Contoh Surat Komplain Bahasa Inggris beserta Penjelasan

Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris - Surat adalah alat untuk menyampaikan pesan. Pada zaman sekarang ini, penyampaian pesan atau maksud tidak hanya melalui kertas yang diantarkan oleh pengantar surat. Zaman modern memberikan kemudahan kita untuk mengirimkan pesan melalui E-mail atau Electronic mail (surat elektronik) yang tentunya sudah kita pahami dan kita pelajari semasa sekolah. Nah, yang akan jadi bahasan kita kali ini adalah salah satu tipe dari surat.

Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris
Google Image - Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris 

Tipe surat sangatlah banyak seperti surat pemesanan barang, surat tugas, surat pengunduran diri, surat lamaran kerja, surat kuasa dan juga surat komplain. Pada akhir tahun, banyak perusahaan yang akan tutup buku. Apalagi menjelang libur panjang yang melewati natal (Christmas) dan Tahun baru, tentunya banyak yang harus dilakukan oleh konsumen atau distributor untuk melakukan komplain (complaint) mengenai barang yang telah kita beli. Definisi surat komplain sendiri adalah surat untuk melakukan komplain terhadap barang untuk distributor atau perusahaan. Fungsi surat komplain adalah untuk memberikan kritik dan saran terhadap barang yang telah kita dapatkan. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan gantinya atau minimal mendapatkan uang kita kembali. Kali ini saya akan memberikan Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris 


Dibawah ini merupakan contoh dari surat komplain dalam bahasa inggris dan artinya. Tema berikut adalah mengenai komplain pengiriman barang.

Trimurjo, 2 July, 2011
Number: 1/PT-MI/KKPB/II/2011
Subject: Complainting Late Goods Delivery 

To,
Marketing Manager
PT. KARYA SEJAHTERA
Jln. Ramai no.16 Trimurjo, Lampung

With respect,
We inform you that the goods of our order does not arrive within the time agreed upon in advance. In your letter number 8/PT-KJ/PB/III/2001 dated May 20, 2011, our goods orders will come before June 15, 2011. In fact, the stuff that our orders arrived on 24 July. It means that delivery our goods is late 5 weeks.

The delay gives big impact for our company. It makes our customers would change cooperation with another companies. So, it makes our company getting low customers. 

Make it sure that delay will not happen again. We expect your company getting better in delivering the goods. If you can’t keep it sure. We sorry to say this, we can look for other companies as our business partners.

Sincerely,
Dewi Srikandi
The Marketing Manager of PT. TUNAS MUDA JAYA


Terjemahan dalam bahasa indonesia

Trimurjo, 2 Juli 2011
Nomor: 1 / PT-MI / KKPB / II / 2011
Perihal: Komplain Pengiriman Barang Terlambat

Untuk,
Manajer Pemasaran
PT. KARYA SEJAHTERA
Jln. Ramai no.16 Trimurjo, Lampung

Dengan hormat,
Kami menginformasikan bahwa barang pesanan kami tidak sampai dalam waktu yang telah disepakati sebelumnya. Dalam surat Anda nomor 8 / PT-KJ / PB / III / 2011 tanggal 20 Mei 2011, pesanan barang kami akan datang sebelum 15 Juni 2011. Ternyata barang pesanan kami tiba pada 24 Juli. Artinya pengiriman barang kita terlambat 5 minggu.

Penundaan ini memberi dampak besar bagi perusahaan kami. Itu membuat pelanggan kita akan berganti kerja sama dengan perusahaan lain. Jadi, itu membuat perusahaan kami semakin rendah pelanggan.

Pastikan bahwa penundaan tidak akan terjadi lagi. Kami berharap perusahaan Anda semakin baik dalam mengantarkan barang. Jika Anda tidak dapat melakukannya dengan pasti. Kami mohon maaf untuk mengatakan hal ini, kita bisa mencari perusahaan lain sebagai mitra bisnis kami.

Hormat kami,
Dewi Srikandi
Manajer Pemasaran PT. TUNAS MUDA JAYA


Pengertian, Fungsi dan Contoh Surat Komplain dalam Bahasa Inggris - Nah, inilah contoh surat komplain yang bisa kami berikan. Menangani komplain mungkin cukup sulit. Namun, surat komplain barang rusak pasti akan datang ke perusahaan anda. Customer complaint (komplain pelanggan) merupakan resiko anda sebagai pengusaha. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa kunjungi terus katabijakbahasainggris.com dan temukan semua hal menarik seperti materi bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata kata mutiara tentunya dalam bahasa inggris. cukup sekian dan terimakasih.