Contoh Explanation Text About Rainbow Beserta Artinya

Contoh Explanation Text About Rainbow Beserta Artinya - Explanation text merupakan sebuah teks yang memiliki fungsi menjelaskan suatu fenomena, bagaimana fenomena tersebut terjadi, dan bagaimana kita dapat menjadikannya di dunia nyata. Rainbow atau pelangi merupakan salah satu fenomena yang biasa terjadi dimanapun kita berada. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami akan membuat sebuah explanation text bahasa Inggris mengenai rainbow atau pelangi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Contoh Explanation Text about Rainbow beserta artinya
Google Image - Contoh Explanation Text about Rainbow beserta artinya


Rainbow 


One of life impressive phenomenon and often we meet is rainbow. The rainbow phenomenon often occurs after the rain stops. Rainbow consists of a big bow spectrum and happens from  water droplets which reflacted parallel cause of light of the sun. When the sun light shines and passes the water droplets, we can see a lot of colors bercause of this reflacted parallel. The light passes and reflacts like a light passes through a prism mirror.

Rainbow or often called as Bianglala is an optical phenomenon in the world of meteorology . Rainbow is a light with a lot of colors. These colors are reflacted parallel into the droplets. We can see the rainbow on the heavy and high waterfall.


How does the rainbow work? all the occurings start when the sun light run through the water droplets. Then, the sun light is deflected into the center of the water droplets. Before that, The light  has white colors, now the are separated dan changed into spectrum colors. The process does not stopped until here. The separatd colors then separated again one by one from on the water droplets. Then, the light tunrs into curve and now we can see and called it as rainbow.


Can we make a rainbow? Of course we can. There are two steps at least that we can do to make a rainbow. First, we can use water which spraying. We have been known that rainbow happens during the sun light run through the droplets water of rain. When morning or evening, spray the water under the sun light, then see  the droplets water which is flying. Spraying the waters and we can see a small rainbow and can we touch.


Second, using the disc which has function to pointthe sun light to the wall or ceiling of our house. Then see the wall or ceiling, we will see the colorful light which have colors like rainbow.


That's the explanation about the meaning of rainbow, how does it works, and how can we make a rainbow by our hands.


Artinya explanation text about rainbow

Pelangi


Salah satu fenomena alam yang begitu mengesankan dan sering kita temui adalah pelangi. Fenomena pelangi ini sering muncul pasca hujan berhenti. Pelangi terdiri dari sebuah busur spektrum yang sangat besar dan terjadi karena butir-butir air yang dibiaskan oleh cahaya matahari. Pada saat cahaya matahari tersebut bersinar dan melewati butiran air, maka kita dapat melihat berbagai macam warna yang disebabkan oleh pembiasan cahaya tersebut. Cahaya tersebut masuk dan membias layaknya sebuah cahaya yang bergerak melewati suatu kaca berbentuk prisma.

Pelangi atau yang sering disebut sebagai bianglala adalah suatu gejala optik serta fenomena di dunia meteorologi. Pelangi ialah cahaya dengan aneka warna yang berbeda. Warna tersebut saling sejajar membias ke butiran air. Kita juga dapat melihat pelangi pada suatu air terjun yang sangat deras dan tinggi.


Bagaimana pelangi bisa terjadi? Semua kejadian dimulai ketika cahaya matahari melewati tetesan hujan. Kemudian cahaya itu diarahkan ke bagian tengah dari tetesan air tersebut. Cahaya yang sebelumnya memiliki warna putih, kini terpisah dan berubah menjadi sebuah warna spektrum. Prosesnya tidak berhenti hanya sampai disini saja. Warna-warna yang telah terpisah, kemudian terpisah kembali hingga menjadi partikel partikel yang sangat kecil. Ada lebih banyak cahaya yang terpisah antara satu dengan lainnya di tetesan-tetesan tersebut. Lama kelamaan, cahaya tersebut semakin melengkung dan membentuk suatu kurva yang sekarang dapat kita lihat dan kita sebut dengan pelangi.

Apakah kita bisa membuat pelangi sendiri? Tentu saja bisa. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah pelangi. Pertama, Anda bisa memakai semprotan air. Kita sudah tahu bahwa pelangi terjadi pada saat cahaya matahari melewati tetesan hujan. Jadi, kita dapat mengganti tetesan hujan dengan semprotan air tersebut. Pada pagi atau sore, semprotkan air di bagian bawah sinar matahari, lalu lihat tetesan air yang sedang terbang. Semprotkan banyak air dan kita akan melihat sebuah pelangi kecil dan bisa kamu sentuh.

Kedua, pakai kepingan video disc yang berfungsi mengarahkan cahaya matahari ke dinding atau plafon rumah kita. Lalu lihat di dinding atau plafon, Kita akan melihat warna-warni cahaya yang mempunyai warna mirip dengan pelangi.


Itu penjelasan tentang pengertian pelangi, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana kita dapat membuat pelangi dengan tangan kita sendiri.

Contoh Explanation Text About Rainbow Beserta Artinya - Tulisan diatas adalah contoh explanation text tentang pelangi beserta artinya dalam bahasa indonesia, lihat juga Contoh Procedure text How To make Fried Rice (Nasi Goreng) yang bisa membantu anda. Sekian dan terimakasih.