Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang Terbaru dan Artinya

Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang Terbaru dan Artinya

Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang terbaru dan artinya - Siapa yang mengetahui legenda dari Sumatra Barat tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya lalu dikutuk menjadi batu. Ya, benar sekali legenda Malin Kundang. Legenda malin kundang tepatnya berasal dari provinsi padang, dimana dari legenda tersebut telah terdapat batu yang menyerupai seorang pemuda yang sedang sujud beserta dengan puing puing dari sisa kapal megah yang berserakan miliknya. Cerita rakyat ini berisi seorang pemuda yang berasal dari keluarga tidak mampu yang awalnya hanya tinggal bersama ibunya. Lalu pemuda tersebut meninggalkan ibunya karena ingin merantau mencari nafkah dan bekerja bersama saudagar kaya dikapal. Namun, ketika malin kundang sukses dan kaya, dia tak mau mengakui ibunya sendiri. Akhirnya ibunya mengutuk malin menjadi Batu.

Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang Terbaru dan Artinya
Google image - Contoh Narrative Text pendek tentang Malin Kundang terbaru dan artinya


Seiring berkembangnya zaman, cerita rakyat dari Malin Kundang pun diolah menjadi drama, cerpen, bahkan sinetron. Selain itu, dalam dunia pendidikan khususnya bahasa inggris, siswa sering diberi tugas  untuk menceritakan kembali sebuah cerita atau biasa disebut dengan storytelling. Tentunya sebelum bercerita, siswa harus belajar bagaimana isi dari cerita tersebut. Agar mudah, siswa memilih cerita yang pendek tentunya. Selain itu, Cerita Malin kundang merupakan salah satu contoh narrative text (teks naratif). Dimana Malin kundang merupakan salah satu cerita rakyat atau biasa disebut dengan mitos (myth), legenda (legend) atau cerita rakyat yang hampir dipercayai oleh semua kalangan dan usia. Oleh sebab pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh narrative text pendek tentang Malin Kundang terbaru dan artinya

Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang Terbaru dan Artinya


MALIN KUNDANG

Once upon a time, lived a diligent and smart boy named Malin Kundang. He lived in the seashore with his old mother. They lived harmonious and quite happy although lived in the poorness.

One day, a big ship moored to the beach near Malin’s village. People from the big ship asked peoples to join and work in their ship because they would go to the cross island. Malin Kundang was interesting, he wanted to join with the big ship because he wanted to improve life quality of  his family. But, The mother worried to Malin, so Malin didn’t get the permission from mother. Then, Malin still kept his arguments up until his mother said yes. Finally, he joined and sailed with big ship.
After five years later, Malin Kundang became rich Merchant because he success on the Inter- Island trading. After that, he married with beautiful daughter from another rich merchant. Then, he came back to his village with his beautiful wife. His wife didn’t know Malin’s real family and descent. Hearing this good news, Malin’s mother ran quickly approached Malin with happiness. She brought a plate of Bika cake because Malin very loved it. But, what she get, Malin acted never know who she is. Malin didn’t recognize that old woman as his poor mother, and then he kicked the Bika cake which brought by Malin’s mother until broke in pieces.
The mother was very broken heart because Malin seditious with she, the woman who had growth and born him to the world. Then, his mother said that if he was not her malin, he would go with happiness. But, if he was truly her Malin, she cursed Malin to be a stone.
Suddenly, the big ship of Malin Kundang was vacillated by a Big rain and storm. It made all of his crew in the big ship tossed aside out. Malin realized that was his mistake that seditious his mother. Thunder came to his big ship and the ship broke in many pieces. Several pieces come to the malin’s village. Finally, her mother found Malin Kundang bowed down and he became a stone.

Artinya
MALIN KUNDANG
Suatu ketika, hiduplah seorang anak yang rajin dan pintar bernama Malin Kundang. Dia tinggal di pantai dengan ibunya yang tua. Mereka hidup harmonis dan cukup bahagia meskipun hidup dalam kemiskinan.

Suatu hari, sebuah kapal besar berlabuh ke pantai dekat desa Malin. Orang-orang dari kapal besar meminta masyarakat untuk bergabung dan bekerja di kapal mereka karena mereka akan pergi ke berdagang  antar  pulau. Malin Kundang sangat tertarik, ia ingin bergabung dengan kapal besar karena ia ingin meningkatkan kualitas hidup keluarganya. Tapi, Ibu Malin khawatir dengan  Malin, sehingga Malin tidak mendapatkan izin dari ibunya. Kemudian, Malin masih terus argumen sampai ibunya berkata ya. Akhirnya, ia bergabung dan berlayar bersama  kapal besar tersebut.

Setelah lima tahun kemudian, Malin Kundang menjadi pedagang yang kaya karena dia sukses di perdagangan Antar Pulau. Setelah itu, ia menikah dengan putri cantik dari pedagang kaya yang lainnya. Kemudian, dia kembali ke desanya dengan istrinya yang cantik tersebut. Istrinya tidak tahu keluargasebenarnya dari Malin dan keturunannya. Mendengar berita baik tersebut, Ibu Malin berjalan cepat mendekati Malin dengan kebahagiaan. Dia membawa sepiring kue Bika karena Malin sangat menyukainya. Tapi, apa yang ia dapatkan, Malin bertindak seolah tidak pernah tahu siapa dia. Malin tidak mengakui bahwa perempuan tua itu sebagai ibunya yang miskin, dan kemudian dia menendang kue Bika yang dibawa oleh ibu Malin sampai hancur berkeping-keping.

Sang ibu sangat patah hati karena Malin durhaka dengan dia, wanita yang mengurusinya dari kecil dantelah melahirkannya. Kemudian, ibunya mengatakan bahwa jika dia bukanlah malin yang dai kenal, dia akan pergi dengan kebahagiaan. Tapi, jika ia benar-benar Malin, dia mengutuk Malin menjadi batu.

Tiba-tiba, kapal besar Malin Kundang terombang-ambing oleh hujan besar dan badai. Hal itu membuat semua kru di kapal besar tesebut terpental keluar. Malin menyadari bahwa itu kesalahannya yang durhakakepada ibunya. Guntur datang ke kapal besar dan kapal terbagi bagi menjadi banyak kepingan. Beberapa potongan datang ke desa malin itu. Akhirnya, ibunya menemukan Malin Kundang sujud dan ia menjadi batu.



Nah itu tadi, Contoh Narrative Text Pendek tentang Malin Kundang terbaru dan artinya semoga bermanfaat bagi anda. Baca juga Contoh Narrative Text Singkat Tentang Liburan dalam Bahasa Inggris yang dapat memberikan salah satu cerita pendek lainnya yang bisa anda gunakan sebagai sebuah contoh narrative text juga. Semoga bermanfaat, sekian dan terma kasih.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top