6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris - Hello guys, kembali lagi nih, what’s up guys....hey guys kira kira apa sih masalah yang sering kalian alami dalam mempelajari bahasa inggris? Grammar?  kurangnya kosakata? Atau anda males buat belajar? Yah mungkin diantara itu yang menjadi faktor yang sering dialami ketika dalam mempelajari bahasa inggris. Lalu apa sih yang menyebabkan anda sering terulang ulang masih ajjaaa salah? Karena faktor lingkungankah? Cara yang dipelajari memang salah? Atau yang mana nih? Ya mungkin diantara itu, yang membuat kalian menjadi Habit (kebiasaan) yang sering diulang-ulang terus.

Google Image -  6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris
Google Image -  6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris




 
Untuk itu, disini akan memecahkan lebih banyak lagi tentang 6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris, apa saja? Mari kita simak berikut ini: dan harapannya setelah membaca article tentang 6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris. Semoga tidak terulang kembali ya guys.

 

6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris




1.  Memperbanyak Vocabulary atau Kosa Kata

Kosa kata Bahasa Inggris atau vocabulary termasuk komponen yang penting untuk memahami Bahasa Inggris. Kata merupakan bagian inti dari Penyusunan Kalimat. Tidak memahami kata dengan Benar maka Mustahil mampu menyusun kalimat dengan benar. Tidak mampu menyusun Kalimat dengan benar maka Mustahil mampu menulis Bahasa Inggris dengan benar. Sama halnya seperti menerjemahkan kata Bahasa Inggris ke dalam kata Bahasa Indonesia. Kalau tidak mampu menerjemahkan Bahasa Inggris secara benar maka mustahil mampu menjawab soal test berbahasa Inggris dengan benar. Padahal semua test Bahasa Inggris harus diterjemahkan dulu secara benar sehingga memudahkan kita untuk menjawab soal test dengan benar. Selain menerjemahkan secara tepat, kita juga dituntut terampil bermain dengan Kecepatan waktu.

Setiap soal test Bahasa Inggris mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda. Dari sana kita membutuhkan Strategi untuk menyusun waktu yang singkat lalu mampu menjawab semua soal test dengan benar. Tapi sayangnya sebagian besar Pembelajar Bahasa Inggris merasa sulit melakukan ini. But well,  point utamanya jika ingin mempercepat memahami Bahasa Inggris maka pelajari berbagai kata dalam Bahasa Inggris secara lengkap dalam Maestro Toolkits (Mahir English Tree Board Toolkits).

2. Memahami Grammar
Grammar berarti tata bahasa
. Tata Bahasa Inggris merupakan aturan dalam Bahasa Inggris untuk memudahkan menulis dan berbicara Bahasa Inggris. Aturan ini berbentuk sistem. Artinya ada Output dan Input. Ada alur yang jelas. Bahasa simplenya adalah aturan dalam Bahasa Inggris itu bersifat saklek atau pasti. Seperti halnya belajar matematika. Rumusnya tidak berubah untuk waktu yang lama. Ya seperti itu dari awalnya sampai sekarang. Kalaupun mengalami perubahan tidak signifikan. Intinya tata Bahasa Inggris itu bersifat pasti. Tidak menggunakan asumsi ini itu sehingga jelas. dan pastinya mudah dipelajari. Trust me.. Bahasa Inggris sama seperti Bahasa Indonesia ada aturan yang harus diikuti agar kita dapat berkomunikasi secara lancar baik itu tulisan maupun lisan. Tata lisan Bahasa Inggris sedikit berbeda dengan tata tulis Bahasa Inggris Bahasa lisan kadang tidak sesuai dengan aturan grammar secara tertulis.
 
Kadang banyak ucapan yang disingkat, kadang menggunakan kata yang Formal atau Informal menyesuaikan konteks waktu dan kondisi lingkungan dimana percakapan itu sedang berlangsung.Namun di sini tujuan utama saya adalah berbagi Strategi agar mampu mengusai bahasa tulis dengan benar sesuai dengan aturan yang sudah baku namun tetap mudah untuk dipelajari. Grammar itu sama seperti pisau atau kompor atau peralatan dapur lainya yang dibutuhkan saat memasak. Dan Vocabulary yang sudah kita pelajari di point pertama adalah Bahan-bahan dan bumbu yang ingin diracik menjadi makanan yang lezat. Kalau tidak ada peralatan masak seperti pisau kompor dan lain sebagianya maka mustahil bahan bahan itu jadi makanan lezat. Begitu juga grammar, tidak bisa grammar, tidak paham grammar Bagaimana menghasilkan tulisan Bahasa Inggris dengan benar. Bagaimana mau menjawab soal test dengan benar!.

3. Memahami Apa yang Sedang di Baca

Membaca itu membutuhkan kejelian dalam melihat. Kegiatanya berupa merekam informasi yang sudah dilihat oleh mata. Baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, warna dan sebagainya. Memang tidak mudah karena tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk melihat tulisan dkk. secara jeli, Ada yang lambat ada yang cepat. Dibutuhkan pengasahan yang terus menerus bagi yang lambat agar menjadi cepat dan bagi yang sudah cepat agar lebih gesit. Hal yang perlu dilakukan supaya membaca text berbahasa Inggris lebih mudah adalah dengan membedah text tersebut menjadi kalimat kalimat sederhana. Jawabnya karena karakter otak kita itu lebih suka dengan hal-hal yang bersifat sederhana. Itu lebih mudah diingat dan disimpan lama di dalam otak.

 4. Menulis Kalimat

Menulis merupakan kegiatan yang tidak mudah bagi yang belum terbiasa. Anggap saja seperti  itu Kok bisa? Ya semisal kita ambil contoh. Seorang yang baru mau belajar masak dengan orang yang sudah menjadi Master Chef pastinya berbeda dalam hal merespon untuk meracik makanan. Seorang yang baru belajar masak kemungkinan untuk mengolah makanan tersebut adalah bingung dulu Misalnya duh…ini sayuran apa namanya? terus motongnya gimana? Mana yang diolah mana yang dibuang. Nanti kalau sudah diracik terus celotehan keluar lagi…. Ini garamnya seberapa banyak…bumbunya apa saja. Minyaknya seberapa banyak atau airnya seberapa banyak.

Nah, begitu juga dengan menulis. Orang yang sudah terbiasa menulis maka pasti dengan cepat saja menuangkan ide idenya yang terdapat di dalam otak ke dalam bentuk tulisan, tetapi berbeda dengan yang tidak pernah atau jarang menulis. Butuh waktu untuk memunculkan ide ditambah lagi belum tahu tips dan trik menulis. Maka wajar saja jika hasil ide yang tertuang dalam tulisan itu membutuhkan waktu yang lama dan ditambah lagi struktur tulisan yang kacau karena belum tahu tips dan trik menulis serta kaidah dalam menulis.  Walaupun begitu seperti halnya memasak, Menulis juga merupakan suatu skill yang bisa dilatih terus menerus. Intinya menulis itu perlu dibiasakan jika ingin menulis dengan cepat.



5. Menerjemahkan Text dalam Makna yang tepat

Menerjemahkan merupakan suatu Rangkaian kegiatan yang tersistematis yang membutuhkan keahlian membaca, menulis, serta pamahaman bahasa target. Bahasa target misalnya di sini adalah Bahasa Inggris atau sebaliknya jika bahasa sumber adalah Bahasa Inggris maka bahasa target adalah Bahasa Indonesia. Di point sebelumnya kita sudah membahas tentang membaca dan menulis. Point ini menekankan pada pemahaman bahasa yang dibutuhkan semisalnya adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pemahaman kedua bahasa itu harus seimbang. Tapi jika belum berimbang artinya kamu belum memahami konsep Gramatika Bahasa Inggris atau bahkan belum paham keduanya. Maka disarankan untuk memahami konsep gramatika Bahasa Indonesia terlebih dahulu agar lebih mudah memahami konsep gramatika Bahasa Inggris. Kenapa kok tidak langsung Bahasa Inggris  saja? Kamu bertanya? saya jawab ya okey, Karena konsep Gramatika Bahasa Indonesia tidak jauh berbeda dengan Bahasa Inggris. Bahkan banyak kata Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Inggris. Tapi ada juga ya bahasa daerah kita yang diserap ke Bahasa Indonesia bukan berarti saya mau bilang Bahasa Indonesia itu miskin sehingga saya terkesan mengerdilkan bahasa negara sendiri. Sekali lagi bukan itu. Bukan mau menjelek-jelekkan dan membanggakan bahasa negara lain tapi saya sampaikan sesuai fakta di lapangan. Kita sportif aja ya gaes… Bahasa Indonesia itu memang banyak menyerap kosa kata dari bahasa lain. Itu artinya apa? Bahasa Indonesia itu lebih “sederhana” dibandingkan dengan Bahasa Inggris misalnya. Jadi pahami Gramatika Bahasa Indonesia terlebih dulu. Lalu diikuti Pemahaman Gramatika Bahasa Inggris. Mustahil kamu bisa menerjemahkan teks dengan benar jika pemahaman kedua Gramatika Bahasa tersebut tidak dikuasai Maksimal.

6. Menjawab Pertanyaan Lisan dan Tertulis

Teknik menjawab Pertanyaan baik dari lisan atau tertulis itu ada banyak. Agar mampu menjawab Pertanyaan dalam suatu soal test misalnya, hal terpenting yang kadang dilupakan adalah Waktu. Jika kita ingin memperoleh skor yan tinggi dengan cara menjawab soal dengan benar maka kita harus menyadari dan paham akan waktu. Ketika kita diuji itu berarti kita sedang apa? Berhadapan dengan waktu. Pahami ini dulu dan diingat baik-baik. Kalau sudah berurusan dengan waktu maka kita harus benar benar Efektif dan Selektif jangan sampai menyia-nyiakan waktu yang ada. Teknik Selektif dan Efektif dalam menjawab soal test ujian dan ada trik tersendiri.



Hello guys, Bagaimana menurut kamu?  Hambatan atau kesulitan mana yang menurut kamu merupakan tantangan terbesar dalam belajar bahasa Inggris? 6 Masalah Yang Dialami Dalam Mempelajari Bahasa Inggris - Ubahlah pola hidup dan cara kalian dengan benar. Untuk itu ada banyak cara belajar bahasa inggris dengan benar hanya di sini nihhhh kunjungi terus website ini www.katabijakbahasainggris.com temukan banyak sekali hal yang menarik seputar bahasa inggris Terimakasih Sampai Jumpa kembali terus Semangat buat Belajar............



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top