Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya dalam Bahasa Inggris - “Some” dan “Any” adalah salah satu contoh quantifiers, yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan jumlah kata benda yang mengikutinya. “Some” dan “any” memiliki arti yang sama dalam bahasa indonesia, yaitu Sedikit. Misalnya, some sugar, some water, some pens atau any flowers, any salt, any books. Jika artinya sama lalu kenapa dibedakan menjadi dua kata yang berbeda? Walaupun memiliki arti yang sama, aturan penggunaan some dan any sangatlah berbeda, some mengandung makna yang positif, sedangkan any mengandung makna yang negative. Selain itu penggunaan some dan any berhubungan erat dengan bab singular dan plural. Aturannya pun berbeda berdasarkan jenis kalimatnya, apakah itu positif/affirmative ataukan negative dan introgatif. Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya.

Google Image - Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya
Google Image - Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya

Nahh... Apakah kamu masih bingung dengan penggunaan kata some atau any? Jika ya, jangan khawatir lagi ya, karena penulis kali ini akan mengulas, mengupas tuntas tentang perbedaan antara some dan any, dilengkapi dengan contoh dalam kalimat dan karakteristik. Semoga dapat membantu kalian yang sedang memahami aturan-aturan penggunaan some dan any Dan juga Penggunaan some any a few a little. Keep reading guys!! Semoga mudah dipahami. Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya dalam Bahasa Inggris.

Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya 

1. SOME

Some memiliki arti beberapa, sedikit atau sejumlah kecil. Some memiliki beberapa karakteristik dalam penggunaannya, antara lain:
  • Dapat digunakan untuk countable dan uncountable noun.
  • Digunakan dalam kalimat positif.
  • Tidak dapat digunakan pada kalimat negative dan introgative (kalimat tanya)

Example:

Note: jika “some” digunakan untuk uncountable noun (tidak dapat dihitung), maka uncountable noun tersebut harus berbentuk tunggal atau singular (tidak ditambah s/es). 
  • He puts some sugar into the glass.      (uncountable noun)
  • We took some coffee from the bottle. (uncountable noun)
  • We need some water.                           (uncountable noun)

Note: jika “some” digunakan untuk countable noun (dapat dihitung), maka countable noun tersebut harus berbentuk jamak atau plural.

  • I have some candies.                               (countable noun)
  • She bought some pens.                            (countable noun)
  • I will borrow some books in the library. (countable noun)


Note: some tidak dapat digunakan untuk kalimat negative dan introgative, akan tetapi untuk menawarkan sesuatu (offer) dan permintaan (request) bisa menggunakan some.

Offering 
Would you like some apples?   ( countable noun )
Would you like some candies? ( countable noun )
Would you like some tea? ( uncountable noun )
Request
Can I see some boxes on the table? ( countable noun )
Could you tell me some stories? ( countable noun )
Could you give some rice to me?  ( uncountable noun )
Can I take some fruits? ( countable noun )
Can I have some milk? ( uncountable noun )

2. ANY

Sama hal nya dengan some, any juga memiliki arti beberapa dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi any memiliki perbedaan karakteristik yang berlawanan dengan kata some dalam penggunaannya. Karakteristik atau cirri dari penggunaan kata any:

Dapat digunakan untuk countable dan uncountable noun.
Digunakan hanya dalam kalimat negative dan introgative.
Tidak dapat digunakan pada kalimat positive.

Example:
Are there any toys? ( countable noun )
Do you need any dresses? ( countable noun )
Does she buy any coffee?       ( uncountable noun )
Is there any sand? ( uncountable noun )

Negative
She did not bring any flowers. ( countable noun )
I don’t have any watches. ( countable noun )
It is not any problem. ( uncountable noun )
My dear hasn’t any money. ( uncountable noun )

Perbedaan Some dan Any, Pengertian dan Contohnya dalam Bahasa Inggris - Nah itu tadi, ulasan lengkap tentang perbedaan “Some” dan “Any” dalam bahasa inggris, Penulis berharap ulasan diatas cukup mudah dipahami oleh readers semua. Jangan lupa kunjungi terus ya, hanya di www.katabijakbahasainggis.com dan kamu akan menemukan hal menarik seputar bahasa inggris, kata bijak, kata cinta, kata Motivasi, dan juga kata penyemangat tentunya dalam bahasa inggris dan artinya. Semoga bermanfaat bagi readers sekalian dan bisa menambah wawasan kita tentang materi-materi Bahasa Inggris terutama tentang quantifier. Semoga dapat membantu para readers yang sedang mencari referensi untuk pemahaman tentang quantifier atau tentang perbedaan “Some” dan “Any”. Akhir kata penulis ucakan terimakasih yang sebesar besarnya untuk para readers. See you....

Related Posts