Contoh Percakapan Bahasa Inggris English Conversation

Contoh percakapan bahasa inggris -  Percakapan adalah sebuah obrolan yang dilakukan 2 orang atau lebih untuk membicarakan sebuah topik yang sama. dalam sebuah percakapan oprang biasanya membahas hal yang sesuai dengan kepentingan atau mereka memiliki kepentingan yang sama. tema conversation bisa saja bermacam macam, misalnya percakapan tentang kesehatan, percakapan tentang liburan atau percakapan tentang pekerjaan, dan masih banyak lagi tema yang dibahas. kali ini saya akan memberikan sebuah contoh percakapan dalam bahasa inggris yang dilakukan oleh 2 orang dengan tema yang berbeda beda.

Conversation Bahasa Inggris dan Artinya


Bila anda sampai pada artikel ini, saya yakin anda sedang mencari sebuah referensi untuk membuat tugas sekolah tentang percakapan bahasa inggris. Nah untuk itu saya akan membantu anda bagaimana cara membuat sebuah percakapan dalam bahasa inggris. 

Membuat percakapan dalam bahasa inggris

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai sebuah percakapan adalah mmengucapkan salam. Ada dua tipe sapaan yang akan saya bahas kali ini. yang pertama adalah menyapa orang yang belum kita kenal. Untuk menyapa orang yang belum anda kenal, sebaiknya anda menyapa sambil memperkenalkan diri anda. contoh : "Halo good morning, my name is andy, can i ask you something?" . Sapaan yang kedua adalah untuk orang yang sudah anda kenal, atau teman anda. anda bisa menyapa degan menanyakan kabar. Contoh : "Halo andy, how have you been?" bisa juga "Halo andy how are you today?"

Setelah mengucapkan salam selanjutnya adalah menyampaikan tujuan anda kepada orang tersebut. dalam hal ini adalah topik yang akan anda jadikan bahan percakapan. jika anda ingin menanyakan sesuatu maka sampaikan tujuan anda. pada contoh contoh percakapan biasanya topik yang digunakan adalah tentang meminjam barang. contoh: "can i borrow your ...." atau "may i borrow your ....?".

Selanjutnya adalah mengucapkan kata terimakasih dan salam penutup untuk sebuah percakapan. salam penutup bisa mengunakan kata "goodbye , see you, see you later, etc.".

Baiklah saya rasa itu saja yang diperlukan untuk membuat sebuah percakapan bahasa inggris singkat. Untuk lebih memudahkan anda untuk membuat sebuah percakapan bahas inggris sebaiknya anda membuat sebuah percakapan berbahasa indonesia terlebih dahulu dan selanjutnya anda terjemahkan dalam bahasa inggris. nah terjemahan bahasa indonesia inggris ini lah yang akan anda jadikan percakapan anda nantinya. Dengan cara ini saya yakin akan memudahkan anda untuk membuat sebuah teks singkat percakapan bahasa inggris.

Saya rasa anda sudah bisa untuk membuat teks percakapan anda sendiri sekarang, nah untuk menyampurnakannya saya akan memberikan bebrapa contoh percakapan kepada anda. sebiaknya anda menggunakan contoh berikut sebagai referensi untuk membuat teks percakapan anda sendiri. berikut adalah contohnya.

Contoh percakapan bahasa inggris


Percakapan bahasa inggris tentang meminjam barang

Situasi: andy lupa membawa pensilnya dan dia ingin meminjam pensil karin.

Andy & karin

Andy : Halo karin, how are you today?
Karin : Halo andy, i am fine thank you.
Andy : Hmm , karin, can you help me?
Karin: Sure, How can i help you?
Andy: I forgot to bring my pencil, can i borrow your pencil?
Karin : Of course you can.
Andy: Thanks for your help Karin.
Karin: You are welcome

Percakapan dengan orang yang belum kita kenal.

situasi: seorang murid baru yang belum mengtahui dimana ruang kepala sekolah dan ingin bertanya kepada seorang pria.

Man 1 & Man 2

Man 1 : halo sir, could you help me? my name is Rio.
Man 2 : oh.. i am adam. what could i do for you?
Man 1 : I am a new student here, i am about to go to headmaster office, but i don't know where it is.
Man 2 ; Oh.. Headmaster office, just turn left after that building you will find a building with a big door, that is the place you are looking for.
Man 1 : oh.. Thank you for your help sir.
Man 2 : Anytime/you are welcome.

Contoh Percakapan Leaving

Situasi: Ana ingin meninggalkan percakapan karena ayahnya sedang menunggu dia.

Ana & Akbar

Akbar :  Hi ana, long time no see,
Ana : Hi akbar, yes its been a long time, 
Akbar : do you have a free time? its been 2 years, maybe we could have a little chat?
Ana : Yeah.. its sound interesting but I have to go, My father is waiting for me. ( Contoh kalimat meninggalkan percakapan atau leaving)
Akbar : ohh.. its okey, maybe next time.
Ana : I will call you.
Akbar : Ok, see you.

Contoh Percakapan memberikan saran / giving suggestion 

Situasi: Tonny Memberikan saran kepada galuh untuk makan di toko makanan yang baru buka.

Tonny & Galuh

Tonny : hi, are you hungry ?
Galuh : Yes, where would we go to eat?
Tonny : I heard that there is new food court, Shall We Go there? (memberikan saran)
Galuh : yeah, i think thats a good idea.


Nah, Itu adalah beberapa contoh percakapan dalam bahasa inggris dengan berbagai tema dan jenis. sebenarnya masih banyak sekali jenis percakapan bahasa inggris, seperti percakapan expressing relief, Expressing pain, dan expressing pleasure. namun kali ini saya hanya memberikan beberapa contoh diatas saja. saya akan update terus artikel ini agar contoh yang saya berikan lebih lengkap dari ini. Mungkin anda akan tertarik untuk membaca artikel saya tentang Cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Untuk sekarang terimakasih sudah membaca semoga artikel ini bermanfaat. selamat belajar.