Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris dan Contoh

Cara dan Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris - Mungkin kalian sering membutuhkan surat lamaran kerja untuk mendaftar disuatu instansi pekerjaan bukan? Dan kebutuhan kerja itu tidak terbatas didalam negeri saja akan tetapi terkadang yang didalam negeripun membutuhkan surat lamaran kerja yang berupa Bahasa Inggris dan  Tahukah anda membuat lamaran kerja itu susah-susah gampang bukan? Dan mungkin untuk kalian yang baru pertama kalinya mendaftar suatu pekerjaan tentunya bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Kebanyakan  membuat surat lamaran pekerjaan yang berbelit-belit sehingga membuat Staf Human resource and Development (HRD) menjadi bosan untuk membacanya.


Google Image - Cara dan Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris
Google Image - Cara dan Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris

Untuk itu saya akan mencoba memberikan kalian pengetahuan bagaimana si cara penulisan menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar dalam Bahasa Inggris. Agar kalian mudah membuatnya dengan benar  sehingga tidak membuat bosan untuk membacanya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya cara membuat surat lamaran pekerjaan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris memiiki kesamaan yang pada umumnya. Secara format dan struktur penulisannya tidak jauh berbeda. Namun yang membedakan hanya dalam penggunaan bahasa inggris saja.

Cara- cara membuat surat lamaran kerja yang baik dalam bahasa inggris: 

1. Tempat dan tanggal penulisan surat (Metro, March 20th 2018)

2. Salam Hormat ( Yth. Prof Dr. Susiati, M,Ag )

3. Alamat yang dituju (JL. Ki Hajar Dewantara 15 A Iring Mulyo Metro Timur)

4. Pembukaan atau kata pengantar

Dalam pembukaan surat lamaran kerja anda perlu cantumkan dimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang dituju baik dalam surat maupun online melalui internet. Kemudian sebutkan jabatan pekerjaan yang anda pilih. (Based on the information i received from IAIN Metro open jobs for recruitment education for some positions and i want to apply for a job  as administrator).

5. Biodata pribadi

Tuliskan nama lengkap, tanggal lahir, tempat tinggal, nomor telepon, email atau pendidikan terakhir dan bisa anda tuliskan latar belakang pendidikan anda.

The name : Joko
Gender :  Male
Place date & born : Lampung,  may 12 th 1994
Address : Jl. Nangka 15 B Metro
The phone : 082365328795
The last education : Bachelor Of Economics UniversitasLampung.

6. Pengalaman bekerja dan kemampuan apa saja yang dimiliki 

Jika sebelumnya anda pernah bekerja bisa cantumkan pengalaman bekerja sebagai apa. Kemudian jika belum pernah bekerja atau Fresh graduate tidak perlu dicantumkan. Tuliskan kemampuan yang anda miliki contoh bisa menggunakan komputer dengan benar dan lain sebagainya.
( My personality as a hard worker, easy going, and on time in the job would bring benefit to your company )

7. Penutup 

Dalam penutupan ini tulislah agar bahwa anda memang benar- benar ingin bekerja didalam perusahaan tersebut agar bisa bergabung didalam peruhaannya dan setelah itu jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

8. Lampiran surat lamaran kerja

Setelah itu agar perusahaan yang anda tuju semakin yakin dengan anda lampirkan dokumen yang menambah nilai plus bagi perusahaan. 
  • Copy in a card (pas foto) 
  • Copy of  Diploma (ijazah)
  • Healty affidavits (surat keterangan sehat dari dokter)
  • Copy SKCK  
  • Sertifikat (yang pernah anda ikuti)


9. Hormat saya (tanda tangan dan nama lengkap)

Respect me
Joko

Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris


    Metro, March 20th 2018
Attention to : Bandara Angkasa Pura
PT Angkasa Pura ( Persero )
Jl. Raya Sukamaju No. 11 Tanggerang
Dear sir,
Based on the information I received from media Online that PT Angkasa Pura (Persero) I would to apply a jobs as Aviation Security (AVSEC) in your company. My name is Joko 22 years old, male, single. I am an English literature and graduate from University of Malang on May 2017 with GPA 3,68. I would like to have career to my new experience. My personality as a hard worker, easy going, and on time in the job would bring benefit to your company.
Therefore, hopefully can consider in the acceptance of personnel the following documents: 
  • Copy in a card 
  • Copy of  Diploma
  • Healty affidavits 
  • Copy SKCK 
  • Setificate
Thus the cover letter is great i hope to be able to join in your company PT Angkasa Pura (Persero) and I am willing to take the test that will be needed.
Respect me
Joko

Nah, gimana sudah jelas bukan? Cara dan Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris. Selamat mencoba dan sukses bagi kalian yang mendaftar pekerjaan semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjugi terus website kami di www.katabijakbahasainggris.com temukan hal yang menarik ya semoga bermanfaat selamat mencoba.