Perbedaan Advice dan Suggestion Bahasa Inggris dan Artinya

Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris - Hallo readers, kali ini penulis akan share informasi tentang perbedaan advice dan suggestion dalam bahasa inggris. Banyak sekali kata dalam bahasa inggris jika ditranslitkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yang sama atau mirip seperti kata, some and any, between and among,  dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Kata advice dan suggestion sama – sama memiliki arti menyampaikan idea atau gagasan kepada orang lain. Dengan kata lain kita bisa menyebutnya nasihat atau masukan. Memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia bukan berarti tidak memiliki perbedaan sama sekali ya readers, kembar identik aja pasti ada perbedaannya apalagi sekedar kata – kata seperti ini hehe..

Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris
Google Image - Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris

Pada postingan kali ini akan membahas tentang perbedaan advice dan suggestion agar para readers tidak salah atau kebalik – balik dalam menggunakan kata advice atau suggestion. Bukan perkara yang susah dalam urusan membedakan dua kata tersebut, hanya saja kita harus lebih jeli lagi dalam memperhatikan perbedaan makna pada kata – kata tersebut. 

Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris

Pengertian Advice

Kata advice memiliki arti “nasihat” dan menduduki kelas kata noun. Walaupun demikian, advice bisa dijadikan verb dan berubah penulisannya menjadi advise. Kata advice dan advise adalah homofon, yaitu bunyinya terdengar sama tetapi memiliki ejaan yang berbeda.

Arti nasihat pada konteks ini adalah nasihat yang diberikan umumnya berasal dari orang – orang yang memang sudah dekat dan memahami karakter dari orang yang akan diberikan nasihat. Contohnya seperti keluarga, ibu, ayah, sahabat, pacar (khusus yang punya ya) atau orang yang memiliki wewenang, otoritas dan keahlian seperti, konsultan hukum kepada client, guru kepada siswa, dokter kepada pasien dan lain sebagainya.

Orang yang memberi nasihat pada konteks kata advice ini, sebelum memberi nasihat mereka sudah mempertimbangkan hal – hal seperti fakta – fakta yang ada pada masa lalu atau pada saat sekarang, apa yang terjadi jika yang dinasehati mengikutinya atau tidak, dampak positif, dan lain – lain. Pada umumnya, kata advice mengandung makna nasihat dengan konteks berdasarkan pertimbangan yang panjang, sehingga advice cenderung dibuat atau disampaikan untuk diikuti.

Contoh – contoh kalimat yang memakai kata advice:
  • As your mother, I advise you to stop smoking.
(sebagai ibumu, saya menasihatimu untuk berhenti merokok.)
  • My teacher advises us to avoid the drugs.
(guruku menasihati kami untuk menghindari narkoba.)


Pengertian Suggestion

Sedangkan kata “suggestion” menduduki kelas kata noun yang berarti "saran", sementara pada kelas kata verb menjadi “suggest” yang berarti "menyarankan". Saran pada konteks suggestion cenderung spontan karena suggestion hanyalah sebuah saran atau idea atau masukan yang disampaikan oleh seseorang berdasarkan keadaan yang sedang terjadi didepan matanya. Contohnya pada saat kamu akan pergi ke suatu tempat, temanmu akan memberi saran tentang petunjuk arah tempat tersebut yang paling dekat dan mudah karena banyak jalan untuk sampai ke tempat tersebut.

Dari saran tersebut, kamu bisa mempertimbangkan saran dari temanmu, kamu bisa mengikutinya atau mengabaikannya pun tidak menjadi masalah besar. Suggestion lebih sering digunakan dalam percakapan sehari – hari, karena suggestion hanya idea atau masukan yang timbul secara spontan dari permasalahan yang dilihat pada saat itu juga tanpa mempertimbangkan banyak aspek. 

Contoh – contoh kalimat suggestion dalam Bahasa Inggris:
  • I suggest you visit that famous Japanese restaurant.
(Saya menyarankan kamu untuk mengunjungi restoran jepan yang terkenal itu).
  • She suggests me to see the doctor before four o’clock.
(Dia menyarankan Aku untuk pergi ke dokter sebelum pukul empat).

Perbedaan advice dan suggestion dalam bahasa inggris - Nah itu tadi ulasan lengkap tentang perbedaan kata advice dan suggestion dalam bahasa inggris. Perbedaan ini tentu saja tidak menimbulkan masalah ketika dalam percakapan atau situasi informal, namun akan sedikit menimbulkan permasalahan jika dalam situasi formal karena akan terdengar sedikit aneh untuk para native speakers. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. 

Related Posts