar dan temukan hal yang lebih menarik lainnya di www.katabijakbahasainggris.com terimakasih atas kunjunganyaa sampai jumpa kembali. Terimakasih..😊